Sukses Ternak Burung Murai Batu dengan Tempe

Burungnya.com – Kesuksesan dalam beternak burung Murai Batu biasanya karena pengalaman. Namun, walau belum punya pengalaman banyak, Anda juga bisa ternak Murai sampai sukses. Caranya dengan bertanya ke ahli, penangkar berpengalaman, sharing ke komunitas, dan lain-lain.

Dengan begitu, Anda bisa sukses ternak burung tanpa harus menunggu selama bertahun-tahun. Dari situ, Anda juga akan mengetahui tips ternak Murai Batu, trik menangani masalah, hingga merawat burung mulai dari pemilihan indukan sampai burung menetas.

Hal ini sampai seperti Fadli Blend yang bisa dengan mudah referensi ternak Murai dari teman-temannya. Dia langsung mencoba ternak burung mengandalkan lahan kosong di samping rumah.

Coba Ternak Murai Batu

Nah, om Fadli ini awalnya cuma coba-coba saja. Dia memanfaatkan lahan kosong di samping rumah. Kemudian dibuatlah dua kandang ternak Murai Batu.

Untuk indukan, ada yang dirawat sendiri mulai dari trotol, satunya lagi beli burung prestasi dari teman. Ya, indukan Murai jantan hasil rawatan sendiri dari trotol. Sedangkan yang betina beli dari teman yang kebetulan prestasi.

Proses Penjodohan Murai Batu

Banyak orang bilang, proses penjodohan Murai Batu sulit dan lama. Namun, Fadli dapat menjodohkan indukan Murai Batu jantan dan betina dalam waktu seminggu.

Ternyata kendala Fadli terletak pada proses penetasan telur. Sudah berkali-kali indukan bertelur tapi zonk atau tidak ada isinya.

Masalah Telur Murai Batu Tidak Menetas

Telur yang tidak menetas sudah menjadi masalah klasik setiap penangkar. Biasanya peternak pemula memang mengalami kesulitan karena tidak mengetahui solusinya.

Padahal yang mempengaruhi telur menetas ada banyak faktor. Bagi penangkar yang kurang jeli dan teliti, pasti akan kesulitan keluar dari masalah tersebut.

Tempe untuk Makanan Murai Batu

Perlu Anda ketahui, indukan burung Murai Batu seharusnya diberi asupan makanan yang sangat bergizi selama proses kawin, mengeram, hingga bertelur. Sebab, masa-masa ini sangat penting untuk menentukan telur berkembang sempurna atau tidak.

Nah, salah satu makanan yang kaya protein adalah tempe. Mungkin Anda jarang mendengar burung Murai Batu makan tempe. Sebab, tempe sering dikonsumsi manusia.

Ternyata tempe bisa membuat telur lebih kuat dan sehat. Sehingga anakan burung Murai bisa tumbuh lebih sehat di dalam telur. Tempe mengandung banyak protein yang bisa membuat telur isi dan tidak zonk.

Sukses Ternak Murai Batu dengan Tempe (mediaronggolawe.id)
Sukses Ternak Murai Batu dengan Tempe (mediaronggolawe.id)

Cara Memberikan Tempe Sebagai Makanan Burung

Namun, tempe tidak diberikan secara langsung kepada burung Murai Batu. Anda harus memberikan makanan tersebut melalui pihak ketiga yaitu jangkrik.

Loading...

Ya, jangkrik bisa dijadikan media untuk memberikan pakan tempe kepada Murai Batu. Caranya, jangkrik-jangkrik dikarantina dulu di kandang khusus. Kemudian makanan jangkrik diganti dengan tempe mentah.

Setelah itu, keesokan harinya jangkrik tersebut dijadikan makanan ternak Murai Batu. Ini sama seperti Murai Batu makan tempe tapi melalui perantara jangkrik.

Nah, dari sini akhirnya telur-telur bisa menetas sempurna. Jadi telur invertil sekarang jadi vertil semua. Anakan Murai Batu tumbuh sehat dan mewarisi genetik indukannya.

Kandungan Gizi Tempe

Data komposisi pangan Indonesia dari Kementrian Kesehatan RI menyebutkan bahwa 100 gram tempe mempunyai kandungan gizi yang luar biasa.

  • Energi: 150 kal
  • Natrium: 7 mg
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat : 1,4 gram
  • Fosfor: 202 mg
  • Protein: 14 gram
  • Lemak: 7,7 gram
  • Kalsium: 517 mg

Kesimpulan

Demikian kisah sukses ternak Murai Batu dengan tempe. Bagi Anda yang merasa sering gagal dalam beternak burung, coba sekali-kali berikan tempe pada jangkrik. Kemudian jangkrik dijadikan pakan tambahan ternak Murai, pasti hasilnya memuaskan.

Baca juga:

Setelah itu, lihat kandungan gizi tempe. Banyak protein di dalam tempe yakni 14 gram. Jadi, burung Murai Batu yang mengonsumsi tempe akan memiliki telur super sehat dan kuat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!