Temukan Kardus Mencurigakan, Ternyata Isinya Burung dalam Pipa

Burungnya.com – Petugas Bandara Juanda belum lama ini menemukan sebuah kardus mencurigakan. Bagaimana tidak, di bagian samping kardus tersebut terdapat beberapa lubang, sepertinya digunakan sebagai jalur udara. Ternyata benar, saat kardus tersebut dibuka, isinya 11 pipa paralon.

Lebih mengejutkan lagi, karena ternyata di dalam pipa paralon terdapat burung Kacer. Bayangkan, semua burung Kacer tadi dimasukkan dalam pipa paralon berdiameter 2 cm. Tentu, tempat tersebut tidak layak untuk seekor burung Kacer. Apalagi, burung-burung Kacer tersebut masih disiksa dengan cara dimasukkan dalam kotak kardus.

Petugas Karantina Pertanian di Terminal 2 Bandara Juanda memang sudah curiga dengan paket tersebut. Dari kecurigaan tersebut, akhirnya para petugas berhasil menggagalkan penyelundupan burung Kacer sebanyak 11 ekor dari Malaysia ke Indonesia.

Penyelundupan burung Kacer dalam pipa paralon (detik.com)
Penyelundupan burung Kacer dalam pipa paralon (detik.com)

“Iya benar ada 11 burung Kacer yang kami temukan hendak dibawa masuk ke Indonesia dengan dimasukkan paralon,” ujar Penanggung jawab Bidang Karantina Hewan Bandara Juanda Surabaya, drh. Tetty Maria Sitanggang, seperti yang disadur dari Detik.com (27/4/2018).

Pelaku Belum Tertangkap

Saat ini pelaku penyelundupan burung Kacer masih belum tertangkap karena dia langsung kabur begitu kotak kardus tadi diperiksa petugas. Pelaku berinisial YX ini diyakini sebagai TKI yang berusia 45 tahun.

Jadi ceritanya, ketika kardus cokelat miliknya diperiksa di mesin x-ray, petugas bandara curiga. Petugas kemudian menyuruh pelaku untuk membuka kardus. Namun sayang, pelaku langsung kabur dan belum tertangkap hingga sekarang.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

Loading...

3 Burung Kacer Mati

Lalu, bagaimana nasib burung Kacer yang dimasukkan pipa paralon? Karena pipa paralon sangat sempit, tiga ekor burung Kacer tidak mampu bertahan dan akhirnya mati.

3 Burung Kacer mati dalam pipa paralon (detik.com)
3 Burung Kacer mati dalam pipa paralon (detik.com)

Sisanya, delapan ekor burung Kacer berhasil diselamatkan dan sekarang mendapat perawatan dari petugas. Nantinya, masih belum diketahui burung Kacer tadi akan dilepaskan ke habitatnya atau dirawat di balai konservasi.

8 Burung Kacer berhasil diselamatkan petugas (detik.com)
8 Burung Kacer berhasil diselamatkan petugas (detik.com)

Semoga ke depannya tidak ada lagi penyelundupan burung dari luar negeri ke Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri jangan tergiur dengan keindahan burung-burung di luar negeri. Sebab, burung Kacer lokal yang dari penangkaran saja sudah bagus kualitasnya.

Terbukti banyak sekali Kacer Mania yang memenangkan lomba dari hasil setingannya sendiri. Jadi mengapa harus membeli burung dari luar negeri?

Jika pikiran kita seperti itu, tentu tidak ada lagi yang mau mengimpor burung dari mancanegara. Oknum-oknum yang hobi menyelundupkan hewan atau burung langka tentu juga akan kehilangan mata pencariannya, kemudian meninggalkan pekerjaan haram tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar