7 Tempat Meletakkan Litter Box Kucing yang Strategis dan Benar

Burungnya.com – Apakah kucing Anda sering buang kotoran sembarangan? Jika memang demikian, mungkin Anda salah dalam meletakkan litter box kucing. Sehingga kucing tidak mengetahui tempat membuang kotorannya.

Ya, saat Anda memelihara kucing, banyak yang harus dipersiapkan. Persiapan yang paling utama, adalah tempat istirahat, makanan, wadah pakan, tempat kotoran atau litter box, peralatan untuk merawat kucing, aksesoris, mainan kucing, dan lain-lain.

Setidaknya dibutuhkan pengetahuan dulu sebelum memelihara kucing di rumah. Sebab, merawat kucing tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin saja kucing Anda hari ini masih sehat walafiat, tapi beberapa hari kemudian sakit karena salah perawatan.

Baca juga: 15 Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar

Litter Box Kucing

Kali ini kami akan memfokuskan pembahasan pada litter box atau tempat kucing buang kotorannya. Kotak kotoran kucing ini didesain untuk wadah pasir kucing.

Sehingga kalau kucing buang kotoran di situ, Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Banyak jenis pasir kucing yang dapat mengurangi bau menyengat atau bisa digunakan kembali.

Bahkan, ada juga litter box elektrik yang bisa membersihkan kotoran kucing secara otomatis. Nanti sisa kotoran kucing juga bisa didaur ulang kembali. Bagian tempat buang kotorannya kemudian disterilisasi secara otomatis.

Namun, tentu harga litter box kucing seperti itu sangat mahal. Hanya orang-orang kalangan menengah ke atas yang mungkin mau membelinya. Selain lebih gampang, litter box ini cocok untuk cat lover yang malas membersihkan kotoran kucing.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Kotoran Kucing sampai Bersih

Tempat Meletakkan Litter Box Kucing

Tahukah Anda ternyata tempat meletakkan litter box juga sangat penting. Anda tidak bisa sembarangan meletakkan kotak kotoran kucing di dalam rumah.

Nanti selain membingungkan kucing, kotak ini juga rawan terinjak oleh penghuni rumah. Jadi, Anda bisa lebih leluasa bergerak di dalam rumah tanpa harus takut terkena kotoran kucing.

1. Tempat Sepi

Kalau ada ruangan di rumah yang sepi, lebih baik litter box ditempatkan di situ. Pastikan tempat tersebut juga dekat dengan tempat istirahat kucing.

Dengan begitu, kucing yang mau beristirahat akan berhenti di situ untuk buang air besar. Apabila ruangan seperti ini tidak ada, Anda bisa meletakkan litter box di area yang jarang didatangi manusia.

2. Tempat Tenang

Lokasi yang tenang sangat cocok untuk menaruh litter box kucing. Pasalnya, tempat seperti ini membuat kucing tidak stres dan merasa nyaman saat akan buang air besar.

Tempat tenang di rumah, salah satunya adalah di sekitar taman belakang. Ruangan ini begitu tenang dan sejuk. Bahkan, sering kali pemilik rumah menggunakannya untuk area bersantai dan melepas penat.

Baca juga: 13 Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran di Depan Rumah

3. Diletakkan Agak Jauh dari Makanannya

Pastikan tempat makan kucing dan litter box kucing agak berjauhan. Pasalnya, tidak nyaman apabila kucing makan di dekatnya ada litter box yang berisi kotorannya sendiri.

Untuk menghargai kucing Anda, sebaiknya litter box diletakkan agak jauh dari lokasi tempat makan kucing. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa areanya harus di antara tempat makan kucing dan tempat istirahat kucing.

Diharapkan kucing setelah makan langsung menuju ke litter box untuk buang kotoran. Jika Anda membiasakan kucing seperti itu, maka dia akan mengeluarkan sisa makanannya begitu dia selesai makan.

Loading...

4. Jangan di Lantai Atas atau Tangga

Kucing buang kotoran tentunya membutuhkan waktu yang cepat dan kilat. Anda tidak mau bukan, saat kucing sedang kebelet pup, litter box justru sulit dijangkau karena lokasinya di lantai atas.

Lebih baik, letakkan litter box di bawah tangga sehingga kucing mudah menjangkaunya. Anda sendiri tidak akan terinjak litter box karena letaknya di bawah tangga.

5. Tempat Strategis

Cari lokasi yang strategis untuk menaruh litter box kucing. Misalnya, di setiap sudut ruangan diberi satu litter box. Tujuannya agar kucing bisa pup dengan mudah.

Sehingga kucing tidak perlu jalan jauh untuk mencari litter box. Terlebih bila rumah Anda minimalis, sehingga di setiap ruang ditaruh litter box juga tidak masalah.

Nantinya bila kucing semakin pintar dalam buang air besar, jumlah litter box bisa dikurangi. Kemudian letakkan litter box di taman belakang biar bau dan pemandangannya tidak mengganggu.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

6. Bentuk Litter Box yang Ideal

Perlu Anda ketahui, desain litter box kucing sangat penting. Bila kucing masih kecil, berarti dinding litter box jangan terlalu tinggi. Namun, bila kucing berukuran besar atau dewasa, Anda bisa memberikan litter box dengan desain dinding agak tinggi.

Yang penting sesuaikan ukuran litter box dengan ukuran tubuh kucing itu sendiri. Kucing besar dikasih litter box kecil, tentu kotoran bisa berantakan ke mana-mana. Begitu pula sebaliknya.

7. Penyaring Litter Box

Litter Box Kucing dengan Penyaring (bd.direct)
Litter Box Kucing dengan Penyaring (bd.direct)

Ada juga desain litter box yang dilengkapi dengan penyaring. Nanti pasir yang bersih akan tersaring ke bawah. Sementara pasir yang kotor dan menggumpal akan terbawa saringan ke atas.

Sehingga lebih memudahkan Anda dalam membersihkan kotoran kucing. Selain itu, Anda bisa menghemat pasir karena yang terbuang memang benar-benar pasir yang kotor saja.

Cara Membersihkan Litter Box Kucing

Bagaimana cara membersihkan litter box kucing agar tetap awet dan nyaman? Gampang sekali, Anda cukup mengganti pasir dan membersihkan pasir yang kotor saja.

Misalnya, Anda mempunyai pasir kucing yang bisa dibersihkan ulang. Berarti tinggal angkat pasirnya kemudian cuci bersih, keringkan, dan letakkan lagi di litter box.

Kalau pasir biasa, tinggal angkat bagian pasir yang menggumpal karena pipis kucing atau pup kucing. Setelah itu, sisanya dibiarkan atau ditambah pasir lagi.

Wadah litter box bisa dicuci dengan sabun agar tetap wangi dan bersih. Kalau mau bersihkan litter box, pasirnya diangkat dulu dan dipindah ke tempat lain.

Kesimpulan

Demikian beberapa tempat meletakkan litter box kucing yang benar. Anda mungkin saat ini masih asal dalam meletakkan litter box. Sehingga kucing juga tidak mau pup di situ.

Lebih baik, mulai dari sekarang coba ganti tempat litter box agar kucing nyaman. Kucing yang nyaman pastinya akan buang kotoran pada tempatnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!