13 Setingan Pleci Lomba dengan Terapi Mandi Malam

13 Setingan Pleci Lomba dengan Terapi Mandi Malam

Burungnya.com – Pecinta burung Pleci memang tidak sebanyak pecinta burung yang lain. Pasalnya, burung Pleci tidak terlalu populer dan hanya disukai oleh kalangan tertentu. Meski begitu, kalau sudah gacor, burung Pleci lomba bisa dihargai mahal.

Ya, ini memang untuk burung Pleci yang ikut lomba. Kalau jenis burung Pleci biasa, biasanya harga di pasaran masih cukup murah. Tak jarang, kicau mania pemula sering latihan merawat burung Pleci terlebih dahulu, kemudian baru membeli jenis burung yang lain.

Setingan Pleci Lomba

Pleci Marley (Kaskus.co.id)
Pleci Marley (Kaskus.co.id)

Nah, berbicara tentang Pleci lomba, kami memiliki setingan atau perawatan yang dapat membuat burung tersebut gacor. Caranya, dengan memberikan setingan Pleci lomba dengan terapi mandi. Dikatakan begitu, karena proses mandinya lebih sering daripada yang lain.

Setingan ini khusus untuk Pleci lomba dewasa atau yang sudah mulai gacor. Jika Pleci Anda masih muda atau anakan, sebaiknya bersabar sebentar karena setingan ini sepertinya kurang cocok dengan kriteria Pleci tersebut.

Tips Memilih Tangkringan Pleci (burungjuara.com)
Tips Memilih Tangkringan Pleci (burungjuara.com)

Terapi Mandi untuk Pleci Lomba

1. Mandi Malam Setelah Solat Isya

Burung Pleci dimandikan malam hari setelah solat Isya sekitar pukul 19.00-21.00. Pemandian bisa dilakukan dengan cara disemprot secara halus menggunakan sprayer. Semprot dulu mulai dari bagian kaki, lalu lanjut ke bagian atas tubuhnya.

2. Pleci Diangin-anginkan

Setelah mandi selesai, Pleci diangin-anginkan dulu di tempat yang sejuk atau terang. Anda bisa menggantungnya di teras rumah dekat lampu.

3. Beri Pakan Extra Fooding

Proses menganginkan burung tadi kurang lebih selama 1 jam. Sambil menunggu, Anda dapat memberikan pakan berupa 2 sendok teh kroto dan 3 ulat hongkong warna putih. Saat diangin-anginkan Pleci mandi lagi di cepuk, tidak masalah, hal tersebut normal. Namun, proses penganginan Pleci jadi sedikit lebih lama.

4. Pleci Dikerodong

Agar burung tidak kedinginan, burung Pleci dikerodong sampai pagi.

5. Mandi Pagi

Terapi mandi Pleci berlanjut di pagi harinya. Burung dimandikan dengan cara semprot halus.

Loading...

6. Burung Angin-anginkan

Setelah mandi, burung diangin-anginkan lagi di tempat teduh dan sejuk. Jangan menganginkan burung di bawah sinar matahari langsung.

7. Perawatan di Lapangan Lomba

Berangkat ke lapangan lomba, burung Pleci dalam keadaan dikerodong. Kemudian buka kerodong selama 15-30 menit dan biarkan Pleci bunyi sepuasnya. Setelah itu, burung dikerodong lagi. Anda juga bisa ngetrek Pleci dengan Pleci lain selama 10-15 menit sebelum naik gantangan.

8. Pakan Dibersihkan dan Diambil

Kalau bisa 5 menit sebelum naik gantangan, semua sisa pakan di dasar sangkar dibersihkan. Jangan lupa ambil makanan dan minuman Pleci dari dalam sangkar.

9. Mandi Sebelum Lomba Sesi Dua

Untuk lomba sesi kedua, burung dapat dimandikan semprot lagi 1 jam sebelum sesi lomba berikutnya.

10. Perawatan Pleci Harian

Setingan harian Pleci bisa dimandikan di pagi dan sore hari. Caranya sama, semprot halus di bagian kaki, lalu naik ke atas sampai ke bagian kepala. Oh iya, jangan semprot langsung di bagian mata, lebih baik semprot dari atas atau belakang kepala.

11. Makanan Pleci

Pemberian pakan harian berupa buah segar, seperti pepaya, pisang, sawo, jeruk, dan lain-lain.

12. Berikan Extra Fooding

Pakan extra fooding atau EF Pleci biasanya kroto 2 sendok teh dan 3-6 ulat hongkong (warna putih).

13. Penjemuran Rutin Setiap Hari

Jangan lupa setiap hari Pleci juga harus dijemur di bawah sinar matahari selama 15-30 menit.

Demikian setingan Pleci lomba dengan terapi mandi malam. Kali ini setingannya memang difokuskan pada terapi mandi. Jadi, proses mandinya lebih sering dari biasanya. Setingan ini alami tanpa ada tambahan doping atau pemberian suplemen vitamin bahan kimia lainnya.

Baca juga: 

Sudah bisa dipastikan aman sehingga burung Pleci merasa nyaman. Namun, perlu diketahui proses mandi ini juga menyesuasikan dengan cuaca di sekitar. Apabila sedang cuaca buruk, misal angin kencang atau hujan, sebaiknya mandi malam dihentikan sementara.

Lihat juga kondisi burung seperti apa. Apabila sedang sakit, proses mandinya dikurangi dan diganti dengan pemberian extra fooding serta makanan bergizi lainnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tip memasyeri pleci habis mandi malam
  • tip perawatan pleci di malam hari

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!