5 Setingan Perkutut Lomba dan Perawatan Harian

Burungnya.com – Lomba burung Perkutut berbeda dengan burung lainnya. Burung ini dilombakan dengan cara dikerek di tiang yang tinggi. Dari situ, burung yang bunyinya bagus akan keluar sebagai pemenang.

Jadi, setingan lomba Perkutut dan perawatan hariannya harus berkaitan dengan kerek burung di tiang tinggi. Sebab, Perkutut harus dibiasakan mengenali kondisi di lapangan lomba.

Jangan sampai burung yang dilombakan di tiang tinggi, tapi dia belum pernah dikerek di ketinggian sama sekali. Bisa jadi, burung akan kaget karena berada di ketinggian.

Perkutut Dibuat Jinak

Perawatan yang tepat untuk Perkutut lomba tentu sebisa mungkin membuatnya jinak dulu. Pasalnya, kalau Perkutut giras dilombakan, burung bisa stres karena belum menguasai emosinya sendiri.

Tujuan burung dibuat jinak agar burung bisa mengontrol emosi dan birahi. Selain itu, pembawaannya lebih tenang dan tidak grabyakan.

Perawatan Perkutut Jinak

  • Burung Perkutut ditempatkan di lokasi yang sering dilewati orang di rumah, misalnya ruang tamu atau ruang keluarga.
  • Beri makanan burung Perkutut yang paling disukainya, misal milet, kacang ijo, atau ketan hitam.
  • Porsi pemberian makanan Perkutut 1 sendok teh setiap hari.
  • Minuman Perkutut bisa dari air PDAM, air sumur, dan air Aqua.
  • Porsi pemberian minuman Perkutut sekitar 2 sendok makan setiap hari pada pagi dan sore hari.
  • Pemilik burung harus sering bersiul dan memanggil nama burung di dekatnya, terutama saat membersihkan sangkar.

Pemandian Perkutut Sebelum Lomba

Apakah Perkutut lomba harus sering dimandikan biar segar? Nah, ini pikiran yang kurang tepat karena sebenarnya Perkutut tidak terlalu menyukai air. Dia lebih suka penjemuran daripada dimandikan.

Jadi proses mandi Perkutut bisa dilakukan seminggu sekali di hari Kamis. Setelah prosesi mandi selesai, dilanjutkan dengan penjemuran di bawah sinar matahari. Untuk penjemuran ini bisa dilakukan setiap hari.

Oh iya, saat memandikan pastikan bulunya basah semua atau basah kuyup. Soalnya bulu Perkutut anti air, sehingga walau terlihat basah, tapi terkadang bagian dalam belum basah.

Pemandian sampai basah kuyup juga membantu membersihkan kotoran-kotoran yang bersarang di dalam bulunya.

Bahan Untuk Memandikan Perkutut

Burung Perkutut dapat dimandikan dengan air biasa. Namun, lebih baik kalau Anda menggunakan air campuran daun sirih, antiseptic, atau air cucian beras. Pilih salah satu jenis air saja, jangan dicampur semuanya.

Persiapan Mendekati Lomba Perkutut

Beberapa perawatan tadi disiapkan untuk lomba Perkutut di akhir pekan. Namun, alangkah lebih baik bila burung Perkutut diberikan perawatan ekstra.

1. Kencur dan Daun Saga

Jadi, setelah mandi, Perkutut diberi kencur 2 butir saja, kira-kira sebesar kacang hijau. Kemudian daun saga diperas dan berikan airnya.

2. Bawang Merah

Bawang merah ditumbuk atau digeprek lalu dibalurkan pada kaki, hidung, dan kulit di bawah sayap Perkutut.

Loading...
Perawatan Perkutut Lomba dan Harian (wartaboyolali.id)
Perawatan Perkutut Lomba dan Harian (wartaboyolali.id)

3. Kerek di Tiang Tinggi

Selanjutnya, Perkutut dikerek di tiang tinggi mirip tiang di lomba. Proses ini bisa dilakukan 2 kali seminggu di hari Rabu dan Minggu.

4. Elus Tangan Basah

Sebelum besok dikerek, malamnya Perkutut dipegang dan dielus dengan tangan basah selama 10 menit.

5. Perkutut Tidak Stres

Dengan begitu, Perkutut akan merasa semakin disayang dan dekat dengan pemiliknya. Selain itu, tujuan dielus tadi untuk memperkuat mental agar tidak stres di ketinggian.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa setingan Perkutut lomba dan perawatan harian. Bagi Anda yang masih merawat burung Perkutut secara sederhana, coba diberikan perawatan ekstra seperti yang kami jelaskan.

Bandingkan bagaimana perbedaan pasca dirawat biasa-biasa saja dengan perawatan ekstra yang dikhususkan untuk lomba Perkutut.

Kami tidak memberikan jaminan kemenangan atau juara, tapi perawatan tadi bagus untuk burung-burung Perkutut lomba.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kriteria lomba perkutut 1/2 kerek
  • Perawatan burung perkutut rumahan
  • Perkutut lomba
  • Perkutut lomba harus

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!