Syarat Bawa Kucing dan Burung di Pesawat Terbang

Burungnya.com – Kalau mau pergi jauh naik pesawat terbang, rasanya ingin bawa kucing dan burung. Namun, syarat bawa kucing burung di pesawat terbang apa saja?

Kemudian maskapai penerbangan di Indonesia apakah memperbolehkan bawa hewan seperti itu?

Banyak orang yang menanyakan hal tersebut. Mungkin mereka tidak tega meninggalkan kucing dan burung sendirian di rumah.

Walau sekarang sudah banyak jasa penitipan hewan. Namun, rasanya masih belum tenang bila pergi jauh tanpa hewan kesayangan.

Sebenarnya kucing dan burung bisa dibawa naik pesawat terbang, tapi ada syaratnya.

Baca juga:

Syarat Bawa Kucing dan Burung di Pesawat Terbang

Ya, penumpang pesawat terbang, tidak hanya barang dan manusia, tapi hewan juga boleh naik asalkan sudah sesuai dengan peraturan.

Nah, setiap maskapai penerbangan di Indonesia memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Syarat Naik Pesawat Terbang Bawa Kucing dan Burung
Syarat Naik Pesawat Terbang Bawa Kucing dan Burung

1. Garuda Indonesia

Untuk maskapai Garuda Indonesia, bawa hewan peliharaan dibolehkan dalam penerbangan domestik Garuda Indonesia (GA).

Pengangkutan hewan mamalia (peliharaan) diperbolehkan di dalam penerbangan domestik Garuda Indonesia, dengan ketentuan sebagai berikut:

Dapat diterima sebagai bagasi terdaftar saja. GA tidak akan menerima hewan untuk diangkut di kabin penumpang.

Dapat diterima hanya untuk penerbangan domestik GA, dengan durasi penerbangan tidak lebih dari 2 jam, tapi tidak dalam rute yang dimiliki oleh pesawat ATR72-600.

Dapat diterima hanya untuk penerbangan langsung, tidak transit, dan tidak ada pergantian pesawat dari tempat asal menuju ke tempat tujuan.

Tidak bisa diterima pada pesawat ATR72-600.

GA tidak menerima pengangkutan hewan yang langka atau terancam punah. GA memiliki peraturan ketat untuk hanya menerima pengangkutan hewan peliharaan (e.g.: anjing, kucing, marmut, yang ditempatkan di dalam ruangan).

Penumpang yang ingin membawa hewan hidup sebagai bagasi terdaftar harus melapor pada konter check-in paling lambat 1 jam sebelum jadwal waktu keberangkatan (STD – Scheduled Time of Departure)

Penumpang harus mempersiapkan kontainer atau peti kayu/kandang untuk hewan peliharaan mereka sendiri. GA tidak akan menyediakan kontainer.

Penumpang bertanggung jawab untuk memberi makan, minum dan membersihkan hewan peliharaan dan juga kandangnya.

Maksimal berat hewan (sudah termasuk kontainer/peti kayu/kandang) untuk diangkut sebagai bagasi terdaftar adalah 32 kg. Jika melebihi 32 kg, harus diangkut sebagai kargo.

PETI KAYU

Semua hewan peliharaan yang diterima untuk pengangkutan harus disimpan di dalam peti kayu atau kandang, yang anti bocor dan dilengkapi dengan kunci gembok.

Peti kayu atau kandang harus memiliki ventilasi dan ruang yang cukup untuk hewan dapat bergerak di dalam peti kayu atau kandang.

Keduanya, berat hewan dan kandang tidak dihitung sebagai bagian dari alokasi bagasi gratis.

Anjing “Seeing Eye” dan Anjing “Hearing” diperbolehkan untuk diangkut dan diberlakukan bebas biaya (FOC).

DOKUMEN

Pada saat check-in, penumpang harus mempersiapkan:

Sertifikat Hewan Peliharaan.

Sertifikat Kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Kantor Karantina.

Izin untuk memasuki atau transit suatu negara dan harus diperoleh sebelumnya (hanya untuk anjing, kucing). Namun, karena GA hanya menerima pengangkutan dengan sektor domestik, maka ini tidak perlu.

Tiket laporan kelebihan bagasi.

