Review 5 Merek Pakan Kenari yang Bagus untuk Harian dan Lomba

Burungnya.com – Saat ini banyak sekali merek pakan Kenari yang bagus di pasaran. Dari situ, tentu banyak pula kicau mania yang bingung menentukan pakan Kenari terbaik untuk burung peliharaan mereka di rumah.

Sebenarnya pakan burung terbaik tidak berdasarkan dari harganya saja, tetapi kandungan dan komposisi di dalamnya juga sangat penting.

Di sini kebetulan Channel YouTube Omez Canary berbagi review pakan Kenari yang bagus untuk harian atau lomba. Dia sudah berpengalaman memberikan berbagai jenis pakan untuk Kenari.

Sehingga Omez Canary mengetahui mana pakan Kenari untuk burung dalam kondisi over birahi atau kurang birahi, hingga burung lomba.

Makanan burung Kenari kemasan yang di-review berjumlah 4 merek, nanti akan kami tambahkan merek lainnya.

Sebenarnya ada banyak jenis pakan Kenari yang bagus, tetapi produk pakan yang sering digunakan Kenari Mania biasanya cuma merek yang kami sebutkan.

Adapun beberapa merek pakan yang dimaksud, di antaranya sebagai berikut: Gold Coin, Ebod Canary, VitaMix, dan Belgie.

Lihat juga: 22 Pakan Tambahan Burung Kenari agar Rajin Bunyi dan Gacor

Review Pakan Kenari yang Bagus

1. Gold Coin Kenari – Rp 8.800 di Shopee

Pakan Kenari yang Paling Banyak Dijual
Pakan Kenari yang Paling Banyak Dijual

Pakan Kenari yang bagus pertama yaitu Gold Coin. Makanan Kenari ini katanya bisa membuat burung over birahi (OB).

Namun, menurut Omez Canary, pakan ini tidak terlalu menyebabkan over birahi. Semua tergantung dari karakter burung Kenari masing-masing.

Kalau burung Kenari Anda memang memiliki karakter yang mudah over birahi, kemungkinan burung tersebut bisa OB saat memakan Gold Coin terlalu banyak. Kendati demikian, Omez Canary menggunakan pakan Gold Coin untuk harian.

Makanan burung Kenari dijual seharga Rp 10.000 per bungkus. 

Lihat di Shopee

Komposisi Gold Coin cukup lengkap, di antaranya milet putih, milet merah, Canary grass (canary seed), biji niger, biji sawi, dan bahan pelengkap lainnya. Pakan ini cocok untuk Kenari harian atau Kenari ternak.

2. Ebod Canary – Rp 8.999 di Shopee

Pakan Ebod Kenari
Pakan Ebod Kenari

Makanan Kenari dengan merek Ebod Canary biasanya dijadikan pakan wajib harian dan terkadang juga diformulasikan untuk lomba. Komposisi Ebod Canary yaitu canary seed, niger seed, milet putih, milet merah, dan lain-lain.

Ada lagi bedanya, Ebod Canary juga dilengkapi dengan biskuit-biskuit kecil yang ternyata bumbu herbal.

Biasanya pemberian Ebod Canary untuk setingan burung Kenari agar birahinya tinggi atau burung lomba. Jadi, bagi Anda yang memiliki Kenari dengan bulu tebal atau sulit bunyi, lebih bagus diberi pakan Ebod Canary.

Namun, jika burung Kenari Anda mudah over birahi, sebaiknya tidak menggunakan pakan Ebod Canary.

Lihat di Shopee

Saran dari Omez Canary, kalau pakan harian bisa menggunakan Gold Coin, kemudian lomba diberi pakan Ebod Canary. Sehingga, burung Kenari dengan karakter kurang birahi, bisa terbantu menaikkan birahinya saat lomba.

Merek pakan Kenari Ebod Canary bagus untuk burung yang kurang birahi, Kenari piyik, dan burung Kenari lain yang susah bunyi.

3. VitaMix – Rp 9.700 di Shopee

Pakan Kenari Vitamix
Pakan Kenari Vitamix

Pakan Kenari VitaMix diproduksi oleh PT. Kenari Jaya Jakarta. Namun, keterangan di belakang kemasan kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris. Kemungkinan pakan ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi makanan burung impor dari negara lain.

Makanan VitaMix, selain buat Kenari bisa juga digunakan untuk Mozambik, Blackthroat, dan semua jenis burung finch. Pakan ini biasa digunakan untuk setingan burung Kenari yang birahinya tinggi.

Lihat di Shopee

Jadi, daripada memakai pakan oplosan, lebih baik Anda menggunakan pakan yang sudah terjamin kebersihannya yakni VitaMix.

