10 Setingan Murai Batu Lomba Sederhana Supaya Juara

10 Setingan Murai Batu Lomba Sederhana Supaya Juara

Burungnya.com – Setingan lomba pada Murai Batu adalah cara untuk meningkatkan kemampuan burung Murai Batu selama di perlombaan. Tanpa setingan atau perawatan khusus, tentu Murai Batu tidak akan tampil maksimal dan tidak mampu mengalahkan lawannya di lomba.

Perawatan Murai Batu lomba sangat penting dan harus dibedakan dengan perawatan harian. Intinya, untuk lomba, setingannya harus spesial dan lebih baik dari hari-hari biasa. Namun, kembali lagi pada burung Murai Batu Anda masing-masing. Sesuaikan setingan yang sudah ada dan otak-atik sedikit saja agar burung tidak kebingungan dengan perubahan setingan yang diberikan.

Baca juga: 2 Jenis Murai Batu Juara yang Makan 100 Jangkrik Sebelum Lomba

Untuk setingan Murai Batu lomba ini sebenarnya masih terbilang sederhana. Maksudnya, setingan ini diberikan secara umum, sehingga semua jenis Murai Batu dapat mencobanya.

Setingan Murai Batu untuk Lomba (hanuang.com)
Setingan Murai Batu untuk Lomba (hanuang.com)

Setingan Murai Batu Lomba

1. Murai Batu Diangin-anginkan

Setiap pagi, Murai Batu lomba dimandikan, tetapi sebelumnya kalau bisa diangin-anginkan dulu. Proses mengangin-anginkan burung jangan terlalu lama, cukup 30 menit saja.

2. Burung Murai Batu Dimandikan

Waktu segitu, sudah cukup membuat tubuh burung Murai Batu segar dan bugar. Baru setelah proses penganginan selesai, Anda bisa memandikan Murai Batu dengan cara disemprot halus atau mandi di keramba.

3. Pemberian Pakan Tambahan

Sambil memandikan burung, Anda dapat membersihkan sangkar dan mengganti pakan atau minum. Tambahkan, pula suplemen atau vitamin bila perlu dan beberapa ekor jangkrik dan kroto. Kalau bisa, takaran jangkrik dan kroto dua kali lipat dari perawatan harian.

4. Murai Batu Dijemur

Setelah mandi dan ganti pakan minum, burung Murai Batu dijemur sekitar 1-2 jam saja. Yang penting, burung tidak dijemur lebih dari jam 10.00. Sebab, saat seperti itu, udara sudah sangat panas.

Loading...

5. Burung Dikerodong dan Dimaster

Setelah penjemuran, burung Murai Batu bisa langsung dikerodong. Sambil istirahat di dalam kerodong, burung bisa dimaster dengan burung masteran atau suara MP3. Volume suara masteran pelan saja, tapi terdengar sayup-sayup.

Baca juga: 10 Cara Memaster Murai Batu yang Paling Benar Biar Cepat Masuk

6. Mandi Sore

Pada sore hari, Murai Batu dimandikan lagi. Namun, hal ini tergantung dari karakter burung masing-masing. Jika burung tidak suka mandi, maka sore hari tidak perlu dimandikan, cuma disemprot sedikit saja.

7. Berikan Pakan EF dan Pemasteran

Agar performa di lomba meningkat, Anda bisa memberikan pakan tambahan Murai Batu berupa jangkrik, tapi kroto tidak perlu. Kalau sudah makan kenyang, Murai Batu dikerodong agar bisa beristirahat sembari diberi suara masteran.

Baca juga: 15 Cara Memaster Murai Batu dengan Suara MP3

8. Durasi Jemur Dikurangi

Kalau sudah mendekati hari lomba, perawatan masih tetap sama, hanya saja durasi penjemuran dikurangi. Misal semula Murai Batu dijemur selama 2 jam jadi 1 jam.

9. Tingkatkan Pemberian EF

Pada hari H lomba, setingan Murai Batu ditingkatkan. Burung tersebut diberi pakan EF berupa jangkrik sebanyak 5 ekor dan ulat hongkong 5 ekor. Dari rumah sampai lapangan, sebaiknya sangkar dikerodong. Murai Batu baru buka kerodong saat akan naik ke gantangan.

10. Adaptasi dengan Lingkungan Lomba

Sampai di arena lomba, Murai Batu diletakkan di tempat yang tenang dan teduh serta sejuk. Biarkan burung tersebut beradaptasi dengan lingkungan. Sebab, lingkungan rumah dan lomba tentu saja berbeda. Burung harus mengenal situasi dan kondisi medan pertempuran.

Demikian beberapa setingan dan perawatan Murai Batu lomba supaya keluar sebagai juara. Setingan ini dapat diterapkan mulai dari hari Senin sampai hari H lomba di hari Minggu. Perawatan ini terbilang sederhana karena tidak melakukan setingan yang ekstrem atau pemberian pakan yang di luar kebiasaan.

Sehingga dapat dipastikan setingan burung Murai Batu ini aman tanpa efek samping. Hanya saja, porsi pakan Murai Batu tersebut kemungkinan menyesuaikan setingan yang sudah berjalan sebelumnya. Anda tidak perlu menyamakan persis setiap poin setingan. Namun, Anda dapat menyesuaikan setingan yang dirasa kurang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara seting murai borneo agar maksimal di gantangan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!