26 Suara Masteran Burung yang Dilarang Untuk Isian Murai Batu

Burungnya.com – Ada cukup banyak suara masteran burung untuk suara isian Murai Batu. Namun, tidak semuanya bagus untuk burung tersebut. Sebagian suara isian tersebut justru tidak baik untuk suara kicauan Murai Batu di lomba. Oleh karena itu, kicau mania dilarang menggunakan beberapa suara masteran burung ini untuk memaster Murai Batu.

Mengapa suara isian burung ini haram untuk masteran Murai Batu? Alasannya karena efeknya tidak bagus untuk Murai Batu lomba. Selain itu, terkadang suara-suara isian tersebut dinilai kurang indah di telinga juri.

Baca juga: 10 Terapi Memaksimalkan Suara Murai Batu dalam 2 Minggu

Suara Masteran Burung yang Tidak Bagus untuk Murai Batu

Suara Masteran Burung Murai Batu (mulierchile.com)
Suara Masteran Burung Murai Batu (mulierchile.com)

Dalam hal ini hasilnya mungkin berbeda-beda untuk setiap burung. Jadi, kalau kami mengatakan tidak bagus, terkadang malah bagus untuk jenis burung tertentu. Maka dari itu, sesuaikan saja suara masteran ini pada burung Murai Batu Anda. Jika terdengar tidak bagus, dan malah rusak, maka segera hentikan proses pemasteran.

1. Burung Serindit

Suara burung Serindit sebenarnya bagus untuk memaster Murai Batu, tapi terkadang paruhnya tidak membuka saat berkicau dengan isian burung Serindit. Jadi, burung Murai Batu jarang terpantau juri. Terlebih, Murai Batu isian burung Serindit jarang sekali bergaya atau ngeplay di lapangan.

2. Burung Gereja

Burung Gereja bagus untuk memaster Murai Batu, khususnya suara ngerol nrecet. Namun, suara isian burung Gereja kurang bagus jika dibawakan hanya pada awalnya saja, atau suara crek-crek.

3. Burung Tengkek Buto

Suara isian burung Tengkek Buto kurang bagus untuk Murai Batu karena terdengar pendek. Apalagi kalau dibawakan di perlombaan, suaranya jadi terdengar jelek. Kalau Murai Batu bisa membawakan suara ngerol kekekek burung Tengkek yang panjang, tentu hasilnya lebih bagus.

4. Burung Elang

Pernah mendengar suara burung Elang? Nah, suara burung ini bagus untuk masteran Murai Batu kalau dibawakan panjang dan berulang-ulang. Manfaat suara burung Elang bisa membuat burung lain ketakutan, tapi dinilai buruk oleh para juri.

5. Burung Parkit

Burung yang mirip Lovebird ini bagus untuk masteran Murai Batu, khususnya suara trecetnya. Namun, kalau Murai Batu membawakan suara Parkit yang patah-patah, maka hasilnya kurang bagus.

6. Burung Prenjak

Suara burung Prenjak sebenarnya cukup menarik untuk memaster Murai Batu, tapi kurang bagus dan kurang menonjol untuk main di lapangan.

7. Burung Jalak Suren

Jalak Suren dikenal memiliki suara yang indah dan tajam. Namun, kurang bagus untuk isian Murai batu karena suaranya patah-patah. Murai Batu dengan isian Jalak Suren cukup jarang berkicau ngerol atau panjang.

Loading...

8. Burung Jalak Kebo

Suara Burung Jalak Kebo juga hampir sama dengan Jalak Suren, yaitu patah-patah. Sehingga suara burung ini kurang bagus untuk memaster Murai Batu.

9. Burung Cucakrowo

Lebih baik jangan menggunakan isian suara burung Cucakrowo untuk masteran Murai Batu karena jarang dikeluarkan di perlombaan.

10. Burung Ciblek

Burung kecil ini mempunyai suara khas patah-patah, sehingga tidak bagus untuk Murai Batu.

11. Burung Anis Kembang

Kalau untuk Anis Kembang, mungkin terdengar bagus. Namun, kalau untuk masteran Murai Batu, kurang bagus karena suaranya patah-patah.

12. Burung Anis Merah

Sama dengan burung Anis Kembang, suara burung Anis Merah juga terdengar patah-patah, sehingga tidak bagus untuk burung Murai Batu.

13. Burung Kutilang

Jika ingin Murai Batu terdengar menonjol di lomba, maka jangan menggunakan isian burung Kutilang.

14. Burung Trucukan

Omkicau.com tidak menyarankan kicau mania menggunakan burung Trucukan untuk masteran Murai Batu karena mungkin suaranya terdengar pendek-pendek.

15. Burung Kacer

Suara burung Kacer memang indah, tapi kurang cocok untuk Murai Batu.

16. Burung Blackthroat

Sebenarnya, suara burung ini bagus karena bisa ngerol panjang. Akan tetapi, Murai Batu cukup sulit menirukan suara burung Blackthroat.

17. Burung Cucak Hijau

Jika berkicau, suara Cucak Ijo terdengar pendek, jadi kurang bagus untuk Murai Batu.

18. Burung Betet

Burung-burung seperti ini kurang sesuai dengan karakter Murai Batu.

19. Burung Beo

Burung yang pintar menirukan suara manusia ini tidak terlalu bagus untuk masteran Murai Batu.

20. Burung Perkutut

Suara burung Perkutut terlalu mengalun-alun, jadi kurang fighter untuk jenis burung Murai Batu.

21. Burung Derkuku

Sama seperti Perkutut, suara burung Derkuku termasuk jenis suara anggungan jadi kurang pas untuk isian Murai Batu.

22. Ayam

Suara ayam terdengar menggelegar, tapi tidak bagus untuk Murai Batu.

23. Siulan Manusia

Kalau mau memaster Murai Batu, lebih baik jangan memakai siulan karena dampaknya kurang bagus.

24. Burung Helda Sanger

Burung yang masih berkerabat dekat dengan Kenari ini kurang bagus untuk isian Murai Batu.

25. Suara Kucing

Dari jenisnya sudah berbeda, maka suara kucing kurang tepat untuk masteran Murai Batu.

26. Suara Anjing

Apalagi suara anjing yang terdengar ganas dan pendek-pendek, justru malah merusak kualitas suara Murai Batu.

Baca juga: Cara Mudah Memaster Murai Batu Versi Bang Boy BnR

Demikian beberapa suara masteran burung dan hewan lain yang tidak bagus untuk isian Murai Batu, seperti yang disadur dari Omkicau.com (21/1/2011). Kalau Anda ingin memaster Murai Batu dengan hasil yang memuaskan, lebih baik gunakan suara isian burung Cililin, Cucak Jenggot, Lovebird, Kenari, dan burung Pelatuk.

Anda dapat memaster burung Murai Batu dengan mencarinya audionya di internet. Mudah sekali caranya, cukup ketik di Google ‘download kumpulan suara burung MP3‘ atau ‘download suara burung MP3‘, maka akan banyak sekali suara masteran burung yang muncul. Anda tinggal memilih jenis burungnya, kemudian download.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • isian yg di larang murai batu
  • download suara burung jalak suren isian murai
  • Suara burung blackthroat patah patah

Berikan komentar