Setingan Lovebird Berbahaya (steemit.com)

7 Setingan Lovebird Viral Ini Berbahaya atau Tidak?

Burungnya.com – Banyak setingan Lovebird yang viral gara-gara dibagikan ke media sosial. Dulu perawatan Lovebird seakan menjadi rahasia kicau mania sendiri-sendiri. Namun, karena semakin banyak orang yang berbagi setingan di Facebook hingga Instagram, kicau mania yang lain jadi ikut-ikutan share setingan Lovebird.

Mereka yang membagikan setingan perawatan mungkin berpikir bisa membantu Lovebird yang lain. Padahal, tidak semua setingan cocok untuk semua jenis Lovebird. Terlebih, sebagian setingan juga bisa berbahaya karena tidak sesuai dengan kondisi kesehatan burung Lovebird.

Apakah semua perawatan Lovebird yang dibagikan ke grup Facebook atau Instagram berbahaya? Tentu saja tidak, Anda bisa menilai sendiri dengan logika, burung yang diperlakukan sedemikian rupan, kira-kira lebih bagus penampilannya atau justru tersiksa.

Terkadang kicau mania mempunyai ambisi tinggi dalam membuat koncer Lovebird. Namun, dia lupa bahwa Lovebird sejatinya hanya burung biasa yang ingin berkicau, makan, hingga kawin.

Kalau burung dipaksa untuk memuaskan nafsu pemiliknya di lomba, tentu akan sangat menyiksa burung. Apalagi kalau burung sampai diberi perawatan yang meyakitkan. Mungkin seminggu dua minggu, performanya bagus, tapi kalau dilakukan terus menerus, kondisi burung bisa drop.

Setingan Lovebird Viral Ini Bahaya atau Tidak

Nah, kami jadi ingat beberapa setingan Lovebird yang viral di Facebook dan Instagram. Setingan ini mungkin bisa dianggap berbahaya atau tidak, tergantung dari persepsi masing-masing orang.

1. Lovebird Mandi Tengah Malam

Mungkin Anda pernah mengetahui ada Lovebird yang dimandikan tengah malam, tepat jam 00.00 malam. Setingan ini sering disebut terapi mandi malam. Walau ada kicau mania yang berhasil karena burungnya jadi konslet atau ngekek panjang, tapi sejatinya dia tidak memandikan Lovebird tengah malam.

Biasanya kicau mania yang berhasil memandikan burung setelah solat Isya atau sekitar jam 19.00. Boleh juga memandikan Lovebird pulang kerja sekitar jam 20.00 malam.

Namun, kalau burung dimandikan tengah malam, tentu dia akan sangat tersiksa dan kesakitan. Pasalnya, tengah malam merupakan pergantian hari yang biasanya sangat dingin. Manusia saja akan kedinginan kalau mandi tengah malam, apalagi burung Lovebird. Bisa dibayangkan dinginnya seperti apa. Belum lagi, kalau Anda tinggal di dataran tinggi, tentu lebih dingin lagi suhunya.

Oleh karena itu, ada baiknya memandikan burung pada pagi atau sore hari. Kalau ingin terapi mandi malam, proses memandikannya jam 19.00 – 20.00 saja. Setelah dimandikan, Lovebird diangin-anginkan atau didekatkan di lampu. Kemudian, Lovebird dikerodong sambil dimaster dengan suara pelan.

2. Doping Lovebird Fermentasi (Vitamin Tetes)

Banyak bertebaran vitamin tetes Lovebird di grup-grup kicau mania Facebook. Ada yang jualan vitamin, ada juga yang berbagi resepnya. Namun, agar tidak berisiko lebih baik Anda beli vitamin tetes yang sudah terpercaya. Biasanya vitamin tersebut sudah diteliti dan melalui uji laboratorium kedokteran.

Soalnya, vitamin tetes Lovebird atau doping mayoritas melalui proses fermentasi. Cairan fermentasi jika salah dalam pengolahan bisa sangat berbahaya dan berubah menjadi racun.

Mungkin kicau mania yang share vitamin tetes ada yang berbasil karena takaran dan porsinya tepat. Namun, bila Anda salah dalam mengolah resep racikan vitamin Lovebird, bisa jadi vitamin yang harusnya sehat malah menjadi racun untuk Lovebird.

Burung Lovebird bisa jatuh sakit, gagal organ, macet bunyi, hingga mati. Doping vitamin tetes memang cukup sulit dalam hal pembuatan dan penyimpanan. Jika Anda tidak benar dalam menyimpannya, suhunya tidak sesuai, atau terlalu lama dalam menyimpan, maka vitamin tersebut bisa berubah menjadi kimia berbahaya.

