Sejarah Burung Merpati Pos Tahun 776 Sebelum Masehi

Burungnya.com – Berbicara tentang burung Merpati pastinya sangat erat kaitannya dengan sejarah Merpati Pos. Sebab, dulu burung ini dikenal paling pintar dan ahli dalam mengirimkan surat. Saat komunikasi jarak jauh tidak bisa dijangkau dengan kabel dan sinyal, burung Merpati Pos yang menghubungkan semuanya.

Apakah Merpati Pos terlahir untuk mengantarkan surat? Burung Merpati memiliki keistimewaan mampu terbang jauh dan bisa mengingat jalan dengan baik. Sehingga saat disuruh mengirim surat pos, burung tersebut bisa mengantarkan ke tempat tujuan dan kembali lagi untuk membawa pesan balasan.

Sejarah Merpati Pos

Dari buku The Book of Origins (2007) karya Trevor Homer, diketahui burung Merpati Pos pertama kali dipakai bangsa Sumeria tahun 776 sebelum Masehi. Saat itu Merpati Pos dilatih agar bisa dijadikan alat mengirim pesan kepada militer.

Pesan diselipkan di kaki atau punggung burung Merpati. Lalu burung ini diminta terbang menuju lokasi yang sudah menjadi tempat latihan sebelumnya. Merpati mempunyai ingatan yang bagus, sehingga dia bisa sampai ke tempat tujuan dan kembali lagi ke alamat asal.

Tahukah Anda, karena kehebatan Merpati Pos, pada masa Dinasti Mamluk di Mesir, mereka menggunakan burung ini untuk pertahanan dalam perang terhadap bangsa Mongol.

Ketika perang sedang berkecamuk, jalan utama satu-satunya diblokir oleh pasukan lawan. Sehingga Merpati Pos diutus untuk menyampaikan pesan karena burung ini tidak bisa diblokir di udara. Selama abad pertengahan komunikasi tercepat di masa Dinasti Mamluk cuma jasa Merpati Pos.

Merpati Pos Jadi Alat Komunikasi Selama Perang (spectator.com.au)
Merpati Pos Jadi Alat Komunikasi Selama Perang (spectator.com.au)

Merpati Pos di Tahun 1914-1918

Saat perang dunia pertama tahun 1914-1918, burung Merpati Pos dijadikan alat komunikasi oleh pasukan perang Amerika. Dalam perang tersebut ada burung yang berjasa dalam menyelamatkan awak pasukan udara. Nama burung terbang ialah Winkie.

Merpati Pos Winkie sampai mendapat penghargaan. Kemudian ada burung lain yang sangat berjasa, yaitu 139 DD 43 T. Burung Merpati ini membawa 23 misi dan mengirim selembar kertas berisi pesan penting.

Dia terbang sejauh 64 km dalam waktu 50 menit. Saking hebatnya, Merpati Pos ini mampu menyelamatkan sekumpulan tentara perang yang terjebak di lautan.

Belanda Pakai Merpati Pos

Dari tahun ke tahun, kepopuleran Merpati Pos sudah terdengar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, perusahaan Belanda menggunakan Merpati ini untuk berkomunikasi antar benua sejak awal abad ke-19. Hal tersebut diketahui dari buku The Pigeon (1977) karya Levi Wendell.

Burung Merpati yang dipakai Belanda dikirim langsung dari Baghdad. Sehingga dia lebih ahli dalam mengantar surat. Soalnya burung ini memang burung Merpati Pos, seperti yang disadur dari Kompas.com (31/5/2020).

Loading...
Sejarah Merpati Pos untuk Perang (wikipedia.org)
Sejarah Merpati Pos untuk Perang (wikipedia.org)

Cara Melatih Merpati Pos

Agar bisa mengirim pesan tepat sasaran dan tidak salah alamat, burung Merpati harus dilatih dulu. Latihan ini baru bisa dilakukan pada burung berusia 7 bulan. Terdapat tiga latihan utama untuk Merpati pengirim surat.

  • Static: Burung Merpati belajar mengenali perintah seseorang dalam suatu wilayah kecil.
  • Mobile: Merpati diajari cara berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Boomerang: Burung Merpati dilatih mengirim dan mengembalikan pesan sesuai petunjuk.

Sejarah Logo Lambang Pos Indonesia

Apakah Anda sudah tahu mengapa Pos Indonesia menggunakan logo lambang Merpati Pos? Alasannya karena filosofi masyarakat selalu surat menyurat jarak jauh memakai jasa Merpati Pos.

Logo Merpati dibuat dalam posisi terbang dengan pandangan menatap tajam ke depan. Jumlah sayapnya lima garis yang menandakan kecepatan, ketepatan, dan kepercayaan.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian sejarah Merpati Pos di tahun 776 sebelum Masehi. Dulu burung ini sangat berharga dalam hal komunikasi selama perang. Jalur darat tidak memungkinkan untuk mengirim pesan, sehingga dipilihlah jalur udara menggunakan jasa Merpati Pos.

Kalau sekarang, alat komunikasi sangat canggih. Apabila sekarang masih ada yang memakai Merpati Pos untuk mengirim pesan justru dianggap menyalahi hak hidup dan kebebasan hewan. Oleh karena itu, jasa Merpati pengirim pesan ditiadakan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • mengirim pesan dengan burung

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!