15 Setingan Lovebird Jantan Konslet dengan Pancingan Sepasang Lovebird

15 Setingan Lovebird Jantan Konslet dengan Pancingan Sepasang Lovebird

Burungnya.comLovebird jantan dan betina mempunyai karakter yang berbeda saat diikutkan lomba. Untuk Lovebird jantan, biasanya akan cepat konslet bila dilatih dengan untulan atau pasangan. Jadi, dapat dikatakan bahwa setingan Lovebird jantan konslet sebenarnya cuma mencarikan pasangan saja.

Seperti yang disampaikan Caragacor.com (4/2/2018), Lovebird konslet dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu Lovebird konslet dari lahir atau keturunan, ada pula Lovebird konslet yang sengaja dilatih agar bisa konslet dan bersuara keras.

Biasanya, Lovebird konslet dari trah keturunan jawara, karakter suaranya tidak terlalu keras dan tanpa irama. Sementara, Lovebird konslet karena latihan atau perawatan, suaranya cenderung keras dan mempunyai irama.

Baca juga: 15 Perbedaan Lovebird Konslet dan Fighter

Cara Membuat Lovebird Jantan Konslet

Lovebird Jantan Konslet dengan Untulan (youtube.com)
Lovebird Jantan Konslet dengan Untulan (youtube.com)

Nah, berhubung kali ini hanya terfokus pada Lovebird jantan, maka setingan yang diberikan dikhususkan untuk Lovebird jantan konslet.

Lovebird jantan bisa dibuat konslet di lapangan, asalkan sudah mempunyai untulan. Jika tidak, sebaiknya Anda mencarikan dulu pasangan yang cocok dengan Lovebird Anda.

Namun, Anda tidak perlu terburu-buru, karena Anda bisa memberikan pancingan menggunakan sepasang Lovebird lain. Ya, jadi nantinya Lovebird didekatkan dengan sepasang Lovebird lain agar birahinya naik.

Kalau sudah terlihat tanda-tanda Lovebird jantan birahi, maka Lovebird jantan bisa dimasukkan ke kandang ternak sekalian. Jadi, di dalam sangkar terdapat satu calon Lovebird jantan konslet dan 2 ekor Lovebird lain jantan dan betina.

Baca juga: 2 Racikan Pakan Lovebird Konslet dan Cara Melatihnya

Setingan Lovebird Jantan Konslet (pinterest.com)
Setingan Lovebird Jantan Konslet (pinterest.com)

Agar lebih jelas, kami akan menunjukkan langkah-langkahnya secara detail dalam tahapan berikut.

1. Lovebird Jantan Berusia 7 Bulan

Calon Lovebird jantan konslet kalau bisa sudah berusia sekitar 7 bulan. Usia tersebut dinilai sudah mapan untuk mendapatkan latihan atau terapi Lovebird konslet.

2. Lovebird Sudah Mempunyai Suara Materi Isian

Selain usia, Lovebird jantan ini setidaknya sudah memiliki materi isian atau ngekek panjang saat sendirian. Hal ini untuk mempermudah menjadikan Lovebird jantan cepat konslet.

Loading...

3. Pendekatan dengan Sepasang Lovebird

Setelah syarat dan ketentuan sudah siap, maka proses latihan dimulai. Caranya, Lovebird jantan didekatkan dengan sangkar sepasang Lovebird lain selama 1 minggu. Tujuannya untuk memancing agar Lovebird iri dengan pasangan tersebut. Letak sangkar bisa berdapan atau di sampingnya, yang penting kelihatan satu sama lain.

4. Birahi Lovebird Meningkat

Setelah 1 minggu diletakkan berdampingan sambil melihat pasangan Lovebird kawin, tentu birahi Lovebird jantan tersebut akan meningkat.

5. Lovebird Jantan Dimasukkan ke Sangkar Sepasang Lovebird

Apabila birahinya sudah naik, coba masukkan calon Lovebird jantan ke dalam sangkar sepasang Lovebird tadi. Kalau bisa usahakan calon Lovebird konslet tidak bertengkar dengan Lovebird lainnya. Jika mereka bertiga bertengkar, maka segera pisahkan, kemudian satukan lagi.