Setingan Lovebird Viral tapi Bahaya (burungnya.com)
Setingan Lovebird Viral tapi Bahaya (burungnya.com)

3. Burung Ditakut-takuti dengan Cara Dipukul atau Digebrak

Ada sebagian kicau mania yang mungkin sudah kehabisan cara untuk merawat Lovebird. Burung Lovebird ditakut-takuti dengan cara dipukul sangkarnya. Ada juga burung yang digebrak-gebrak sangkarnya dengan tangan, sandal, tangkringan, kerodong, hingga sapu lidi.

Efeknya beragam, ada burung Lovebird yang langsung bunyi, ada juga yang diam saja. Burung yang digebrak atau dipukul sudah pasti kaget dan mungkin saja ketakutan. Kalau burung tidak terbiasa, pasti dia akan stres.

Loading...

Anda yang ingin mental Lovebird jadi fighter, justru bisa membuat mentalnya drop. Ingatlah manusia saja, digebrak-gebrak bisa jantungan, apalagi burung.

4. Racikan Lovebird yang Direbus

Nah, racikan Lovebird yang paling sering muncul di Facebook biasanya racikan daun yang direbus. Efeknya tidak diketahui berkhasiat atau tidak, tapi yang mencoba banyak sekali. Terlebih, tidak semua jenis daun baik untuk Lovebird.

Terkadang ada juga buah yang berbahaya tapi dianggap obat yang baik untuk Lovebird, yaitu kecubung. Buah kecubung sangat beracun. Efeknya bisa membuat burung mabuk. Sebab, manusia yang mengonsumi kecubung akan mabuk hebat sampai berhari-hari hingga kehilangan kesadaran.

Jadi cari tahu dulu tumbuhan yang dipakai untuk racikan Lovebird. Kalau dirasa tumbuhan tersebut aman, maka tidak masalah dicoba. Namun, kalau tumbuhan tersebut berbahaya, sebaiknya jangan mengambil risiko yang besar.

5. Terlalu Sering Ditrek dengan Lovebird Lain

Untuk menjaga performa dan mentalnya, Lovebird sering ditrek dengan Lovebird lain. Hampir setiap hari Lovebird ditrek agar gacor dan ngekek panjang. Namun, apakah efeknya nanti akan bagus atau justru merugikan?

Perlu Anda ketahui, Lovebird yang keseringan ditrek biasanya mudah over birahi, cabut bulu, dan stres. Apalagi kalau lawan treknya Lovebird fighter, biasanya mental Lovebird Anda bisa drop hingga macet bunyi.

Sebaiknya, Lovebird ditrek saat di gantangan atau lomba setiap seminggu sekali. Burung yang ditrek seminggu sekali akan kelihatan performanya daripada ditrek setiap hari. Selain birahi naik, burung yang ditrek setiap hari mudah stres dan kelelahan.

6. Racikan Susuk Bubuk untuk Lovebird

Tidak semua burung Lovebird cocok diberi susuk bubuk. Kalau burung masih anakan, mungkin saja efeknya bagus untuk perkembangan. Namun, kalau Lovebird sudah dewasa, burung bisa mencret dan sakit perut kalau diberi susuk bubuk.

Terlebih ajaran dari mana, burung Lovebird diberi susuk bubuk. Bedakan minuman atau makanan untuk burung dan minuman atau makanan untuk manusia.

7. Setingan Ganti-ganti

Burung Lovebird yang belum memiliki setingan, sebaiknya berikan setingan standar dulu. Contohnya, embun, mandi, jemur, kerodong, masteran, dan lain-lain.

Jika perawatan harian normal belum menunjukkan hasil, perhatikan usianya, apakah sudah mapan atau belum. Jika burung sudah mapan, tapi belum gacor, cek lagi kondisi kesehatan, pakan, hingga indukan.

Apabila semua masih nihil, Anda bisa mengganti perawatan. Coba dulu perawatan yang masuk akal dan terbukti berhasil. Jangan coba-coba setingan yang ekstrem, misalnya mandi air es, terapi mandi air hujan, terapi renang, atau yang lainnya.

Jika Anda sudah menemukan setingan Lovebird yang tepat, jangan diganti-ganti lagi. Pakai setingan tersebut selamanya. Kemungkinan keturunannya kelak juga bisa menggunakan setingan serupa.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa setingan Lovebird viral yang dianggap berbahaya tapi ada juga yang tidak. Kira-kira Anda sudah mencoba setingan yang mana? Mungkin saja ada setingan lain yang dianggap berbahaya. Anda bisa menambahkan setingan tersebut di kolom komentar.

Sampaikan dampak buruk setingannya agar kicau mania yang lain lebih berhati-hati. Namun, bila setingan Lovebird terbukti bagus, sampaikan yang baik-baik, jangan diplintir atau dijelek-jelekkan.

Kami tidak bermaksud menjelek-jelekkan suatu setingan Lovebird. Kami hanya memberikan gambaran atau dampak yang mungkin saja terjadi bila Anda menerapkan setingan tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • bahaya pakan lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!