3 Solusi Mengatasi Harga Milet Naik dan Mahal

3 Solusi Mengatasi Harga Milet Naik dan Mahal

Burungnya.com – Peternak Lovebird dan burung lainnya mulai resah. Bagaimana tidak, harga milet mulai naik dan mahal. Hal ini berbanding terbalik dengan harga burung Lovebird yang menurun. Pakan burung milet putih diketahui mengalami kenaikan yang signifikan. Setahun yang lalu, harga milet putih kiloan masih Rp 8.000 per kg. Sekarang, harga milet kiloan semakin mahal mencapai Rp 15.000 per kg.

Apa solusi yang harus dilakukan peternak burung untuk mengatasi masalah tersebut? Penangkar burung mulai mencari beberapa alternatif sebagai pengganti milet. Namun, karena ini termasuk makanan utama burung, jadi banyak yang bingung mencari alternatif apa. Kalau harga milet melonjak tajam, biasanya orang-orang Indonesia yang kreatif selalu memiliki jalan keluar.

Kami juga mempunyai solusi untuk mengatasi harga milet yang merangkak naik. Cara yang kami berikan ini bisa Anda coba di rumah dan bisa dipastikan tidak akan mengeluarkan biaya mahal. Apa saja solusinya, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Solusi untuk Mengatasi Harga Milet Mahal

1. Menanam Milet Sendiri

Cara Menanam Milet (youtube.com)
Cara Menanam Milet (youtube.com)

Channel Purro BF telah berbagi video mengatasi harga milet mahal dengan menanam milet sendiri. Katanya, dua biji milet yang berhasil ditanam bisa menghasilkan ratusan milet. Tanaman milet bisa dipanen relatif cepat, yakni dalam waktu 1,5 bulan.

Proses Menanam Milet sampai Panen

Cara menanam milet cukup mudah, singkatnya Anda cukup memisahkan milet yang bagus dan kurang bagus kualitasnya (terapung) dalam air. Setelah itu, keringkan lagi milet, biarkan selama 1 malam, dan besoknya taburkan pada polybag atau tanah semai.

Tabur biji milet di permukaan media tanam atau tanah. Tutupi lagi bagian atasnya dengan tanah tapi jangan terlalu banyak. Siram secara berkala dan tutupi tanah dengan plastik agar tanah selalu lembab. Simpan polybag di tempat teduh. Dalam beberapa hari, tunas milet akan tumbuh.

Kemudian, 2-3 minggu kemudian milet akan berbuah seperti biji padi. Baru setelah milet menguning, kira-kira selama 6 minggu, milet bisa dipanen. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat video berikut:

2. Memanfaatkan Sisa Milet yang Berjatuhan

Sering kali milet Lovebird berantakan di dasar sangkar. Terutama kandang koloni yang besar. Milet akan berceceran di alas sangkar. Jumlahnya sangat banyak, sayang sekali kalau dibuang begitu saja. Anda dapat memanfaatkan milet sisa tersebut untuk diberikan lagi ke Lovebird.

Ya, channel Ternak Lovebird telah berbagi video cara mengolah sisa milet menjadi pakan milet untuk Lovebird. Di tempatnya daerah Sumenep, milet putih sudah langka dan tidak bisa ditemukan di pasaran. Bahkan, sebagian peternak Lovebird mengganti milet dengan jagung.

Pengolahan Sisa Milet

Cara memanfaatkan sisa milet menjadi pakan milet Lovebird, yakni dengan mengambil sisa milet yang berjatuhan dan dipisahkan ke tampah atau wadah yang lebar. Setelah itu, milet tersebut diayak agar terpisah dari kotoran Lovebird.

Kalau milet sudah bersih, cuci milet sama seperti sedang mencuci beras. Jadi, milet disiram air sambil diremas-remas. Kemudian, saring milet dan masukkan ke dalam air lagi. Lakukan penyaringan milet selama beberapa kali sampai milet benar-benar bersih.

