10 Setingan Kacer Ngobra dan Buka Ekor untuk Lomba

10 Setingan Kacer Ngobra dan Buka Ekor untuk Lomba

Burungnya.com – Keindahan burung Kacer terletak pada suara kicauan dan gaya ngobra atau buka ekor. Ya, kalau Kacer sudah ngobra dan gacor, sudah pasti juri lomba tidak akan berpaling darinya. Kalau cuma berkicau saja, terkadang nilai poinnya lebih rendah daripada burung yang gacor sambil bergaya buka ekor.

Untuk membuat Kacer ngobra terbilang gampang-gampang susah. Namun, ada setingan yang bisa dilakukan agar burung Kacer cepat buka ekor atau ngobra. Caranya bagaimana, Anda dapat memberikan pancingan agar birahinya naik dan mentalnya lebih fighter.

Burung Kacer yang buka ekor seperti kipas sebenarnya sedang menarik perhatian lawan jenis. Burung seperti ini biasanya sedang birahi sehingga harus disalurkan pada Kacer betina. Namun, terkadang Kacer tidak birahi sekalipun, dia tetap ngobra saat melihat lawannya.

Cara Membuat Kacer Buka Ekor atau Ngobra dalam Waktu Singkat (youtube.com)
Cara Membuat Kacer Buka Ekor atau Ngobra dalam Waktu Singkat (youtube.com)

Perawatan Kacer Ngobra dan Buka Ekor

1. Masukkan Untulan Kacer Betina

Supaya Kacer jantan cepat ngobra, Anda dapat melakukan latihan bersama dengan Kacer betina. Caranya, setiap beberapa hari sekali, burung betina dimasukkan dalam sangkar pejantan. Lakukan hal tersebut selama 3-5 menit. Setelah Kacer jantan mulai membuka ekor dan gacor, terapi untulan dapat dikurangi menjadi 1-2 minggu sekali.

2. Dekatkan dengan Kacer Betina

Sebelumnya, Kacer betina dimasukkan dalam sangkar jantan. Namun, untuk harian biasa, lebih baik Kacer betina didekatkan sangkarnya dengan penjantan. Prosesnya sederhana kedua sangkar digantung berdekatan agar keduanya dalam saling memandang satu sama lain.

3. Burung Kacer Diembunkan Setiap Pagi

Agar kondisi Kacer selalu fit, burung ini harus diembunkan setiap pagi. Anda bisa melakukan pengembunan setelah solat Subuh atau jam 05.00 pagi. Jika cuaca sedang kurang baik atau hujan, sebaiknya tunda dulu proses pengembunan dan tunggu sampai hujan reda atau ganti di lain hari.

4. Terapi Jemur Kacer dalam Kerodong

Supaya mental Kacer terus naik, Anda dapat melakukan terapi jemur dengan kerodong. Penjemuran di bawah sinar matahari dengan kondisi sangkar dalam keadaan dikerodong full. Tentunya, di dalam sangkar akan terasa panas dan pengap. Oleh karena itu, latihan jemur ini jangan terlalu lama. Jika waktunya kelamaan, burung bisa kepanasan, kehabisan napas, dan akhirnya mati.

5. Frekuensi Mandi Dikurangi

Anda mungkin terbiasa memandikan burung Kacer setiap hari. Namun, saat setingan Kacer ngobra dijalankan, sebaiknya kurangi frekuensi mandinya. Misal, burung Kacer Anda terbiasa mandi setiap hari, maka kurangi menjadi seminggu 1-2 kali.

Loading...

6. Berikan Pakan Extra Fooding

Terdapat beberapa pakan Extra Fooding yang baik untuk Kacer, seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, belalang hijau, kelabang kering, dan lain-lain. Pakan ini mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan Kacer. Namun, pemberian pakan Extra Fooding harus disesuaikan dengan karakternya agar tidak membuat Kacer over birahi atau justru kekurangan birahi.

7. Siang dan Sore Dikerodong

Perawatan Kacer buka ekor harus dilakukan sejak pagi sampai malam. Kalau pagi, Kacer diembunkan dan dijemur, sedangkan siang sampai sore Kacer dikerodong full dan digantung di tempat sejuk.

8. Malam Hari Dikerodong Full dalam Gelap

Untuk malam hari, perawatan Kacer terbilang sederhana. Anda cukup mengistirahatkan Kacer dalam sangkar kerodong full. Kemudian, matikan lampu agar kondisi sekeliling gelap gulita.

9. Kacer Diumbar

Burung Kacer juga harus diumbar agar napasnya kuat dan stamina terjaga. Pengumbaran ini dapat dilakukan seminggu 2-3 kali. Yang penting, jangan terlalu sering mengumbar Kacer karena dapat membuatnya kelelahan dan malas bunyi.

10. Berikan Suplemen Kacer

Supaya Burung Kacer cepat ngobra dan buka ekor, Anda dapat memberikan suplemen atau multivitamin. Kalau tidak ada suplemen khusus untuk Kacer ngobra, Anda dapat memberikan suplemen yang bisa membuat burung ngeriwik menjadi gacor, mental drop jadi fighter, dan burung lemas menjadi lincah.

Baca juga:

Demikian beberapa setingan Kacer ngobra dan buka ekor untuk lomba. Setingan ini dapat dilakukan sebelum lomba agar saat hari H lomba burung Kacer sudah siap tempur. Jangan lupa, Anda harus mempunyai burung Kacer betina agar perawatan Kacer ngobra berjalan sukses.

Kacer ngobra atau buka ekor (besgroup.org)
Kacer ngobra atau buka ekor (besgroup.org)

Kami ingatkan kembali, Kacer termasuk burung tipe petarung. Jika kedua burung Kacer sedang berada dalam satu sangkar. Anda jangan pernah meninggalkannya. Awasi terus agar tidak ada burung yang terluka. Berbeda kalau Kacer dan untulannya sudah jodoh, keduanya tidak akan bertarung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • setingan kacer buka ekor lomba
  • setingan kacer ngobra
  • ekor kacer naik
  • jemur krodong agar kacer buka ekor
  • seting kacer lomba
  • suara kacer ngobra

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!