6. Lovebird Ingin Cepat Kawin

Saat kondisi sudah kondusif, tentu calon Lovebird konslet ini semakin ingin cepat kawin dan mencari pasangan sendiri. Oh iya, perlu dicatat, Lovebird jantan ini diletakkan di dalam sangkar sepasang Lovebird lain selama 1 minggu.

7. Mencari Lovebird Betina Ngleper

Carikan Lovebird betina yang sudah ngleper saat mendengar Lovebird jantan ngekek panjang. Dengan begitu, proses kawin akan lebih cepat. Seharusnya, apabila keduanya sudah birahi, Lovebird jantan dan betina ini akan langsung kawin.

8. Satu Kandang Berisi Empat Lovebird

Calon Lovebird jantan konslet dan betinanya tadi masih berada satu kandang dengan sepasang Lovebird yang lama. Jadi satu kandang berisi 4 Lovebird (2 jantan dan 2 betina) dan 1 buah glodok. Biarkan 2 pasang Lovebird ini berada di sangkar yang sama selama 1 minggu.

9. Lovebird Dipisah

Satu minggu kemudian, pisahkan sepasang Lovebird lama ke sangkar lain dan biarkan calon pasangan Lovebird konslet berada di sangkar tersebut dengan 1 buah glodok.

10. Sepasang Lovebird Konslet Baru Masuk Glodok

Biasanya 3 hari kemudian calon Lovebird konslet dan pasangannya sudah masuk ke dalam glodok. Jika kondisinya sudah seperti ini maka segera masukkan pasangan Lovebird yang lama jadi satu sangkar.

11. Lovebird Masuk Glodok

Apabila calon pasangan Lovebird konslet terlihat menguasai glodok, berarti setingan Lovebird jantan konslet berhasil. Sepasang Lovebird konslet sudah berani melawan sepasang Lovebird lain.

12. Setingan Lovebird Jantan Konslet Berhasil

Jika Lovebird jantan konslet ngekek terus tanpa henti, artinya setingan atau perawatan telah berhasil. Berarti Anda bisa memindahkan lagi pasangan Lovebird yang lama ke sangkar lain.

13. Sudah Ketemu Lovebird Jantan Konslet

Dengan cara ini berarti Anda sudah menemukan Lovebird jantan konslet. Untuk mengatur birahinya agar tetap stabil maka satukan Lovebird tersebut dengan pasangannya. Saat naik ke gantangan Lovebird jantan dipisah, kemudian setelah selasai langsung dijadikan satu dengan betina.

14. Untuk Lovebird Betina Konslet

Setingan Lovebird jantan konslet ini bisa diterapkan pada Lovebird betina. Namun, Anda harus mengeluarkan glodok dari sangkar agar Lovebird betina tidak bertelur di dalam glodok.

15. Perawatan Sejak Lovebird Paud

Perlu diingat lagi, cara ini akan berhasil apabila usia Lovebird sudah mapan dan mempunyai materi isian yang memadai. Jadi, sebelum menjalankan setingan Lovebird jantan konslet, sebaiknya Anda sudah melatih Lovebird tersebut sejak masih paud.

Baca juga: 5 Ciri Lovebird Fighter Mental Petarung yang Bagus untuk Lomba

Latihan yang lama dan konsisten akan menghasilkan Lovebird jantan single fighter berkualitas. Tidak ada Lovebird jantan single fighter yang langsung konslet tanpa adanya untulan atau pasangan, kecuali memang sudah konslet sejak lahir.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/setingan-lovebird-jantan-konslet-dengan-pancingan-sepasang-lovebird/
  • lovebird intulan jika kawin
  • satu betty dua jantan lovbird lomba
  • lovebird jantan konslet
  • cara buat lovebird single
  • Cara bikin lovebird jan
  • cara membuat lb jantan konslet
  • cara seting fb untulan harian
  • lb jantan
  • burung love bird konslet di usia berapa

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!