Selanjutnya, taruh milet ke tampah lagi dan langsung dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, milet bisa diberikan sebagai pakan Lovebird. Cara ini bisa menghemat pengeluaran dalam membeli milet yang mahal.

Loading...

3. Mengganti Milet dengan Roti Bekas

Untuk mengatasi harga milet yang naik, Om Toni Alamsyah dari Black Bird Keeping (BBK) Cilacap mengganti milet dengan roti bekas atau roti kedaluwarsa. Om Toni tidak mengganti secara keseluruhan, tetapi mencampur milet dengan roti bekas agar lebih hemat.

Caranya, Anda harus mencari roti bekas yang sudah tidak layak dikonsumsi manusia. Roti seperti ini bisa didapat di warung-warung yang menyetok banyak roti atau pabrik roti rumahan serta toko roti. Biasanya mereka akan menjual roti bekas dengan harga murah.

Setelah mendapat roti tersebut, masukkan ke dalam oven. Keringkan roti tersebut, lalu dihancurkan. Selanjutnya, campur roti tadi dengan milet (perbandingan 1 : 1) dan berikan sebagai pakan Lovebird koloni.

Roti Bekas untuk Pengganti Milet yang Mahal (omkicau.com)
Roti Bekas untuk Pengganti Milet yang Mahal (omkicau.com)

Cara Membuat Lovebird Makan Roti

Awalnya, mungkin Lovebird cuma makan milet saja. Hal tersebut tidak masalah karena Lovebird butuh penyesuaian dan latihan makan roti. Lama-lama kurangi jumlah milet, agar Lovebird mulai memakan roti. Kalau sudah berjalan selama 7 hari, pelatihan makan roti ini biasanya berhasil.

Lovebird akan cepat mau makan remahan roti apabila diberikan di kandang koloni. Hal ini karena terdapat burung yang mulai mencoba mencicipi roti, kemudian temannya ikut memakan roti. Akhirnya semua Lovebird makan roti.

Lovebird Makan Roti Bekas untuk Mengganti Milet yang Mahal (omkicau.com)
Lovebird Makan Roti Bekas untuk Mengganti Milet yang Mahal (omkicau.com)

Pakan roti untuk Lovebird koloni sudah dicoba oleh Om Toni Alamsyah dan hasilnya sama seperti Lovebird yang makan milet atau jagung, seperti yang disadur dari Omkicau.com (2/8/2019).

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi harga milet yang sedang meroket dan cukup mahal. Cara-cara ini bisa Anda lakukan semua di rumah atau mencobanya salah satu. Jika Anda belum berani memberi makan Lovebird dengan roti kedaluwarsa, maka cobalah untuk menanam milet atau mengolah sisa milet yang terbuang.

Baca juga: 

Milet putih kemungkinan akan terus naik harganya di sejumlah daerah. Namun, kalau harga milet merah masih stabil atau sama. Belum diketahui sampai kapan harga milet ini akan melejit naik. Yang jelas, para peternak Lovebird sudah mulai stres karena milet mahal dan harga Lovebird menurun tajam.

Semoga solusi sederhana ini bisa membantu para peternak Lovebird. Kalau memang nantinya milet putih mulai langka sama seperti di Sumenep, Anda juga bisa beralih ke jagung atau pakan lainnya. Kicau mania di Indonesia tidak akan mudah putus asa dalam menghadapi masalah seperti ini karena di tahun-tahun sebelumnya juga sudah ada masalah serupa. Jadi teruslah semangat dan rawat burung Lovebird Anda dengan sepenuh hati.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara menanam milet pakan lb
  • menanam milet
  • harga milet
  • cara menanam milet
  • kenapa harga milet mahal
  • Bukalapak
  • mengatassi harga lovebird
  • berapa bulan panin nilet putih
  • pakan lovebird pengganti milet
  • milet mahal

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!