Temukan Ikan Berkepala Burung, Penyebabnya Jadi Perdebatan

Burungnya.com – Baru-baru ini ada yang tidak biasa dari hasil tangkapan ikan seorang nelayan. Pasalnya, ikan yang ditangkap mempunyai bentuk tubuh yang aneh. Bagian kepalanya mirip dengan burung Merpati, sementara bagian tubuh lainnya sama seperti ikan mas biasa. Tak heran ikan berkepala burung ini membuat semua nelayan heboh.

Ya, penemuan ikan aneh berkepala burung memang tidak pernah terjadi sebelumnya. Tentu nelayan yang menangkap ikan tersebut dibuat kaget. Nelayan asal China ini mengaku menemukan ikan dari sungai di provinsi Guizhou, China Selatan.

Tak berapa lama, ikan aneh ini langsung viral. Semua mempunyai pendapat masing-masing tentang hewan setengah burung setengah ikan tersebut. Surat kabar lokal sudah mengidentifikasi bahwa ikan ini adalah ikan mas air tawar (Cyprinus carpio). Namun, masih banyak kalangan yang memperdepatkan bentuk unik dari ikan berkepala burung tersebut.

Baca juga: Lovebird Langka Bertanduk dari Indonesia, Berapa Harganya?

Pendapat tentang Ikan Berkepala Burung

  1. Andrew Cossins, seorang ahli fisiologi hewan dari Universitas Liverpool, Inggris mengatakan bahwa mulut ikan menyerupai paruh burung Merpati mungkin karena pertumbuhan sel yang rusak, seperti yang dilansir livescience.com (14/6/2018).
  2. Cossins juga menambahkan mungkin ada bahan kimia berbahaya yang masuk ke tubuh ikan saat masih di tahap larva, bahan kimia ini kemudian mengganggu pertumbuhan normal embrio dan merusak bagian kepala saja sedangkan anggota tubuh yang lain tidak terpengaruh.
  3. Andrew Cossins punya dugaan lain yakni kepala ikan yang menonjol hingga mirip burung karena adanya tumor yang tumbuh dengan cepat. Namun, dia ragu kalau itu adalah tumor karena bagian yang bengkak hanya kepala, sedangkan tubuh lainnya tidak berubah sama sekali.
  4. Penyebab lain yang disampaikan Andrew Cossins yaitu ikan tersebut mengalami mutasi genetik atau korban pencemaran lingkungan dalam bentuk kontaminan kimia yang mengganggu pertumbuhan ikan.
  5. Ahli lain mengatakan kasus yang dialami ikan mas berkepala burung berkaitan erat dengan pola makan, perubahan suhu, atau terkontaminasi bahan kimia.
  6. Netizen Amin Nur Nur: Itu tanda kiamat semakin dekat. Jadi semakin banyak muncul hal-hal aneh di luar nalar.
  7. Netizen Chris Carlyle: Itu tahap awal proses evolusi yang nantinya akan menjadi burung.
  8. Netizen Hera Mitropoulou: Itu palsu. Saya melihat hoax lain seperti ikan berkepala babi. Jadi itu hoax.

Beberapa pendapat tentang ikan berkepala burung membuat semua orang berdebat dan menyalahkan satu sama lain. Semua orang mempunyai argumen sendiri dan menguatkan argumen masing-masing, sehingga tidak ada titik temu tentang penyebab dari keanahen ikan berkepala burung.

Loading...

Baca juga: Video Penampakan Burung Perkutut Bertanduk, Asli atau Palsu?

Seharusnya, nelayan yang menemukan ikan tersebut langsung membawanya ke tempat penelitian agar semakin jelas misteri di balik ikan berkepala burung. Namun, yang terjadi berbeda karena nelayan tadi justru mengambil gambar dan video ikan tersebut kemudian disebarkan lewat media sosial.

Setelah viral, nelayan tadi tidak bisa menjelaskan banyak karena ikan tersebut sudah dilepas lagi. Sampai sekarang, misteri ikan berkepala burung masih menjadi tanda tanya besar. Kalau menurut Anda, mengapa bisa ada ikan berkepala burung?

Baca juga: Fenomena Langka, Burung Perkutut Pakai Perhiasan Emas, Harganya Jadi Mahal

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • asal usul burung blue jay
  • ikan berkepala burung
  • ikan kepala burung d

Berikan komentar