5 Terapi Kacer Malas Bunyi Kembali Gacor

Burungnya.com – Kacer identik dengan burung yang gacor dan fighter. Burung ini memiliki tembakan suara yang keras dan jedanya rapat. Banyak kicau mania terpikat untuk merawat burung tersebut. Namun, kalau sudah malas bunyi, burung Kacer jadi kurang mempesona. Bagaimana cara mengatasi Kacer yang malas bunyi?

Burung Kacer bisa dibuat rajin bunyi dengan perawatan yang bagus dan rutin. Akan tetapi kalau Kacer sudah terlanjur macet bunyi, maka perawatan untuk mengembalikan performanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Meski begitu, Anda dapat melakukan serangkaian terapi agar Kacer kembali gacor lagi.

Terapi Kacer Malas Bunyi

1. Gantung di Pohon Rindang

Kacer merupakan burung liar yang hidup di alam. Habitat aslinya di pohon-pohon rindang dan besar. Nah, kalau burung Anda sedang malas bunyi, coba terapi gantung burung di pohon-pohon rindang.

Cari tempat yang memiliki pohon-pohon rindang, bisa di kebun, taman, atau hutan. Namun, bila Anda termasuk orang perkotaan, coba gantung burung di taman yang tumbuhannya rindang.

2. Dekatkan Kacer di Tempat Air Mengalir

Suara air mengalir dan gemericik air dapat membuat burung Kacer menjadi rileks. Dengan begitu, keinginan burung untuk bernyanyi lagi akan muncul. Jadi, pada intinya tempat Kacer di area yang mengeluarkan suara gemericik air, seperti kamar mandi, kolam, aquarium, sungai, dan lain-lain.

Terapi Kacer Malas Bunyi (youtube.com)
Terapi Kacer Malas Bunyi (youtube.com)

3. Terapi Pemasteran Suara Alam

Nah, bila Anda berada di pemukiman yang jarang sekali terdapat tumbuhan alami, Anda bisa memutar suara pemasteran alami. Suara alami bisa berupa suara hujan, suara air mengalir, suara deburan ombak, suara kicau burung di hutan, suara air terjun, dan lain-lain.

Putar masteran suara terapi ini di tempat yang tenang dan sejuk. Kalau bisa putar suara tersebut saat burung dalam kondisi tidak aktif. Kalau burung masih aktif, dia tidak akan konsentrasi mendengarkan suara masteran. Jadi, lebih baik putar suara masteran pada malam hari yang sepi.

4. Pakai Untulan Agar Kacer Mau Bunyi

Burung Kacer yang malas bunyi mungkin karena drop mental atau kurang birahi. Jadi, tidak ada salahnya dicoba dengan untulan. Siapa tahu, Kacer yang macet bunyi kembali gacor. Sebab, untulan Kacer bisa membangkitkan gairah dan birahi.

Burung yang sedang birahi, biasanya akan berkicau untuk memancing pasangan. Sehingga burung akan kembali gacor lagi. Kalau tidak ada untulan, Anda bisa mendekatkan burung lain yang dianggap sebagai temannya.

Loading...

5. Perawatan Ekstra dan Rutin

Selama ini mungkin perawatan Anda belum maksimal, sehingga burung malas bunyi. Coba setiap pagi, burung Kacer diembunkan, setelah embun, burung dimandikan dan dijemur.

Jangan lupa berikan pakan extra fooding lebih banyak, misalnya jangkrik hingga puluhan ekor. Makanan burung Kacer yang bisa diberikan di antaranya cacing tanah, kepompong, belalang hijau, egg food, orong-orong, hingga kelabang.

Setelah pakan berkualitas, tambah pula dengan vitamin dan suplemen. Burung butuh asupan gizi dan nutrisi, hal tersebut bisa didapat dari vitamin dan suplemen Kacer.

Untuk melengkapi perawatan tersebut, Kacer dimandikan malam setiap beberapa hari sekali. Misalnya, setiap tiga hari sekali burung mandi malam sekitar jam 19.00. Burung bisa disemprot lembut, tidak perlu basah kuyup, yang penting tubuh burung terasa segar.

Terapi mandi malam pada Kacer tergantung dari tempat tinggal Anda. Bila Anda tinggal di tempat yang panas dan gerah, maka mandi malam dapat dilakukan lebih sering. Namun, bila rumah Anda berada di tempat yang tinggi dan dingin, sebaiknya lakukan terapi mandi malam seminggu sekali.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa terapi Kacer malas bunyi agar kembali gacor. Burung yang malas bunyi sejatinya karena mental, birahi, dan asupan nutrisi. Bila mental bagus, birahi pas, dan nutrisi tercukupi, maka burung akan rajin bunyi.

Sebaliknya, apabila mental Kacer drop, kurang birahi, dan nutrisi kurang, burung akan malas bunyi, bahkan macet bunyi. Kalau sudah demikian, berarti Anda harus memperbaiki perawatan sehari-hari, dan menambah asupan nutrisinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Suara burung kacer macet bunyi
  • suara terapi kacer
  • Suara air terjun dan burung ciblek
  • suara terafi burung kacer
  • Suara terapi kacer biar ngeplong
  • terapi kacer
  • Terapi kacer malas bunyi
  • trapi burung kacer/

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!