15 Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar

Burungnya.com – Salah satu cara mengajarkan kucing buang kotoran sendiri dengan memberikan litter box atau kotak kotoran kucing. Di dalamnya tersedia pasir agar kotoran kucing tidak berantakan dan tidak terlalu bau.

Bagi yang belum tahu, tempat menaruh litter box kucing tidak boleh sembarangan. Kalau Anda asal meletakkan kotak kotoran, nanti kucing tetap buang kotoran atau pup sembarangan.

Dalam hal ini meletakkan litter box di lokasi yang benar sangatlah penting. Coba kalau Anda cuma meletakkan kotoran di dekat kamar mandi, mana mau kucing ke sana.

Terlebih kalau kucing Anda tipikal kucing yang takut air. Pastinya kucing hanya akan melewati litter box dan pipis atau pup sembarangan. Ini tentu menjengkelkan bagi sebagian orang.

Solusinya gimana? Ya mudah saja, letakkan di mana kucing Anda biasa lewat atau istirahat.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Tempat Menaruh Litter Box Kucing

1. Tempat Sepi dan Privasi

Kucing merupakan hewan yang cukup pemalu. Dia lebih suka buang kotoran tanpa diketahui banyak orang. Walau ada juga kucing yang tak malu-malu eek di pinggir jalan.

Kalau kucing rumahan, sebagian dari mereka suka tempat privasi untuk melakukan aktivitas pribadinya. Contohnya buang kotoran dan pipis.

Jadi, pilihan yang tepat bila Anda menempatkan litter box adalah di sudut rumah yang sepi tapi disukai kucing.

2. Tidak Bising

Walau sepi kalau berisik, kucing juga tidak akan mampir. Jadi solusinya, berikan litter box di tempat yang tenang dan sepi. Kalau Anda menempatkan litter box di ruang mesin cuci baju atau tempat kerja bengkel, hingga ruangan yang sedang dibangun, tentu akan menyulitkan kucing.

Berbeda bila Anda meletakkan litter box di dekat pintu belakang atau di dekat tempat istirahatnya, pasti dia suka. Minimal area jalan menuju tempat makan si kucing.

3. Jauhkan dari Tempat Makanannya

Anda pasti tidak suka makan di dekat kamar mandi atau toilet. Nah, kucing juga demikian. Sebaiknya litter box dijauhkan dari tempat makannya.

Selain untuk alasan kesehatan, tindakan ini untuk menghomati kucing. Tidak sepantasnya kotorannya sendiri didekatkan pada makanannya.

4. Jauhi Tangga

Kalau rumah Anda bertingkat beberapa lantai, jangan menaruh litter box di dekat tangga atau di atasnya. Kasihan kucing kitten dan kucing dewasa tidak bisa menjangkaunya.

Dia jadi berusaha keras untuk buang kotoran di lantai atas atau lantai bawah. Kalau litter box di satu lantai tempat dia tinggal, akan lebih nyaman.

Baca juga: 13 Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran di Depan Rumah

5. Jangan di Tempat Lembab

Mengapa kotak kotoran tidak boleh ditempatkan di tempat lembab? Nanti pasirnya bisa berjamur dan bibit penyakit akan bermunculan.

Pasir kucing sebaiknya dalam kondisi kering agar kucing lebih sehat dan tempatnya bersih. Kalau pasir memang terlanjur basah, sebaiknya diganti yang baru.

Tempat lembab yang kami maksud adalah area bawah tanah dan sekitar kolam atau kamar mandi.

Jumlah litter box kucing (amyshojai.com)
Jumlah litter box kucing (amyshojai.com)

6. Di sudut Ruangan

Lokasi yang tepat untuk litter box biasanya di sudut-sudut ruanngan. Alasannya kucing merasa aman dan tidak malu karena sekelilingnya dinding.

7. Jauh dari Tempat Tidur Kucing

Intinya jauhkan litter box dari tempat tidur kucing dan Anda sendiri. Mengapa demikian? Sudah pasti, dia akan memilih buang kotoran di tempat yang empuk daripada kotak kotorannya sendiri.

8. Lokasi Strategis

Cari tempat yang strategis sehingga tidak perlu diakses terlalu jauh oleh kucing. Litter box tidak terlalu terlihat tetapi bisa dijangkau kucing dengan mudah.

