6 Taman Burung di Indonesia Paling Indah untuk Liburan

6 Taman Burung di Indonesia Paling Indah untuk Liburan

Burungnya.com – Liburan keluarga akan semakin bermakna dan bernilai positif bila perginya ke taman burung. Selain bisa menyegarkan otak, kicauan burung dapat menghilangkan stres. Saat ini terdapat beberapa taman burung di Indonesia yang isinya burung-burung dari seluruh daerah di Indonesia dan mancanegara.

Masyarakat sudah mulai dekat dengan berbagai burung, terutama laki-laki. Namun, banyak wanita dan anak-anak kurang mengenal burung. Oleh karena itu, dibuatlah taman burung untuk melestarikan berbagai jenis burung sambil dijadikan sarana untuk belajar mengenal burung.

Burung-burung yang tinggal di taman ini selalu dicintai dan disayangi. Perawatan burung di sana juga terjamin sehingga burung menjadi sehat.

Baca juga: 5 Jenis Burung Peliharaan yang Cocok Untuk Keluarga dan Anak Kecil

Pengunjung juga bisa membantu merawat burung dengan memberikan pakan berupa biji dan buah-buahan.

Taman Burung di Indonesia

1. Taman Burung TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mempunyai taman burung tertua karena sudah ada sejak tahun 1976. Burung-burung di taman burung TMII didatangkan dari beberapa daerah. Semua burung ditempatkan di sembilan kubah besar.

Taman Burung TMII (fenifah.blogspot.com)
Taman Burung TMII (fenifah.blogspot.com)

Koleksi burung tertata rapi dan disesuaikan berdasarkan zona penyebaran burung. Di sana terdapat sekitar 175 jenis burung dengan koleksi burung mencapai ribuan ekor. Taman burung yang dilengkapi kafetaria dan kolam ikan ini buka setiap hari pukul 08.00.

2. Taman Burung Bali

Jika Anda ingin melihat penangkaran burung dan koleksi berbagai jenis burung, maka pilihan yang tepat adalah datang ke taman burung Bali (Bali Bird Park).

Ini merupakan taman burung yang berlokasi di Singapadu, Gianyar, Bali. Taman burung atau kebung binatang khusus burung mempunyai penangkaran sama seperti taman burung TMII.

Taman Burung Bali (hargatiket.net)
Taman Burung Bali (hargatiket.net)

Koleksi burung di sini mencapai 1.000 ekor, dengan 250 spesies. Tidak hanya burung lokal dari Indonesia, Bali Bird Park juga menghadirkan burung-burung dari negara lain seperti Australia, Amerika Selatan, dan Afrika.

Untuk pergi ke sana, Anda dapat membeli tiket masuk sebesar Rp 385 ribu. Bali Bird Park dibuka pukul 09.00-17.30. Lebih lengkapnya bisa dilihat di Instagram @balibirdparkofficial.

3. Taman Burung Palembang

Tahukah Anda, taman burung Palembang masih termasuk taman burung baru karena mulai beroperasi tahun 2015. Terdapat banyak koleksi burung di sana yakni mencapai 3.000 ekor dengan 10 spesies.

Burung yang dipelihara di taman burung Palembang seperti Jalak, Parkit, burung Hantu, dan masih banyak lagi. Semua burung tadi dibiarkan terbang bebas.

Taman Burung Palembang berada di Ogan Permata Indah, Jakabaring. Selain burung, tempat ini juga menyediakan hewan lain, seperti ikan dan reptil. Tike masuk ke taman burung ini sebesar Rp 50 ribu.

4. Bird & Bromelia Pavilion Bandung

Tidak banyak yang tahu, ternyata di Jalan Akaza Utara no 9 Kompleks Pramestha Resort Town atau Dago Giri, Bandung terdapat sebuah taman burung bernama Bird & Bromelia Pavilion Bandung.

Loading...

Di taman burung ini terdapat 300 jenis burung dan tanaman daun hias bromelia serta tempat kuliner. Burung-burung terbang bebas sehingga dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Taman Burung di Bandung (mrandmrsleonard.blogspot.com)
Taman Burung di Bandung (mrandmrsleonard.blogspot.com)

Tiket masuk Bird & Bromelia Pavilion Bandung mencapai Rp 35 ribu di hari biasa (weekday) dan akhir pekan (weekend) sebesar Rp 50 ribu.

Jam operasional taman burung ini mulai 09.00 hingga 17.00, khusus akhir pekan sampai 18.00. Anda yang senang liburan juga bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir yang bernuansa burung.

5. Taman Burung Perak Tangerang

Perkembangan yang sangat cepat membuat Tangerang mempunyai taman burung sendiri. Taman burung Tangerang terletak di jalan Mochammad Yamin, Babakan, Tangerang.

Taman burung ini diberi nama Taman Burung Perak. Di sini terdapat 15 jenis burung dan jumlahnya sekitar 135 ekor. Adapun jenis burung yang dihadirkan meliputi Beo, Kakatua, Merpati, dan lain-lain.

Mayoritas Taman Burung Perak mendatangkan burung – burung dari pulau Jawa. Selain itu burung-burung tersebut juga berasal dari para penyuplai burung serta pemberian dari masyarakat.

Taman Burung Perak Tangerang (tangerangtribun.com)
Taman Burung Perak Tangerang (tangerangtribun.com)

Hebatnya, untuk biaya pemeliharaan dan perawatan burung-burung, semuanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Tangerang.

Jadi apabila Anda ingin mengunjungi Taman Burung Perak di Tangerang maka Anda tidak dipungut biaya tiket alias gratis.

6. Taman Burung di Bandung Grafika Bird Park

Ternyata ada taman burung lain di Bandung, yaitu Grafika Bird Park. Lokasinya berada di Terminal Wisata Grafika Cikole di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pengunjung dapat main-main langsung dengan burung-burung dari berbagai wilayah. Bahkan ada jenis burung yang diimpor dari Amerika Selatan, yakni burung Macaw.

Dari data sementara, burung-burung yang ada di sana berjumlah 43 ekor tapi akan ditambah lagi hingga 2.500 ekor. Burung-burung juga dilatih agar jinak dan tidak takut dengan pengunjung.

Sebagian burung di Grafika Bird Park sudah jinak, bahkan mau hinggap di tangan pengunjung. Dari situ, pengunjung dapat mengajaknya selfie.

Tiket masuk di Taman Burung Bandung sekitar Rp 20 ribu, biaya tersebut, sudah termasuk pakan burung, seperti kwaci dan buah-buahan.

Baca juga: 13 Manfaat Memelihara Burung yang Hanya Dirasakan Pria

Demikian beberapa taman burung di Indonesia yang paling indah untuk liburan bersama anak dan keluarga. Sebentar lagi liburan, tak ada salahnya Anda mengunjungi taman burung untuk menambah wawasan dan sarana edukasi anak.

Liburan di alam dan bertemu hewan-hewan membuat pikiran lebih fresh dan sekalian dapat belajar mengenal burung-burung. Ini lebih menyenangkan daripada pergi ke mall yang kurang mengandung nilai edukasi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • citra grafika cikole
  • taman burung

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!