3 Shampo Manusia yang Boleh Untuk Kucing

Burungnya.com – Apakah kucing harus menggunakan shampo khusus kucing? Seharusnya memang seperti itu, tapi kucing masih boleh menggunakan shampo manusia. Apakah boleh kucing memakai shampo manusia?

Banyak cat lover yang mengatakan shampo manusia tidak cocok untuk kucing. Alasannya beragam, pH kulit manusia dan kucing berbeda, kandungan pH pada shampo manusia dan kucing berbeda, komposisi bahan berbeda, dan kandungan pengawet juga tidak sama.

Namun, kalau keadaanya terpaksa dan memang Anda tidak punya uang untuk beli shampo kucing, Anda bisa menggunakan shampo manusia.

Baca juga: 12 Cara Memandikan Kucing Pertama Kali yang Takut Air

Shampo Manusia yang Boleh Untuk Kucing

Shampo Manusia yang Boleh untuk Kucing (espressothinker.com)
Shampo Manusia yang Boleh untuk Kucing (espressothinker.com)

1. Shampo Bayi

Shampo bayi dirasa aman untuk kucing karena kandungan bahan kimianya cukup rendah dan bahan pengawet lebih sedikit daripada shampo orang dewasa.

Di dalam shampo bayi tidak terdapat parfum berlebihan sehingga cocok untuk kulit kucing. Zat berbahaya lainnya juga tidak ditemukan pada shampo bayi. Walau shampo terjilat sekalipun, tidak ada efek berbahaya.

Merek Shampo bayi yang direkomendasikan untuk kucing yaitu sebagai berikut:

  • Johnson’s
  • Zwitsal
  • My baby
  • Mitu
  • Cussons

2. Shampo Herbal

Alasan shampo herbal baik untuk kucing karena tidak banyak kandungan kimia di dalamnya. Biasanya shampo herbal memang dikhusus untuk konsumen yang sensitif.

Pilih shampo herbal yang kandungannya alami sekali tanpa campuran bahan kimia terlalu banyak. Kemudian shampo herbal ini pilih yang tidak banyak busa atau memiliki bau menyengat.

Loading...

Baca juga: 10 Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah

3. Shampo Kandungan Minyak Kelapa

Pilih shampo untuk kucing yang mengandung minyak kelapa. Alasannya kandungan shampo tersebut biasanya ada vitamin E yang tinggi.

Kandungan tersebut bagus untuk mengurangi infeksi jamur pada kulit kucing. Apabila kucing Anda jamuran, mungkin shampo minyak kelapa sangat membantu.

Cara Memberikan Shampo Manusia pada Kucing

Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah (wideopenpets.com)
Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah (wideopenpets.com)

Pertama basuk seluruh tubuh kucing dengan air hangat. Tingkat kehangatannya sama dengan air hangat untuk bayi. Buat kucing nyaman agar kucing tidak ketakutan.

Shampo dicampur dulu dengan air agar kulit kucing tidak panas. Pastikan shampo diberikan secara merata agar bulunya bersih semua.

Perhatikan bagian sensitif tubuh kucing. Jangan sampai shampo mengenai mata, telinga, hidung, mulut, kemaluan, dan lain-lain. Bila sudah selesai, bilas bulu kucing sampai bersih.

Kalau tidak bersih, nanti bulu tersebut bisa ditumbuhi jamur. Selain itu, sisa shampo bisa membuat debu mudah menempel dan bulu jadi tambah kotor.

Baca juga: 12 Cara Grooming Kucing di Rumah dan Alat-alatnya

Kesimpulan

Demikian beberapa shampo manusia yang boleh untuk kucing. Cara memberikan shampo manusia sama seperti shampo kucing. Namun, pastikan airnya menggunakan air hangat.

Pemberian shampo manusia jangan terlalu sering. Berikan shampo manusia saat keadaan darurat dan mendesak saja. Untuk perawatan rutin, kami sarankan tetap menggunakan produk khusus kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!