Komposisi VitaMix didominasi milet putih, milet merah, dan canary seed. Kalau niger dan biji sawi komposisinya sedikit. Jadi, untuk Anda yang mempunyai Kenari over birahi, lebih baik dikasih VitaMix dulu.

Nanti, kalau burung sudah stabil birahinya, Anda dapat memberikan pakan yang lain. Pemberian pakan ini agar burung Kenari tidak mudah naik birahinya.

4. Belgie – Rp 9.300 di Shopee

Pakan Kenari Belgie
Pakan Kenari Belgie

Untuk merek Belgie, kemungkinan ini sepenuhnya pakan impor. Komposisinya hampir sama dengan pakan Kenari yang lain. Namun, ada tambahannya lagi seperti madu, cairan herbal, dan minyak cod liver oil.

Di dalam Belgie terdapat tambahan lain seperti roti dan biskuit kecil mirip dengan Ebod Canary. Biasanya merek pakan Belgie digunakan untuk Kenari lomba. Burung Kenari yang belum pernah ikut lomba, bisa diberikan pakan Belgie agar performa lebih bagus.

Lihat di Shopee

Pakan ini mempunyai biji warna hitam (niger dan biji sawi) lebih banyak. Artinya, Belgie cocok untuk setingan Kenari birahi tinggi. Kalau Anda mempunyai burung Kenari yang susah over birahi atau bulu tebal, maka Anda dapat memberikan Belgie.

Omez Canary sering menggunakan campuran Gold Coin dan Belgie untuk Kenari lomba. Kalau untuk Kenari yang mudah over birahi, biasanya diberi Gold Coin atau VitaMix. Sedangkan Kenari yang susah over birahi atau Kenari lomba, biasanya diberi Ebod Canary dan Belgie.

5. FRUTTI PATTE VERSELE LAGA – Rp 37.000 di Shopee

Pakan Kenari yang Bagus FRUTTI PATEE
Pakan Kenari yang Bagus FRUTTI PATEE

Manfaat Orlux Frutti Patte Versele Laga sebagai pakan Kenari cukup banyak. Kami akan menjabarkan manfaatnya di bawah ya.

Lihat di Shopee

Orlux Frutti patee adalah makanan kenari dengan kondisi multi warna untuk membawa energi ekstra ke kenari, pleci, lovebird burung tekukur tropis, parkit kecil dan semua jenis burung pemakan biji dan buah-buahan.

Pakan ini juga merupakan extra fooding EF yang bagus untuk burung peliharaan. Frutti patee diperkaya dengan buah kering. Makanan ini memiliki nilai gizi tinggi dengan menambahkan 100% madu murni dan alami.

Ada tambahan lisin dan metionin menjamin komposisi pertumbuhan dan bulu kenari yang optimal. Makanan extra fooding sangat penting selama musim kawin sebagai penambah sumber nutrisi ekstra.

Oh iya, pakan ini tidak mengandung pewarna tambahan atau karoten, untuk mencegah pewarnaan tambahan yang tidak diinginkan.

Kandungan Bahan: ekstrak buah, madu, methionine, Crude Vitamin, Mineral, dll.

Cara pemberian, berikan pakan secukupnya secara teratur sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu.

Itu tadi beberapa review merek pakan Kenari kemasan yang sering digunakan kicau mania di Indonesia. Bagi Anda yang menggunakan merek pakan lain, Anda juga bisa memberikan review sendiri di kolom komentar.

Berbagi dengan sesama kicau mania tidak akan mengurangi performa burung Anda di lapangan. Justru ajang berbagi pengalaman akan menambah pahala dan memperkuat tali persaudaran di antara kicau mania.

Kesimpulan

Sebagai penutup, seperti yang dijelaskan Omez Canary, review pakan Kenari yang bagus ini tidak bermaksud untuk menjatuhkan atau mengangkat produk tertentu. Namun, review ini digunakan untuk membantu Kenari Mania yang kesulitan dalam memilih merek pakan.

Baca juga:

Ternyata walau sekilas terlihat sama, tetapi manfaat dan kegunaan pakan Kenari tersebut berbeda-beda. Dari lima merek makanan burung Kenari tadi setidaknya Anda harus menggunakan dua merek untuk pakan sehari-hari dan pakan lomba.

Kami tidak berhak memilihkan pakan yang terbaik karena semua tergantung karakter birahi masing-masing Kenari yang Anda pelihara. Sehingga, pilihan pakan Kenari paling bagus dapat disesuaikan dengan kondisi burung dan pilihan pemiliknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

1 thought on “Review 5 Merek Pakan Kenari yang Bagus untuk Harian dan Lomba”

  1. Burung kenariku pakai yang nomer 1, lumayan kenceng racikannya. Jadi rajin gacor kalau dirumah. Salam satu hobi. Terima Kasih

    Reply

Leave a Comment