Setingan Lovebird Paud Jantan Receh (olx.co.id)

12 Setingan Lovebird Paud Jantan agar Receh di Rumah dan Lomba

Burungnya.com – Burung Lovebird Paud membutuhkan setingan yang tepat agar mau receh di rumah maupun lomba. Perawatannya harus dilakukan setiap hari dan konsisten. Lovebird sendiri merupakan burung yang gemar berpasang-pasangan dan berkoloni. Oleh karena itu, setingan burung ini sebisa mungkin dilakukan dengan untulan atau koloni.

Jika Anda memilih setingan untulan, maka peliharalah Lovebird minimal 2 ekor. Apabila Anda menjalankan setingan koloni berarti minimal Anda harus memelihara 4 ekor Lovebird atau lebih. Ini tidak bisa dijadikan patokan, tetapi standarnya memang demikian.

Selain harus memelihara Lovebird lebih dari satu, Anda juga harus menyiapkan Lovebird paud prospek yang berpotensi menjadi juara. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda dapat membeli burung di penangkaran atau memantau burung langsung di gantangan.

Setingan Lovebird Balibu Konslet (youtube.com)
Setingan Lovebird Balibu Konslet (youtube.com)

Setingan Lovebird Paud Jantan

1. Syarat Lovebird Paud

Anda harus memiliki Lovebird paud yang durasinya minimal 10 detik dengan karakter latah. Setelah itu, cari untulan jantan atau betina yang tidak bertengkar satu sama lain.

2. Jenis Kandang

Pemilihan jenis kandang sama saja. Anda dapat memilih kandang kotak atau kandang kapsul. Masukkan kedua Lovebird jadi satu kandang tetapi tidak perlu diberi glodog.

3. Pakan Harian Lovebird

Pilihlah pakan harian Lovebird yang tinggi. Anda dapat membeli pakan pabrikan atau meracik sendiri. Pakan pabrikan bisa menggunakan Racikan Madura. Pakan Lovebird ini bisa dibeli di Instagram @burungnyadotcom atau WhatsApp 085335310350.

4. Pakan EF Jagung dan Kangkung

Berikan pakan jagung setiap hari dan kangkung 1 batang saja. Tujuannya agar birahi mulai naik sehingga Lovebird paud jantan jadi receh.

5. Mandi

Lovebird mandi setiap pagi saja. Burung dapat dimandikan dengan cara disemprot halus atau mandi sendiri di dalam cepuk. Jadi, Anda harus menyiapkan cepuk mandi di dalam sangkar.

6. Penjemuran

Agar birahi naik, Lovebird dijemur lebih lama. Durasi mandi bisa mulai jam 07.00 – 11.00. Namun, kembali lagi disesuaikan dengan kondisi burung. Selain itu, lihat kondisi matahari, kalau terlalu panas maka tidak perlu sampai jam 11.00 siang.

7. Mandi Malam

Lovebird juga dimandikan malam jam 20.00 dengan cara mandi embun 3 semprot dada dan 3 semprot punggung. Setelah itu, angin-anginkan sebentar di teras rumah selama 15 menit.

Loading...

8. Vitamin Lovebird

Jangan lupa berikan multivitamin atau vitamin Lovebird berupa Sempati Joss. Vitamin ini dapat dibeli di Instagram @burungnyadotcom atau WhatsApp 085335310350.

9. Waktu Pemisahan Untulan

Anda harus mengamati karakter dan kebiasaan burung di rumah maupun di gantangan. Lihat tingkat gacornya seperti apa saat di rumah atau di gantangan. Dengan begitu, Anda akan tahu kapan Lovebird dipisah dengan untulan.

10. Lovebird Ditrek dengan Burung Lain

Agar burung receh, maka Lovebird harus ditrek dengan Lovebird lain selama kurang lebih 3-5 menit. Jadwal latihan ini bisa dilakukan 1 minggu 2 kali.

11. Burung Lovebird Diumbar

Supaya napas dan kondisi tubuhnya kuat, Lovebird harus diumbar 1 minggu 2 kali. Pengumbaran dapat dilakukan di kandang umbaran ukuran 1 x 3 meter atau 1 x 2 meter.

12. Pemasteran Lovebird

Anda dapat memaster Lovebird dengan suara burung asli atau suara MP3. Isian masteran yang cocok bisa berupa burung Kenari, Cililin, Ciblek, Cucak Jenggot, Belalang Kecek, Jangkrik, dan lain-lain.

Kesimpulan

Demikian beberapa setingan Lovebird paud jantan agar receh di rumah dan lomba. Perawatan ini lebih fokus pada kesehatan dan kematangan Lovebird. Jadi, Anda harus melakukan setingan dengan sabar. Kalau mau yang instan, cara-cara seperti ini mungkin kurang berhasil. Sebab, sesuatu yang instan tidak akan kekal dan berakhir buruk di akhir.

Baca juga:

Jadi, sebaiknya latih dan rawat burung Lovebird secara teratur mulai dari pagi sampai malam setiap hari. Apa yang Anda berikan secara tulus pasti akan dibalas Lovebird dengan gelar-gelar juara. Anda tak perlu khawatir, sebab apa yang Anda tanam akan sesuai dengan apa yang Anda tuai.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • lovebird paud jantan
  • cara setting lovebird paud untulan
  • settingan paud jantan x jantan
  • setingan lb paud jantan sf
  • Cara settingan harian love bird balibu jantan
  • Merawat lovebird jantan paud
  • prawatan lakbet balibu jantan
  • settingan lomba balibu betina untulan
  • cara merawat lb jantan paud supaya durasi panjang
  • cara perawatan lovebird untulan paud

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!