10 Tanda Kucing Minta Makan dan Perhatian

Burungnya.com – Sebagai pecinta kucing, Anda harus memahami apa saja perilaku kucing. Kucing tidak bisa berbicara layaknya manusia, tetapi dari perilakunya kita tahu bahwa kucing minta makan atau sedang butuh perhatian.

Memangnya apa tanda kucing minta makan? Sebenarnya kalau Anda sedang makan, kemudian kucing mendekat dan mengeong cukup keras, tandanya dia sedang minta makan.

Anda bisa memberikan makanan sedikit, agar dia tidak kelaparan. Biasanya perilaku seperti ini dilakukan oleh kucing kampung atau kucing jalanan.

Mereka terbiasa meminta makanan karena tidak ada yang menyediakan makanan secara khusus. Jadi, kucing kampung harus mencari makanan sendiri di tempat sampah atau meminta makanan dari orang lain.

Baca juga: 8 Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur Murah Bergizi

Ciri dan Tanda Minta Makan atau Perhatian

1. Suara Kucing Minta Makan

Kucing yang sedang minta makan pasti mengeong keras tanpa jeda. Suaranya meong meong meong meong begitu terus sampai diberi makanan.

Biasanya setelah diberi makanan, kucing akan diam. Namun, bila makanan habis, kucing akan mengeong lagi seperti di awal. Begitu kucing, sekali dikasih makan, pasti besoknya datang lagi.

2. Duduk Di Dekat Orang Makan

Selain mengeong keras, ada kucing yang lebih sopan dalam meminta makanan. Dia akan duduk di dekat orang makan sambil menunggu siapa tahu diberi makanan.

Kucing seperti ini lebih sopan daripada mengeong keras dan mengganggu orang makan. Tapi tidak ada kucing yang tahu budaya sopan santun. Ini tergantung dari masing-masing kucing saja.

3. Kucing Mangap-mangap

Ada kucing pintar minta makan dengan cara mangap-mangap. Ini menunjukkan bahwa kucing lapar. Dia mencoba membuka mulutnya biar orang tahu bahwa dia sedang lapar dan minta makan.

Baca juga: 10 Makanan Kucing Terbaik Untuk Mengatasi Bulu Rontok

4. Mengikuti Orang Bawa Makanan

Biasanya kucing minta makan selalu mengikuti orang yang bawa makanan. Ya, bila Anda sedang makan ikan, coba melintas di dekat kucing, pasti mereka mengikutinya.

Ini tandanya kucing minta makan. Walau tidak mengeong, coba berikan sedikit ikan padanya, pasti dia suka.

5. Mengejar dan Menarik Celana

Kalau Anda sudah diikuti tapi tidak memberi makanan, biasanya kucing kampung warna oren atau mengejar Anda. Kucing ini akan mengejar dan menarik celana sampai diberi makan.

Dari dulu kucing oren terkenal bar-bar dan tingkat premanismenya tinggi. Mungkin ini karena pengaruh pergaulan keras di luar sana.

Loading...
Tanda Kucing Minta Makan (hillspet.co.id)
Tanda Kucing Minta Makan (hillspet.co.id)

6. Mencakar Benda-benda Di Rumah

Terkadang kucing juga suka mencakar-cakar benda di rumah. Ini mereka lakukan untuk memberikan pilihan kepada pemiliknya, pertama ingin barang Anda rusak atau kedua memberinya makanan.

Biasanya setelah kucing diberi makan, kucing tidak akan merusak dan mencakar-cakar barang lagi.

Baca juga: 5 Makanan Kucing 2 Bulan Terbaik

7. Menempel di Kaki

Ada juga kucing yang gemar menempel di kaki saat sedang minta makan. Terkadang kucing menggesek-gesekkan tubuhnya ke kaki manusia untuk minta makan.

Selain arti minta makan, tanda menggesek-gesekkan tubuh ini biasanya kucing sedang birahi tinggi.

8. Melompat ke Meja Makan

Sebagian kucing yang sudah kelaparan akan melompat ke meja makan untuk meminta makan. Kalau sudah di tahap ini, segera peringatkan kucing dengan nada keras tanpa memukulnya.

Kucing pasti tahu apalagi kalau raut muka Anda marah dan mata melotot. Sehingga di lain waktu, kucing tidak akan melompat ke meja makan lagi.

9. Mengorek Sampah

Sampah di rumah Anda sering berantakan, mungkin ini karena ulah kucing. Sulit bagi kucing kampung untuk mendapatkan makanan enak, alhasil dia mengorek sampah di rumah-rumah.

Sisa makanan di rumah-rumah sangat enak, lumayan untuk menggajal perut. Daripada tidak makan sama sekali, lebih baik makan dari sisa makanan manusia di tempat sampah.

Baca juga: 7 Rekomendasi Makanan Kucing Kiloan di Pasaran

10. Memainkan Wadah Pakan

Bagi kucing rumahan, cara mereka meminta makan terkadang dengan memainkan wadah pakan. Tempat makanan sudah kosong digerak-gerakkan hingga berbunyi nyaring.

Ini dilakukan sampai pemiliknya sadar bahwa makanan sudah habis. Dengan begitu, pemiliknya akan memberikan jatah makanan lagi.

Kesimpulan

Demikian beberapa tanda kucing minta makan dan minta perhatian. Kucing tipikal hewan lucu dan imut, jadi wajar kalau cara meminta makanan juga lucu.

Sebaiknya, kucing kampung yang minta makanan dengan cara mengeong keras tetap diberi. Sebab, ada sebagian rezeki kita yang seharusnya dinikmati oleh kucing.

Walau caranya kurang sopan, tapi kucing butuh bertahan hidup dengan cara meminta makan ke rumah-rumah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!