Semua Jumlah Burung Liar di Dunia Berhasil Dihitung

Burungnya.com – Berapa jumlah burung liar di dunia? Anda mungkin kesulitan menghitung karena burung-burung Gereja di dekat rumah saja hampir tidak terhitung jumlahnya.

Tapi jangan salah, karena peneliti sudah berhasil menghitung semua jumlah burung liar di bumi. Bagaimana caranya? Sekarang teknologi sudah canggih, jadi sangat mungkin seluruh burung di bumi diketahui jumlahnya.

Jumlah Burung Liar di Dunia

Bagi yang penasaran, kami kasih tahu sedikit bocorannya. Jadi, jumlahnya 50 miliar atau enam kali lebih banyak dari jumlah manusia di bumi.

Bagaimana burung sebanyak itu berhasil dihitung? Ini mungkin bukan perhitungan valid, tetapi cukup valid karena didapat dari studi aktual dan algoritma penskalaan.

Baca juga: 10 Burung Kicau dengan Suara Paling Merdu

Cara Menghitung Seluruh Burung Liar di Dunia

Untuk memperkirakan jumlah burung liar secara keseluruhan, peneliti melakukan perhitungan dengan cara studi aktual dan algoritma penskalaan, seperti yang disadur dari Science Alert (19/5/2021).

Selain data tersebut, peneliti juga memakai data yang diperoleh dari bantuan masyarakat melalui situs ebird.org. Ada sekitar 600.000 data kontributor ebird yang dipakai selama penelitian tersebut.

Cara Menghitung Jumlah Burung di Seluruh Dunia (discovermagazine.com)
Cara Menghitung Jumlah Burung di Seluruh Dunia (discovermagazine.com)

Jumlah Burung yang Langka dan Melimpah

Dari sini diketahui bahwa ada burung yang sangat langka dan ada juga burung yang jumlahnya sangat banyak.

Loading...

Contohnya spesies burung liar Black breasted buttonquail jumlahnya cuma 100 ekor saja di bumi. Sedangkan burung Rainbow lorikeet jumlahnya mencapai jutaan ekor.

Di samping itu diketahui pula beberapa jenis burung yang jumlahnya sampai miliran ekor. Burung-burung tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Burung Gereja
  • Jalak Eropa
  • Camar Berparuh Cincin
  • Burung Layang-layang Gudang

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Agar Perhitungan Jumlah Burung Lebih Akurat

Walau sudah diketahui jumlahnya, tetapi peneliti mengakui bahwa ada kemungkinan hitungannya belum akurat. Soalnya, ada burung yang melakukan migrasi tahunan sehingga jadi kurang akurat jumlahnya.

Untuk mendapatkan jumlah burung liar di dunia yang akurat, para peneliti akan mengulang penelitian tersebut setiap beberapa tahun. Ini penting dilakukan untuk mengetahui perubahan populasi dari waktu ke waktu serta untuk mempermudah upaya konservasi.

“Mengukur kelimpahan suatu spesies adalah langkah penting pertama dalam konservasi,” kata ahli biologi Corey Callaghan, dari German Centre for Integrative Biodiversity Research (iDiv) Halle-Jena-Leipzig di Jerman, seperti yang dikutip dari Kompas (20/5/2021).

Studi tentang data jumlah burung liar di dunia ini telah dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Baca juga: Mutasi Lovebird Paling Langka di Dunia dari Badilla Aviary

Kesimpulan

Sekarang Anda dapat tidur nyenyak karena jumlah burung liar di seluruh dunia sudah diketahui. Semoga penelitian tentang penghitungan jumlah burung ini terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Harapannya agar kita jadi tahu apakah burung-burung tersebut semakin lestari atau justru punah. Dengan begitu, upaya konservasi dapat segera dilakukan agar burung-burung tadi tidak benar-benar punah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!