BIAYA

Biaya kelebihan bagasi dengan minimum 5 kg, selalu dikarenakan semua hewan domestik (termasuk kontainer / peti kayu / kandang) terlepas dari apakah bepergian di bawah alokasi berat yang sudah ditentukan.

Biaya pembayaran untuk hewan peliharaan sebagai bagasi terdaftar dihitung berdasarkan berat aktual hewan peliharaan juga termasuk kontainernya, dengan biaya minimum 5 (lima) kilogram.

2. Lion Air

Burung Elang naik pesawat (reddit.com)
Burung Elang naik pesawat (reddit.com)

Jika Anda ingin membawa hewan peliharaan naik maskapai Lion Air Group, maka Anda harus mengikuti syarat bawa kucing dan burung di pesawat terbang tersebut.

Hanya Khusus Penerbangan Lion Air rute Domestik.

Hewan peliharaan dalam kondisi Sehat, Bersih dan Tidak Hamil.

Ditempatkan di dalam kandang anti bocor dan dilengkapi dengan kunci.

Menyertakan Surat karantina asli yang menyatakan hewan peliharaan bebas dari penyakit dan bukan termasuk dalam hewan yang dilindungi.

Masa berlaku Surat karantina 1 (satu) hari dari diterbitkannya surat.

Berat hewan dan kandang termasuk dalam bagasi berlebih yang dihitung per kilogram (KG) dengan minimal perhitungan 5 (lima) KG, selebihnya sesuai dengan berat aktual (berat meliputi kandang).

Berat hewan dan kandang tidak termasuk dalam Bagasi cuma-cuma (Free Baggage Allowance) dan agasi prabayar (prepaid baggage).

Berapa Tarif yang dibutuhkan untuk membawa Hewan peliharaan?

Berikut adalah Perhitungan Tarif untuk membawa Hewan Peliharan:

Berat Hewan dan kandang termasuk dalam bagasi berlebih yang dihitung per kilogram (KG) dengan minimal perhitungan 5 (lima) KG
– Contoh berat hewan dan kandang 3 KG kurang dari berat minimum, maka tarif yang dikenakan pelanggan setia tetep 5 KG berat minimum

Berat Hewan dan kandang lebih dari berat minimum (5 KG) akan dihitungkan sesuai dengan berat hewan dan kandang secara aktual.
– Contoh berat hewan dan kandang 8 KG lebih dari berat minimum, maka tarif yang dikenakan pelanggan setia tetap 8 KG sesuai dengan berat aktual.

Berat hewan dan kandang tidak termasuk dalam Bagasi cuma-cuma (Free Baggage Allowance) dan tidak termasuk dalam Bagasi berbayar (Prepaid Baggage).

Jadi syarat bawa kucing dan burung di pesawat terbang memang cukup merepotkan. Soalnya, kita harus menyiapkan segala perlengkapannya sendiri.

Belum lagi sertifikat kesehatan dan sertifikat bawa hewan yang harus diurus satu persatu. Alangkah lebih praktis bila hewan peliharaan dititipkan saja di sanak saudara atau penitipan hewan di kota Anda.

Kesimpulan

Demikian beberapa syarat bawa kucing dan burung di pesawat terbang Garuda Indonesia dan Lion Air.

Untuk maskapai penerbangan yang lain, seperti Citilink dan Air Asia sepertinya tidak mengizinkan penumpang membawa hewan, walau di bagasi sekalipun.

Hanya saja, ada pengecualian untuk maskapai Air Asia, karena mereka masih mengizinkan hewan servis masuk pesawat terbang. Hewan ini khusus untuk penerbangan AirAsia India (penerbangan i5) dan AirAsia Jepang (penerbangan DJ).

Dikutip dari Americans with Disabilities Act (ADA) hewan servis maksudnya hewan yang terlatih untuk membantu individu penyandang disabilitas.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Referensi:

  • https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/sales-promotion/ancillary/baggage/kelebihan-bagasi
  • https://lionairgroupsupport.freshdesk.com/support/solutions/articles/70000468359-ketentuan-membawa-hewan-peliharaan-
  • https://lionairgroupsupport.freshdesk.com/support/solutions/articles/70000468361-penghitungan-tarif-hewan-peliharaan-sebagai-bagasi-
Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.