Sosok Peternak Burung Hybrid Kawin Silang Murai Batu dan Kacer

Burungnya.com – Beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang hasil kawin silang Murai Batu dan Kacer. Sekarang mari kita jalan-jalan virtual ke lokasi kandang ternaknya sambil melihat sosok peternak kawin silang (Murka) Murai Batu vs Kacer.

Murai Batu dan Kacer dikawinkansilang karena alasan yang sederhana, yaitu iseng. Nama peternak burung Murai Batu dan Kacer ini adalah Suratno.

Walaupun iseng, tapi terlihat jelas bahwa dia merupakan penangkar burung yang sudah berpengalaman. Dilihat dari kandang ternaknya, memang banyak sekali. Bahkan ada 20 pasang indukan Murai Batu di sana.

Bagian dalam kandang dibuat alami, dengan pencahayaan dan kelembaban yang mirip sekali dengan alam aslinya. Sehingga wajar, Murai Batu dan Kacer akhirnya bisa disilangkan.

Baca juga:

Silangan Murai Batu vs Kacer

Bagaimana cara mengawinkan Murai Batu dan Kacer? Pasti banyak yang penasaran, bagaimana caranya bisa mengawinkan burung Murai Batu dengan Kacer?

Jawaban Suratno cukup simpel, yaitu iseng-iseng aja. Kedua burung cukup dijodohkan biasa sama seperti burung kicau lainnya.

Indukan Murai Batu Jantan dan Kondisi Kandang
Indukan Murai Batu Jantan dan Kondisi Kandang

Jenis Kelamin Indukan Murai Batu dan Kacer

Indukan Murai Batu berkelamin jantan sedangkan indukan Kacer kelaminnya betina. Usianya sekitar 2-3 tahunan.

Murai Batu jantan dari jenis Murai Batu Medan. Sementara Kacer berasal dari Kacer lokal ternakan penangkar di Palembang.

Berapa Lama Proses Kawin Silang Murai Batu dan Kacer?

Ternyata ini bukan kawin silang burung yang instan. Suratno butuh waktu sekitar 4 tahunan sampai bisa menghasilkan 3 anakan burung hybrid Murai Batu x Kacer atau disebut Murka.

Indukan Kacer Betina Ganti 3 Kali

Murai Batu sebagai indukan pejantan sudah membantai dua indukan Kacer betina. Jadi, indukan Kacer betina sudah ganti 3 kali.

Baru Kacer ketiga ini yang bisa membuat Murai Batu pejantan luluh dan jatuh cinta. Akhirnya baru didapatkan tiga anakan Murai Batu vs Kacer.

Anakan Burung Hybrid 3 Ekor

Anakan pertama dan kedua sudah cukup kelihatan bahwa ada perpaduan antara Murai Batu dan Kacer.

Sementara anakan ketiga dibeli oleh seorang teman di Jogja dalam kondisi masih trotol. Sehingga tidak ketahuan apakah burung hybrid tersebut lebih mirip ke Murai Batu atau Kacer.

Anakan burung hybrid pertama dan kedua sering sekali ditawar peternak dan pembeli, tapi memang tidak dijual. Soalnya, burung-burung ini mau diternak kembali.

Anakan Pertama Murai Batu vs Kacer Dikawinkan dengan 2 Murai Batu Betina
Anakan Pertama Murai Batu vs Kacer Dikawinkan dengan 2 Murai Batu Betina

Kawin Silang Murai Batu Kacer Sering Dibilang Hoax

Awalnya banyak yang tidak percaya dan dibilang hoax ada anakan burung hasil kawin silang Murai Batu dan Kacer. Sebab, ada juga burung di luar negeri yang fisiknya mirip dengan Murai Batu dan Kacer.

Setelah Suratno menunjukkan dokumentasi proses kawin, waktu trotol, sampai burung besar, akhirnya perlahan banyak orang yang percaya.

Peternak Murai Batu vs Kacer Pertama di Indonesia

Dari situ disimpulkan bahwa Suratno merupakan satu-satunya peternak atau penangkar yang bisa mengawinsilangkan burung Murai Batu dan Kacer.

Sebab, banyak sekali orang yang tidak percaya dan tidak ada netizen yang menunjukkan ada penangkar lain seperti itu.

Mungkin Suratno jadi peternak Murai Batu vs Kacer pertama di Indonesia bahkan di dunia. Kami belum mengecek apakah di negara lain juga ada peternak seperti Suratno, tapi kemungkinan memang belum ada.

Rencana Ke Depan Suratno

Suratno masih mempunyai mimpi yang luar biasa mengagumkan. Hasil anakan Murai Batu dan Kacer tadi masih memiliki ekor pendek.

Sehingga Suratno akan mengawinsilangkan lagi anakannya dengan indukan Murai Batu. Siapa tahu hasilnya nanti bisa memiliki anakan burung hybrid dengan ekor panjang.

Bahkan Suratno juga ingin mengawinkan Murai Batu dengan Cendet atau Pentet. Ini masih sekadar mimpi dan bila nanti sudah ada hasilnya, akan kami informasikan lagi.

Kesimpulan

Demikian sosok penangkar burung hybrid kawin silang Murai Batu dan Kacer atau Murka. Nama penangkarnya Suratno yang tinggal di Palembang.

Suratno sudah menjalankan bisnis ternak Murai Batu dengan indukan 20 pasang dan tanaman hias. Kawin silang Murai Batu dan Kacer cuma iseng saja.

Kesulitan ternak burung hybrid tersebut adalah waktu yang lama dan banyak telur yang zonk. Jadi dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi sampai bisa menghasilkan anakan burung Murai Batu vs Kacer yang unik.

Informasi berharga ini didapat dari channel YouTube OM LUPUS. Berikut video selengkapnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.