Skip to content

Sejarah Kucing Anggora, Perilaku, Umur, dan Ciri Fisik

Sejarah Kucing Anggora

Burungnya.com – Saat jalan-jalan di sekitar rumah, ternyata pemilik kucing Anggora sangat banyak. Kucing ini memang jadi salah satu kucing populer di Indonesia. Ini tak heran mengingat kucing Anggora memiliki sejarah yang luar biasa.

Kucing Anggora sudah ada sejak abad ke-16. Berarti sebelum Anda lahir, nenek moyang kucing Anggora sudah menjadi peliharaan para raja dan sultan.

Dulu sempat ada kekakhawatiran kucing Anggora bakal punah. Sangat disayangkan kalau kucing cantik ini punah. Akhirnya di tahun 1917 kucing Anggora dikembangbiakkan dan dilindungi.

Baca juga:

Sejarah Kucing Anggora

Sejarah Kucing Anggora dan Perilaku

Sejarah Kucing Anggora dan Perilaku

Ras kucing Anggora diyakini berasal dari Tartar di wilayah Ankara Turki tengah berabad-abad yang lalu.

Sultan Turki menganugerahkan kucing Anggora sebagai hadiah kepada bangsawan Eropa pada abad ke-16.

Dulu kucing Anggora dikhawatirkan punah, lalu di tahun 1917 pejabah Kebun Binatang Ankara langsung mempertahankan program pengembangbiakan untuk melindungi dan melestarikan jenis kucing Anggora.

Oh iya, kucing Anggora Turki pertama kali tiba di Amerika Serikat pada tahun 1963.

Sampai-sampai Cat Fanciers Association memberikan status kejuaraan pada kucing Anggora Turki di tahun 1972.

Perilaku Kucing Anggora

Perlu Anda ketahui bahwa kucing Anggora memiliki perilaku bak raja dan putri kerajaan, yaitu berkharisma, anggun, dan benar-benar mengabdi pada pemiliknya.

Kucing Anggora termasuk kucing yang pintar, cerdas, atletis, dan selalu menyukai tantangan.

Kucing ini selalu ingin tahu, belajar, dan mempelajari perintah dari majikan, serta trik.

Anggora juga suka naik ke bahu orang dan mengamati pemandangan dari tempat tinggi. Tidak mengejutkan bila kucing Anggora juga gemar naik ke atas lemari atau pintu.

Untuk Anda yang suka dengan hewan peliharaan lain di rumah, kucing Anggora juga menyukainya, terutama Anjing.

Kucing ini bisa diibaratkan seperti pembawa acara di pesta yang bisa menyambut siapa saja dan bersikap hangat. Anggora juga selalu menyambut pendatang baru di rumah. Namun, dia juga cepat marah.

Sejarah Kucing Anggora dan Ciri Fisik

Sejarah Kucing Anggora dan Ciri Fisik

Umur Kucing Anggora

Kucing Anggora bisa hidup sampai berapa tahun? Usia kucing Anggora atau masa hidupnya 15-20 tahun.

Sehingga kucing ini sangat cocok dipelihara mulai dari anakan sampai dewasa. Dia akan menemani Anda atau anak Anda sampai usia remaja.

Ciri Fisik Kucing Anggora

Apa yang mencolok dari kucing Anggora? Sudah pasti bulu kucing Anggora sangat mencolok karena bulunya halus dan panjang sedang.

Mata kucing Anggora berbentuk almond warna biru, kuning, hijau, dan bersebalahan. Maksudnya sebelah mata warna biru, sebelahnya lagi kuning.

Wajah proporsional dan tidak rata. Hidung juga cukup mancung bila dibandingkan dengan kucing Persia.

Tubuh kucing ini ramping, kaki kuat, dan bulu ekor halus menyerupai ekor rubah.

Nah, karena bulunya yang indah, Anda harus sering menyikat bulunya. Tujuannya agar bulunya tidak kusut dan rontok. Apalagi kalau musim panas, coba lebih sering menyikat rambutnya agar tidak ada bola rambut.

Untuk makanan menyesuaikan, lebih baik pilih makanan yang tidak membuat bulu kucing Anggora rontok.

Kucing Anggora sampai memiliki julukan sebagai Border Collies of the Cat World.

Kesimpulan

Demikian sejarah kucing Anggora, lengkap dengan perilaku, umur, dan ciri fisiknya. Kucing Anggora sekarang digemari terutama yang kaki pendek, mungil, medium, dan kecil.

Kalau kucing Anggora dewasa jarang diperjualbelikan karena peminatnya tidak terlalu banyak. Bulunya bila tidak dirawat dengan baik, mudah sekali rontok.

Sehingga banyak orang tertarik pada kucing Anggora mini, medium, dan masih anakan. Nanti kucing ini dirawat dengan baik agar saat dewasa bulunya tumbuh sehat dan kuat, serta tidak gampang rontok.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.