Burung Nuri Tertinggi di Dunia (iflscience.com)

Temukan Burung Nuri Tertinggi di Dunia, Tingginya 1 Meter

Burungnya.com – Saat ini rekor burung tertinggi di dunia masih dipegang oleh burung Unta dengan tinggi 2,1 meter. Kemudian disusul oleh burung Emu setinggi 2 meter dan burung Kasuari setinggi 1,55 meter. Baru-baru ini ditemukan burung Nuri tertinggi di dunia dengan tinggi 1 meter.

Tinggi Burung Nuri

Mungkin biasanya tinggi burung Nuri tidak lebih dari 1 meter. Seperti burung Nuri Bayan yang diketahui mempunyai panjang sekitar 43 cm. Sementara burung Nuri tertinggi yang baru ditemukan oleh para ilmuwan tingginya mencapai 1 meter. Burung ini diberi nama Heracles inexpectatus oleh peneliti dari Flinder University, Australia.

"<yoastmark

Burung Nuri ini diberi julukan sama seperti legenda pahlawan dari Yunani, Heracles, karena ukuran tubuhnya dan kekuatannya yang luar biasa. Heracles sendiri merupakan nama lain dari Hercues yang diadopsi oleh bangsa Romawi.

Berat Burung Nuri

Lantas berapa berat tubuh burung Nuri Heracles inexpectatus? Ternyata burung tersebut mempunyai berat 7 Kg, hampir sama dengan berat bola bowling. Sementara burung Nuri Kakapo mempunyai berat 4 Kg dan tinggi 60 cm.

Burung Heracles inexpectatus ditemukan di St Bathans, Central Otago, Selandia Baru. Usia fosil burung Nuri ini sekitar 19 juta tahun. Selain fosil burung Nuri raksasa, sebelumnya peneliti juga menemukan sembilan spesies burung Moa purba yang ukurannya 3,6 meter.

Loading...

Burung Nuri Heracles inexpectatus Tidak Bisa Terbang

Tahukah Anda, burung Nuri Heracles inexpectatus tidak dapat terbang. Dia mencari makan di atas tanah sama seperti burung Nuri Kakapo. Makanannya bisa sama seperti burung Nuri yang lain atau lebih besar. Bahkan, kemungkinan burung ini juga bisa memakan burung Nuri lainnya.

“Heracles merupakan burung Nuri terbesar di dunia yang pernah ada, tidak diragukan lagi, paruh besarnya dapat membuka apa pun (biji-bijian atau buah-buahan keras) yang diinginkannya. Mungkin mereka juga memakan lebih dari sekadar makanan Nuri konvensional, bahkan mereka bisa memakan Nuri yang lain,” kata Profesor Mike Archer dari University of South Wales, seperti yang disadur dari Iflscience.com (7/8/2019).

Baca juga:

Saat ini para ilmuwan masih meneliti alasan mengapa burung Nuri raksasa ini bisa punah. Apakah penyebab kepunahan burung ini karena faktor makanan atau memang ada serangan dari hewan lain, dan lain-lain.

Demikian penemuan burung Nuri tertinggi di dunia yang menghebohkan dunia sains. Apakah nanti akan ditemukan burung Nuri yang lebih tinggi? Kita tunggu saja penemuan-penemuan berikutnya.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!