Loading...

Baca juga: 10 Cara Mengobati Kucing Mencret atau Diare

9. Area Dapat Diakses 24 Jam

Kalau Anda suka menutup setiap ruangan di rumah, sebaiknya pilihkan ruangan yang selalu terbuka 24 jam. Tujuannya agar kucing bisa kapan saja pup walau di jam tidur sekalipun.

10. Jauh dari Tumpukan Barang

Sebagian kucing suka memanjat dan melompat dari tempat tinggi. Lebih baik jauhkan litter box dari tumpukan barang-barang supaya dia tidak terjatuh atau justru dia kejatuhan barang.

11. Jauh dari Ventilasi dan Jendela

Alasan jangan meletakkan litter box di area ventilasi udara dan jendela karena angin. Terkadang angin bisa bertiup kencang dan mengejutkan kucing yang sedang buang kotoran.

Kucing yang kaget biasanya stres dan tidak mau datang lagi ke litter box. Pastinya ini berbahaya karena dia bisa buang kotoran sembarangan.

12. Jangan di Luar Rumah

Anda mungkin jijik dengan kotoran kucing. Tapi jangan letakkan litter box di luar rumah. Percuma Anda mengajari dia pup di litter box kalau kotaknya di letakkan di luar rumah.

Kucing bisa saja buang kotoran di luar rumah. Namun, dia berpotensi buang kotoran sembarangan di rumah tetangga. Ini gawat karena tetangga bisa marah besar. Sebaiknya tetap letakkan litter box di dalam rumah yang lokasinya strategis.

13. Jumlah Litter Box

Berapa jumlah litter box kucing yang ideal? Tentu saja jumlahnya tergantung dari jumlah kucing di rumah. Misal, di rumah Anda mempunyai seekor kucing, berarti jumlah litter box minimal 1 unit.

Lebih bagus bila jumlah litter box per kucing satu buah ditambah cadangan satu. Tujuannya agar litter box satunya kotor, bisa pakai litter box yang lain.

Intinya setiap kucing mendapatkan satu litter box. Takutnya kalau litter box terbatas, nanti kucing justru saling berebut.

Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar (armandhammer.com)
Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar (armandhammer.com)

14. Litter Box Terbuka atau Tertutup

Sekarang ada dua model litter box, yaitu tipe terbuka dan tertutup. Pertanyaannya lebih bagus yang mana? Dalam urusan buka dan tutup, pastinya dari sisi pemilik lebih bagus litter box tertutup.

Tapi hal tersebut membatasi ruang gerak kucing. Dia akan sulit keluar masuk litter box. Kalau dari sisi kucing, pastinya dia lebih suka litter box terbuka.

Apalagi kalau kucing Anda sudah tua atau justru masih anakan. Keduanya akan lebih mudah masuk litter yang terbuka.

Baca juga: 5 Obat Kucing Sakit Mencret, Muntah, dan Pilek

15. Ketinggian Litter Box

Berapa tinggi litter box yang tepat untuk kucing? Kami tidak menyebut angka yang pasti tapi sesuaikan dengan tubuh kucing Anda.

Usahakan kucing Anda tidak perlu melompat tapi pasir di dalam juga tidak mudah tumpah keluar. Kalau dinding litter box terlalu tinggi nanti menyulitkan kucing. Jadi pilih sesuai tubuh kucing.

Cara Membersihkan Litter Box Kucing

  • Segera ambil kotoran yang menempel di pasir.
  • Isi kembali pasir bila sebagian pasirnya ikut terbuang.
  • Pilih pasir kucing yang bisa menyerap bau tidak sedap.
  • Bila kotoran kucing terlalu banyak, lebih baik ganti semua pasir dan bersihkan wadahnya.

Kesimpulan

Demikian beberapa tempat meletakkan litter box kucing. Kalau kucing Anda lebih dari satu ekor, sebaiknya tambah jumlah litter box di rumah.

Walau Anda cuma memelihara satu ekor kucing, sebaiknya belilah litter box lebih dari satu. Tujuannya untuk melatih kucing agar tidak buang kotoran sembarangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!