Manfaat Sarang Walet untuk Apa (finestfood.com)

Sarang Walet Untuk Apa?

Burungnya.com – Pernahkah Anda dapat pertanyaan sarang Walet untuk apa? Biasanya sarang burung digunakan untuk tempat bertelur atau menetaskan anak burung saja. Namun, berbeda untuk burung Walet karena sarangnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan wanita.

Banyak sekali manfaat sarang Walet atau Edible’s Bird Nest untuk kesehatan. Tak heran, harga sarang burung Walet sangat mahal. Bahkan, orang-orang di China sering mengimpor langsung sarang Walet dari Indonesia. Pebisnis burung Walet tentu untung besar.

Untuk kalangan pebisnis, sarang burung Walet pastinya sangat berharga. Namun, bagi masyarakat awam, sarang Walet masih dianggap bisnis yang merepotkan karena butuh modal besar. Mereka menganggap bisnis burung ini harus membangun rumah Walet yang besar dan lokasinya harus sepi, tapi sebenarnya tidak serumit itu.

Khasiat Sarang Walet (avianscienceinstitute.com)
Khasiat Sarang Walet (avianscienceinstitute.com)

Sarang Walet Untuk Apa?

Pembahasan bisnis Walet bisa dilakukan di lain kesempatan. Sekarang, mari menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan judul artikel.

1. Terhindar dari Penyakit Diabetes

Banyak orang secara tidak sadar sudah terkena penyakit diabetes. Mungkin karena pola makan dan jenis makanan yang tidak sehat. Kalau mengonsumsi sarang Walet secara rutin dapat dipastikan Anda akan terhindar dari penyakit diabetes. Soalnya, sarang Walet bisa mencegah resistensi insulin pada orang yang terbiasa makan berlemak.

Perlu Anda ketahui, resistensi insulin adalah faktor risiko terbesar penyakit diabetes. Sehingga makan sarang Walet dapat mencegah otak melepaskan sinyal yang memperbanyak produksi insulin. Selain itu, air liur burung Walet juga bisa memecah lemak lebih efektif.

2. Mencegah Penyakit Kronis

Tahukah Anda, penyakit kronis sering kali disebabkan oleh radikal bebas. Sarang Walet sendiri merupakan makanan yang tinggi antioksidan. Senyawa ini akan melawan efek radikal bebas penyebab penyakit kronis. Temuan ini sudah diteliti dan dilaporkan pada jurnal Letters In Health and Biological Sciences.

3. Peredaran Darah Lancar dan Tidak Beku

Menurut penelitian dari jurnal Drug Design Development and Therapy di tahun 2015, sarang Walet bisa menurunkan risiko pengentalan darah. Sehingga, peredaran darah menjadi lancar dan darah tidak mengalami pembekuan atau penyakit kardiovaskular. Selain itu, Anda juga berpotensi terhindar dari kolesterol tinggi.

4. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Di jurnal Drug Design Development and Therapy tahun 2016 memberitahukan bahwa sarang Walet dapat meningkatkan daya tahan tubuh setelah kemoterapi. Sarang burung Walet yang dikonsumsi selama 30 hari dapat meningkatkan sistem kekebalan imun dalam usus yang lemah.

5. Meredakan Peradangan Sistemik di Tubuh

Pada jurnal International Food Research Journal tahun 2011 diketahui sarang Walet yang dikonsumsi rutin dapat mengurangi protein yang dapat memicu peradangan sistemik dalam tubuh. Sehingga, tubuh tidak akan mengalami peradangan lagi.

6. Gairah S3k5u4l Meningkat

Konsumsi sarang Walet ternyata bisa meningkatkan testosteron dan estradiol yang bermanfaat untuk meningkatkan gairah s3k5u4l pada pria atau wanita. Selain menaikkkan gairah di ranjang, kandungan testosteron bisa membentuk otot dan membakar lemak. Sementara estradiol bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

7. Dapat Mengatasi Gejala Menopause

Sarang Walet dapat mengatasi beberapa gejala menopause, di antaranya gangguan tidur, gelisah, hot flashes, gairah s3k5 menurun, dan lain-lain. Gejala ini dapat teratasi berkat kandungan hormon estradiol.

