Tahun Baru Imlek, Warga Melepas Burung Pipit Untuk Buang Sial

Tahun Baru Imlek, Warga Melepas Burung Pipit Untuk Buang Sial

Burungnya.com – Sebentar lagi warga Tionghoa merayakan Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Imlek. Dalam perayaan tersebut terdapat sebuah tradisi unik yaitu melepas burung Pipit. Biasanya warga melepas burung Merpati, mengapa di Tahun Baru Imlek, umat Tionghoa justru melepas burung Pipit?

Ternyata tradisi melepas burung Pipit alasannya untuk membuang sial atau memohon ampunan kepada yang kuasa. Menurut pengurus Kelenteng Xian Ma, Rubiyanto di Jalan Sulawesi, Makassar, ritual melepas burung Pipit ke alam dipercaya dapat memberikan pengaruh kepada peruntungan dan kehidupan. Hal ini harus dilakukan dengan sikap belas kasih agar keseimbangan alam terjaga.

Tradisi membeli dan melepaskan burung Pipit ini disebut Fang Sheng. Tradisi seperti ini sudah dilakukan warga Tiongkok sejak 2.300 tahun silam.

Baca juga: Peluang Bisnis Burung Pipit Pelangi Lengkap dengan Analisa Usaha

Penjual Burung Pipit Untung

Melepas Burung Pipit untuk Buang Sial (detik.com)
Melepas Burung Pipit untuk Buang Sial (detik.com)

Salah satu penjual burung Pipit, Daeng Sila 32 tahun mengaku beruntung menjual burung Pipit di acara perayaan tahun baru Imlek. Sebab, peningkatan penjualan burung Pipit bisa mencapai 10 kali lipat ketimbang hari-hari biasa.

Loading...

Dalam hitungan kurang lebih 7 hari, pedagang burung Pipit ini bisa menjual sekitar 5.000 ekor. Burung-burung Pipit ini ditangkap di kawasan sawah di Kabupaten Jeneponto menggunakan jaring khusus.

Harga Burung Pipit

Harga burung Pipit untuk merayakan hari Raya Imlek adalah Rp 3.000 per ekor. Sementara hari biasa, Daeng Sila cuma menjual burung Pipit dengan harga Rp 1.000 per ekor.

Demikian tradisi melepas burung Pipit saat perayaan Tahun Baru Imlek. Burung Pipit ini dilepas sebagai tanda untuk membuang sial. Setiap orang tidak perlu melepas banyak burung Pipit. Biasanya per orang cukup melepaskan 10 ekor burung Pipit untuk merayakan tradisi Fang Sheng.

Tahun-tahun sebelumnya, harga burung Pipit per ekor Rp 3.000. Untuk tahun 2019, belum diketahui harganya berapa. Apakah harga burung Pipit akan mengalami kenaikan atau tidak.

Baca juga: 22 Jenis Burung Termurah Mulai Harga Rp 1.000 – Rp 50.000

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • buang sial pakai burung terkutuk berapa ekor
  • melepas burung

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!