15 Suara Masteran Kacer Terbaik dan Cara Memasternya

Burungnya.com – Suara burung Kacer terdengar gacor dan merdu. Burung ini juga mudah meniru suara burung lain. Tak heran, banyak kicau mania yang memperdengarkan masteran suara burung lain agar bisa ditiru oleh burung Kacer. Kalau sudah gacor, burung Kacer akan dihargai sangat mahal. Apalagi kalau burung tersebut sudah menang berbagai lomba, pasti harganya melonjak naik.

Lantas, suara isian masteran apa saja yang cocok untuk burung Kacer? Ada beberapa masteran burung Kacer yang dianggap baik. Harapannya setelah suara tersebut tersimpan di otak, maka kemampuan berkicau burung Kacer menjadi lebih bagus lagi.

Suara Masteran Kacer Terbaik

  1. Cucak Rowo
  2. Burung Gereja
  3. Kenari
  4. Belalang
  5. Jangkrik
  6. Cililin
  7. Prenjak Betina
  8. Kolibri
  9. Kapas Tembak
  10. Branjangan
  11. Lovebird
  12. Gelatik Batu
  13. Cucak Jenggot
  14. Jalak Suren
  15. Sikatan Londo
Suara Masteran Kacer dan Cara Memaster yang Benar (flickr.com)
Suara Masteran Kacer dan Cara Memaster yang Benar (flickr.com)

Cara Memaster Burung Kacer

1. Pahami Karakter Kacer

Perhatikan karakter burung Kacer dulu sebelum melakukan pemasteran. Minimal Anda harus mengetahui apa yang diketahui burung Kacer dan apa yang tidak disukai. Tujuan dari pemahaman karakter ini agar Anda lebih mudah memasukkan suara burung lain ke otaknya.

Contoh sederhana, burung Kacer suka dijemur atau dimandikan. Kemudian, makanan apa yang disukai burung Kacer. Bila ada sesuatu yang tidak disukai burung Kacer, maka tinggalkan saja. Berikan apa yang paling disukai Kacer agar dia merasa senang.

2. Kapan Waktu Memaster Kacer

Burung Kacer sebaiknya dimaster saat dia sedang tidak aktif. Artinya pemasteran Kacer dilakukan saat burung sedang istirahat, tidur, mabung, hingga waktu malam hari.

Mengapa pemasteran harus dilakukan saat burung tidak aktif? Sudah pasti agar burung bisa berkonsentrasi menyerap suara burung lain dan disimpan di memori otaknya.

Dalam kondisi nyatanya, Anda dapat memaster Kacer pada malam hari setelah solat Isya atau sekitar jam 19.00. Kalau Anda tidak punya burung asli, putar saja suara MP3 atau video YouTube.

Putar suara dengan volume pelan yang penting mengalun-alun dan terdengar jelas oleh burung Kacer. Jangan memutar suara burung yang terlalu fighter dengan suara keras, nanti burung Kacer Anda bisa ketakutan dan drop mental.

3. Di mana Lokasi Tempat Pemasteran Kacer

Lokasi yang tepat untuk memaster Kacer yaitu di tempat yang sepi dan tenang. Boleh memaster burung di luar rumah atau di dalam rumah. Saran kami lakukan pemasteran di dalam rumah karena lebih aman dan tenang. Apalagi kalau Anda tinggal di rumah dengan anggota keluarga yang sedikit.

Lakukan pemasteran secara rutin di tempat yang sunyi. Audio suara masteran Kacer diputar berulang-ulang menggunakan smartphone atau MP3 player. Ingat volume suaranya pelan saja, yang penting burung bisa mendengarnya.

Loading...

4. Pemasteran Langsung dan Tidak Langsung pada Kacer

Anda bisa memilih mau memaster Kacer secara langsung atau tidak langsung. Bila tidak langsung, maksudnya Anda bisa menggunakan suara MP3 player. Jenis burung yang bisa digunakan adalah Kolibri, burung Gereja, Gelatik Batu, dan Branjangan.

Sementara suara burung langsung atau asli burung nyata bisa menggunakan Cililin, Kolibri, Gelatik Batu, dan Kapas Tembak.

5. Jeda Masteran Rapat dan Cepat

Kalau bisa burung yang memiliki suara kicauan rapat dan cepat. Suara burung seperti ini biasanya dimiliki oleh Blackthroat. Jadi, Anda dapat menggunakan suara Blackthroat untuk memaster Kacer.

Sekarang sudah banyak suara masteran Blackthroat di YouTube, Anda bisa memutarnya dari smartphone atau laptop. Kalau memutarnya pakai laptop, jangan lupa diatur loop, agar video mengulang otomatis.

6. Cara Menaikkan Suara Kacer Lebih Keras

Suara Kacer Anda sudah bervariasi tapi kurang ngotot dan keras. Anda dapat memaster burung dengan suara burung Kolibri kasar. Burung tersebut mempunyai tipikal suara yang lantang dan keras. Sehingga apabila burung Anda menirukan suaranya pasti akan ketularan keras dan kasar.

7. Hindari Memaster Kacer Siang Hari yang Panas

Mengapa Anda dilarang memaster Kacer pada waktu siang hari yang panas? Alasannya sudah pasti karena burung sedang dalam keadaan aktif. Burung yang aktif lebih fokus pada suaranya sendiri. Sehingga dia seolah tidak bisa mendengar suara burung lain.

Jadi, bisa dibilang sia-sia memaster burung siang hari, karena suara tersebut tidak akan bisa terekam di ingatan burung. Lebih baik Anda bersabar sedikit dan memaster burung Kacer pada malam hari sampai pagi.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa suara masteran burung Kacer terbaik dan cara memasternya. Suara burung untuk masteran Kacer sudah dipilih yang bagus. Sehingga, bila Anda memasternya dengan suara tersebut pasti hasilnya sangat bagus.

Kendati demikian, Anda juga harus bersabar karena proses pemasteran ini tidak bisa berjalan secara instan. Paling tidak Anda harus menunggu selama berminggu-minggu agar suara masteran burung lain bisa masuk ke ingatan burung Kacer Anda.

Lebih bagus lagi, apabila Anda memaster burung Kacer yang masih muda atau anakan. Burung muda lebih mudah dimaster karena belum memiliki suara yang khas. Kalau burung tua atau dewasa biasanya sudah memiliki khas suara tersendiri sehingga sulit dimaster dengan burung lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Masteran kacer burungnya com
  • Suara kacer
  • www masteran kacer terbaik com

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!