10 Solusi Kucing Tidak Mau Makan Sampai Lemas dan Sakit

Burungnya.com – Ada yang aneh dengan kucing Anda? Mungkin biasanya dia lahap makan, tapi kenapa sekarang jadi malas makan? Penyebab kucing tidak mau makan cukup bervariasi. Tetapi ada cara yang bisa dilakukan agar kucing mau makan lagi.

Kucing paling suka makanan yang enak. Kemungkinan kucing sudah terlalu bosan dengan makanan yang lama. Anda bisa mencoba makanan lain yang bisa menambah nafsu makannya.

Kami sudah pernah membahas tentang kucing tidak mau makan, tapi akan kami tambah infonya lagi agar lebih lengkap. Soalnya kalau kucing lama tidak makan, dia bisa lemas dan jatuh sakit.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

1. Variasi makanan kucing

Cobalah untuk mengganti makanan kucing dengan berbagai makanan. Jika Anda biasanya memberinya makanan kering, coba gunakan makanan basah kalengan sebagai gantinya.

Atau Anda bisa mencampur makanan kering dan basah. Namun, Anda harus menyadari bahwa memberi makan kucing terlalu banyak makanan basah dapat menyebabkan diare mencret dan feses yang berlebihan.

Baca juga: 5 Makanan Kucing Premium Termahal di Indonesia

2. Dekatkan makanan ke dalam hidung kucing

Terkadang, kucing terlalu malas untuk bergerak dan mendekati makanannya. Nafsu makannya mungkin sedang menurun.

Anda harus memancingnya dengan mendekatkan makanannya ke hidung kucing. Kalau kucing tidak sakit, biasanya kucing langsung mau makan lagi.

3. Menyuapi kucing

Karena itu, ketika kucing Anda terlihat lemah dan malas, jangan ragu untuk memberinya makan dengan cara menyuapinya. Ini adalah kasih sayang untuk kucing domestik. Anda bisa menggunakan sendok kecil, sedotan, atau bahkan spet alat suntik tapi tanpa jarum.

Selanjutnya, masukkan makanan ke dalam mulut kucing. Untuk melakukan ini, tentu saja, Anda perlu memberinya makanan basah, bukan makanan kering.

Anda bisa menambahkan air hangat ke makanan untuk melunakkan makanan dan memudahkan kucing menelan. Beri makan kucing Anda secara perlahan untuk menghindari tersedak.

Kucing Tidak Mau Makan (dailypaws.com)
Kucing Tidak Mau Makan (dailypaws.com)

4. Minum obat sakit mulut khusus kucing

Jika kucing Anda sakit mulut karena tidak mau makan, Anda bisa memberinya obat sakit mulut. Misalnya, salep sariawan yang aman jika tertelan secara tidak sengaja.

Baca juga: 17 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Loading...

5. Suplemen atau vitamin kucing

Seperti anak-anak yang susah makan, biasanya kita berikan vitamin. Kucing juga bisa diberi vitamin untuk menambah nafsu makannya. Anda bisa cek vitaminnya di apotek terdekat.

Misalnya, B kompleks dan lisin dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus mencegah virus herpes dan kucing. Oh iya, carikan vitamin kucing dulu, kalau tidak ada vitamin manusia yang dosisnya untuk anak-anak.

6. Ajak kucing bermain

Jangan biarkan kucing Anda bosan, apalagi jika Anda baru saja mengadopsinya. Ajak kucing Anda bermain, aktivitas bermain ini akan membantunya menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Saat kucing Anda senang, nafsu makannya akan bertambah. Anda bisa mengajak bermain di teras rumah, dalam rumah, hingga taman dekat rumah.

7. Pastikan Anda memiliki tempat yang nyaman

Saat kucing Anda diadopsi untuk pertama kalinya, cobalah untuk menjauhkan mereka dari lingkungan stres dan depresi. Cobalah untuk tidak membiarkan hewan lain menjadi terlalu agresif terhadapnya.

Jauhkan dia dari kucing kampung atau kucing tetangga dulu. Selain itu, berikan kucing Anda tempat tidur yang nyaman agar hewan peliharaan Anda tetap tenang.

8. Bawa kucing ke dokter

Jika Anda masih mengkhawatirkan kucing Anda, tidak ada salahnya untuk segera membawanya ke dokter hewan. Dokter Anda mungkin akan membantu memberikan makanan lewat selang.

Jika kucing Anda benar-benar sakit, dokter mungkin juga akan meresepkan obat atau vitamin yang lebih sesuai untuk kesehatan kucing Anda.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Minum dan Penyebabnya

9. Obat atau vitamin campur ke makanan

Anda dapat meminta resep obat atau vitamin ke dokter hewan. Minta obat yang bisa dicampur dengan makanan kucing. Tanyakan pula takarannya berapa, dan kapan boleh diberikan.

10. Kucing dicarikan makanan yang enak

Cari tahu di grup-grup pecinta kucing, biasanya ada salah satu merek makanan kucing yang paling enak. Walau harganya mahal, coba belikan saja makanan tersebut yang kemasan repack.

Siapa tahu kucing Anda mau makan lagi. Tidak masalah keluar uang lebih banyak, yang penting kucing mau makan dan sehat dulu. Nanti, mau meneruskan makanan tersebut atau menggantinya kembali ke awal, itu tergantung Anda.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Kesimpulan

Demikian beberapa solusi mengatasi kucing tidak mau makan sampai lemas dan sakit. Kucing yang dibiarkan tidak makan dalam beberapa hari akan lemas dan jatuh sakit.

Anda harus bertindak cepat dan mengenali bahwa kucing sedang mogok makan. Dengan begitu, kucing tidak sampai lemas atau sakit. Cara tercepat langsung bawa kucing ke dokter atau klinik hewan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!