10 Setingan Harian dan Lomba Lovebird Betina Ngekek Panjang

10 Setingan Harian dan Lomba Lovebird Betina Ngekek Panjang

Burungnya.com – Burung Lovebird ngekek panjang sudah dikenal lama sejak kemunculan Lovebird Kusumo. Sampai sekarang, istilahnya berbeda-beda, seperti Lovebird Fighter dan Lovebird Konslet. Bahkan, ada istilah Lovebird lain yang bermacam-macam tergantung daerahnya.

Nah, kebetulan ada salah satu kicau mania yang mau berbagi setingan Lovebird Betina ngekek panjang menggunakan untulan. Perawatan tersebut simpel dan dijabarkan seluruhnya sehingga mudah dipahami.

Pemilik Lovebird yang baik hati ini bernama Muhammad Deden Budi Prasetyo. Dia merawat Lovebird Alfa sejak usia 2 tahun. Pertama kali bertemu di gantangan. Saat itu, dia terpikat dengan Lovebird Alfa dan memantau Lovebird tersebut selama 2 hari 2 malam.

Baca juga: 5 Cara Mencetak Lovebird Konslet Betina dengan Untulan

Awalnya, pemilik lama tidak mau menjual Lovebird tersebut. Namun setelah dirayu-rayu sampai tak pulang-pulang, akhirnya Lovebird Alfa dilepas dengan harga Rp 2,5 juta.

Sampai di rumah, Lovebird berkelamin betina ini langsung dirawat dengan setingan pemilik lama dikombinasikan dengan setingan om Deden sendiri. Akhirnya, Lovebird Alfa mau jalan di lomba hingga bersesi-sesi dan ngekek panjang.

Perawatan Lovebird Betina Harian

  1. Makanan Lovebird Betina cuma milet putih, milet merah, dan kuaci. Namun, porsi kuacinya sedikit saja.
  2. Untuk minuman biasa saja, air minum kemasan atau air kran.
  3. Perawatan harian di rumah menggunakan untulan Lovebird jantan. Jadi, dapat dikatakan Lovebird Betina bernama Alfa ini bukan single fighter. Tujuannya agar Lovebird tetap stabil di lapangan.
  4. Lovebird betina tidak pernah dimandikan, tapi diberi cepuk mandi agar Lovebird bisa main atau mandi sendiri.

Perawatan Lovebird Betina Lomba

  1. Kalau menjelang lomba, Lovebird dipisah dari untulan dan dimasukkan dalam kandang single fighter sambil dikerodong.
  2. Untuk pakan lomba Lovebird bisa disamakan dengan makanan harian.
  3. Nah, setelah sampai gantangan, Lovebird Betina dibiarkan sebentar. Tunggu selama 5-10 menit, lalu kerodong dibuka. Manfaatnya agar Lovebird lebih tenang karena terkena angin.
  4. Sambil menunggu naik gantangan, berikan kangkung sedikit saja agar Lovebird betina bisa fighter. Kalau sudah keluar fighter, maka Lovebird Betina dikerodong lagi.
  5. Saat naik gantangan, kangkung diambil dan semprot tangkringan. Namun ingat, airnya jangan sampai kena bagian tubuh Lovebird karena dia bisa ngamuk dan tidak mau ngekek panjang.
  6. Setelah selesai gantang, Lovebird Betina dikerodong dan sesampainya di rumah langsung disatukan lagi dengan untulan.

Hasil Setingan Lovebird Betina

Dengan setingan lomba tadi, Lovebird Betina ini kuat main sampai 4 sesi. Meski begitu, di sesi terakhir performa Lovebird agak kendor. Untuk hasil sempurna, biasanya Lovebird ini main 3 sesi.

Loading...

Menurut Muhammad Deden Budi Prasetyo, Lovebird Alfa kunci perawatan terletak pada untulan. Dulu awal-awal Lovebird ini tidak mau jalan karena untulan mati. Namun, setelah bertemu Lovebird jantan yang cocok dari tetangga sebelah, Lovebird Betina mau jalan lagi dan ngekek panjang.

Baca juga:

Demikian beberapa setingan harian dan lomba Lovebird Betina ngekek panjang. Perawatannya terbilang simpel dan sederhana sehingga Anda dapat mencobanya di rumah. Walau belum tentu cocok, tapi kita tidak pernah tahu sebelum mencobanya.

Intinya, kunci perawatan Lovebird betina milik Om Deden terletak pada untulan Lovebird jantan. Jadi, sehari-hari kedua Lovebird tersebut dimasukkan dalam kandang kotak kecil tanpa glodok. Tujuannya agar Lovebird tidak kawin tapi tetap bisa menyalurkan birahi kepada pasangan.

Kalau mau berangkat lomba atau gantang, Lovebird dipisah dari untulan dan dimasukkan kandang kapsul atau kandang single serta dikerodong. Makanan Lovebird juga mudah didapat, seperti milet putih, milet merah, kuaci, dan kangkung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • setelan laang lb baladewa
  • perawatan lovebird betina menjelang lomba
  • love bird ngekek betina
  • settingan harian dan lomba Lovebird betina
  • pakan hari2 lovebird betina single faigter
  • setingan lb sampe tengleng
  • Cara seharihari setting lovebird lapang
  • Tips tawatan harian lb agar di gantangan tidak ngetik
  • kandang untulan lovebird
  • Lovebird di pisah keluar fighter

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!