7 Tanaman Beracun Untuk Kucing Peliharaan

Burungnya.com – Di musim pandemi, hobi bercocok tanam, sepertinya sedang naik daun. Namun, bagi pecinta kucing, sebaiknya Anda berhati-hati. Sebab, ada tanaman atau tumbuhan yang berbahaya dan beracun untuk kucing.

Yang namanya berbahaya, sudah pasti ini bisa menyakiti kucing dan bahkan bisa berakhir pada kematian. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan komunitas pecinta kucing atau dokter hewan, sebelum membeli tanaman.

Apabila Anda tidak memelihara kucing, maka Anda bebas mau membeli tanaman apa saja. Tenang larangan ini hanya untuk Anda yang sedang memelihara kucing di rumah.

Nama tanaman apa saja yang berbahaya untuk kucing? Anda mungkin terkejut, karena beberapa tanaman sebenarnya bagus untuk sirkulasi udara di dalam ruangan.

Baca juga: Cara Mengobati Kucing Keracunan Sebelum Terlambat

Ya, tapi mau bagaimana lagi, Anda harus memilih, mau merawat tanaman tapi kucing yang dikorbankan atau pelihara kucing dan memindahkan tanaman ke luar rumah?

Coba dipikir dulu sebelum membeli tanaman saat Anda sedang merawat kucing. Sebab, kucing Anda bisa celaka bila tidak sengaja memakan tanaman tersebut.

Tanaman Rumahan yang Beracun Untuk Kucing

1. Bunga Lili

Bunga Lili Bahaya untuk Kucing (darinetizen.com)
Bunga Lili Bahaya untuk Kucing (darinetizen.com)

Saat ini bunga lili cukup populer di kalangan pecinta bunga dan tanaman. Perawatan bunga lili sangat mudah, tapi bisa berbahaya untuk kucing.

Soalnya, bunga lili mengandung kalsium oksalat. Kandungan tersebut bila tertelan kucing, bisa menyebabkan kucing muntah, iritasi mulut, dan gangguan saluran pencernaan.

Nanti air liur kucing juga akan keluar secara berlebihan dan kucing sulit bernapas. Jadi, kalau mau pelihara kucing atau beli bunga lili, sebaiknya keduanya dipisah saja.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Cepat dan Alami

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya Bahaya untuk Kucing (tagar.id)
Lidah Buaya Bahaya untuk Kucing (tagar.id)

Anda tahu sendiri, lidah buaya sangat bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan rambut. Namun, lidah buaya beracun untuk kucing.

Ada kandungan saponin dan antrakuinon di tanaman lidah buaya. Sehingga kalau itu sampai tertelan kucing, dia bisa muntah, lemas, dan diare.

3. Monstera Deliciosa

Monstera Bahaya Untuk Kucing (pinterest.com)
Monstera Bahaya Untuk Kucing (pinterest.com)

Tanaman monstera sedang naik daun selama pandemi terakhir. Harganya bisa selangit dan pastinya tanaman tersebut beracun bagi kucing.

Kandungan kalsium oksalat bisa membuat kucing keracunan. Jika daun monstera sampai tertelan, bibir dan mulut kucing bisa terbakar, serta air liurnya mengalir deras.

Baca juga: 10 Penyebab Kucing Keluar Air Liur Terus dan Bau

Loading...

4. Sirih Gading

Sirih Gading Bahaya untuk Kucing (kompas.com)
Sirih Gading Bahaya untuk Kucing (kompas.com)

Lebih baik, tanam sirih gading di luar ruangan saja. Sementara kucing Anda jangan sampai keluar rumah. Pasalnya, sirih gading kalau sampai tertelan kucing, efeknya sama seperti tanaman monstera.

Jadi, kucing bisa mengalami sensasi terbakar di bagian mulut dan bibir, serta mulut bengkak. Kalau cuma bersentuhan saja, masih aman, tapi kalau sudah tertelan, wasalam.

5. Jade Plant

Jade Plant Berbahaya untuk Kucing (hgtv.com)
Jade Plant Berbahaya untuk Kucing (hgtv.com)

Tanaman giok atau jade plant masih masuk keluarga sukulen. Tanaman ini konon katanya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Namun, tidak bagi kucing. Sebab, tanaman jade plant beracun jika tertelan kucing. Tanaman giok ini dapat menyebabkan kucing lemas, muntah, dan depresi.

Baca juga: 50 Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Kucing

6. Lidah Mertua

Lidah Mertua Bahaya untuk Kucing (happyfresh.id)
Lidah Mertua Bahaya untuk Kucing (happyfresh.id)

Omongan lidah mertua konon katanya nyelekit. Ini mungkin yang dirasakan kucing bila dia sampai menelan lidah mertua.

Menurut American Society for the Prenvention of Cruelty to Animals (ASPCA), tanaman lidah mertua mengandung saponin yang dapat menyebabkan kucing muntah, mual, dan diare.

Lidah mertua bagus untuk membersihkan udara di dalam ruangan, tapi berbahaya untuk kucing. Jadi, lebih baik lidah mertua diletakkan di luar rumah saja.

7. Daun Keladi

Daun Keladi Bahaya untuk Kucing (rahasiabelajar.com)
Daun Keladi Bahaya untuk Kucing (rahasiabelajar.com)

Banyak orang yang menanam daun keladi di rumah. Alasannya karena tanaman ini daunnya menarik. Coraknya bervariasi dan mudah perawatan.

Namun, tanaman keladi berbahaya untuk kucing. Alasannya, di dalam keladi mengandung kalsium oksalat yang tidak larut dalam pencernaan kucing.

Sehingga kucing bisa mengalami mual, muntah, iritasi mulut, air liur keluar berlebihan, kesulitan menelan, dan diare berkempanjangan.

Baca juga: 32 Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobati

Kesimpulan

Demikian beberapa tanaman berbahaya untuk kucing. Anda boleh menanam tumbuhan apapun, tapi pilih yang tidak berbahaya bagi kucing.

Jika Anda sudah tak tahan ingin memelihara keduanya, maka pisahkan letaknya. Misal, tanaman di luar rumah, sedangkan kucing di dalam rumah.

Keduanya jangan sampai bertemu atau berinteraksi. Sebab, kalau sampai kucing menelan salah satu tanaman beracun, maka dia akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!