8. Mengatasi Nyeri Sendi dan Tulang

Nyeri sendi dan gejala osteoarthritis dapat diatasi dengan mudah setelah rajin mengonsumsi sarang Walet. Pasalnya, sarang Walet mengandung asam amino yang dapat mencegah peradangan tulang.

Loading...

9. Menghilangkan Stres dan Depresi

Saat stres dan depresi segeralah makan sarang Walet. Sebab, kandungan mineral dan proteinnya bisa memperbaiki suasana hati seseorang. Sehingga stres berat akan hilang seketika, pikiran jadi rileks dan tenang. Di samping itu, sarang burung Walet dapat meningkatkan sistem kerja otak dan saraf.

10. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Agar tidak mudah sakit, Anda bisa mengonsumsi sarang Walet setiap hari. Sebab, manfaat sarang burung Walet dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sarang burung ini juga bisa meningkatkan stamina tubuh.

11. Mempertahankan Kecantikan Kulit

Sarang Walet dimanfaatkan sebagai anti-aging untuk mempercantik kulit. Wanita dan pria bisa terhindar dari gejala penuaan. Kandungan nutrisi dalam sarang Walet bisa membantu proses perkembangan sel.

12. Menyembuhkan Luka

Kandungan di dalam sarang burung ini bisa membantu menyembuhkan luka dan melancarkan metabolisme karbohidrat, asam amino, dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalsium pada sarang Walet dapat mengatur proses pembekuan darah. Tirosin di dalamnya juga bisa mempercepat pemulihan pasca sakit.

13. Kulit Bayi Halus dan Mulus

Sudah lama tersiar kabar bahwa sarang burung ini bisa membuat kulit wanita semakin mulus. Ternyata konsumsi sarang ini saat hamil juga baik, karena bisa membuat kulit bayi jadi halus dan mulus. Sehingga bayi yang dilahirkan jadi sehat dan mulus. Namun, pastikan sarang harus dalam keadaan bersih.

14. Perkembangan Otak Janin

Olahan sarang ini dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin. Pasalnya, di dalamnya terdapat kandungan Asam Sialat yang 11,6 kali lebih tinggi dibandingkan Asam Sialat dalam ASI kolostrum, atau lainnya. Ibu hamil disarankan mengonsumsi sarang Walet sejak usia kehamilan 2 bulan sampai bayi berusia 2 tahun.

15. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan asam sialat pada sarang burung Walet dapat meningkatkan kecerdasan otak. Peneliti dari Charles Sturt University, Bing Wang mengatakan bahwa Asam Sialat merupakan turunan dari asam N-asetilneuraminat. Asam sialat paling banyak ditemukan di membran sel otak manusia. Jumlahnya 20 kali lipat lebih banyak dari membran lainnya.

16. Mencegah Obesitas

Sebuah penelitian dilakukan pada tikus yang mengonsumsi makanan berlemak. Tikus diteliti selama 3 bulan untuk melihat efek antioksidan dan antiperadangan dari sarang Walet. Hasilnya, sarang Walet dapat mencegah obesitas. Sehingga, sarang ini dapat dijadikan suplemen untuk mencegah terjadinya obesitas pada manusia.

Kesimpulan

Sekarang sudah terjawab sarang Walet dapat digunakan untuk apa saja. Burung Walet tidak terlalu spesial dan cenderung berisik. Namun, air liurnya dapat mengental dan mengeras hingga menjadi sarang Walet yang bermanfaat.

Banyak negara berkembang yang mengimpor sarang burung Walet dari Indonesia. Mereka mengerti betapa pentingnya kesehatan dengan cara mengonsumsi sarang burung tersebut. Apakah di Indonesia sudah banyak yang gemar dengan sarang Walet?

Baca juga:

Masyarakat di Indonesia mungkin masih sedikit yang mengonsumsi sarang Walet untuk kesehatan tubuh. Namun, untuk kosmetik sepertinya sudah banyak wanita Indonesia yang menggunakan kosmetik berbahan sarang burung Walet.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!