Terapi Lovebird Mandi Air Hujan dan Cara yang Aman

Burungnya.com – Burung Lovebird bisa diterapi mandi air hujan. Namun, terapi ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus berhati-hati karena tipe hujan tidak sama setiap waktu.

Kalau hujan turun begitu deras, bisa dibilang ini kurang aman untuk burung Lovebird. Jika hujan turun rintik-rintik atau gerimis, ini aman untuk Lovebird.

Terapi Lovebird Mandi Hujan Rintik-rintik

Mengapa harus hujan yang rintik-rintik? Lovebird mempunyai bulu yang tidak terlalu tebal. Bila terkena air, bulu Lovebird mudah basah. Jadi bila hujannya lebat, kasihan burung bisa kedinginan.

Berbeda bila hujannya rintik-rintik, bulu burung tidak akan terlalu basah. Lovebird sendiri akan merasa nyaman karena seperti digelitik tubuhnya. Burung yang stres akan segera sembuh dan ceria lagi.

Pada dasarnya burung suka hujan-hujan, tapi khusus hujan rintik-rintik saja. Selain itu, terapi mandi hujan dapat dilakukan hanya di pagi hari karena airnya masih bersih dan segar.

Durasi Mandi Air Hujan untuk Lovebird

Lovebird tergolong burung bertubuh kecil ke sedang, Anda bisa melakukan terapi mandi hujan selama 10-15 menit. Lebih dari itu, burung akan kedinginan.

Justru terapi mandi hujan ini tidak akan ada efeknya bila dilakukan terlalu lama. Di samping itu, kemungkinan burung jatuh sakit justru semakin besar.

Oleh karena itu lakukan terapi ini sebentar saja dan bisa dilakukan 3 hari sekali atau seminggu sekali.

Waktu Terapi Mandi Hujan untuk Lovebird

Kapan waktu yang tepat untuk terapi mandi hujan pada Lovebird? Waktu terbaik untuk terapi adalah pagi hari, mulai jam 06.00 – 10.00.

Untuk wilayah pedesaan yang udaranya segar, sampai jam 10.00 masih bagus. Tapi untuk wilayah perkotaan, mandi air hujan dilakukan maksimal jam 08.00 saja.

Alasannya karena hujan di waktu agak siang sudah tercampur asap-asap kendaraan, pabrik, dan polusi lainnya. Sehingga tidak bagus untuk terapi Lovebird.

Terapi Lovebird Mandi Hujan (youtube.com)
Terapi Lovebird Mandi Hujan (youtube.com)

Syarat Lovebird Terapi Mandi Hujan

Sebelum mandi air hujan, pastikan dulu Lovebird dalam keadaan sehat. Selain itu, Lovebird juga harus tipikal yang suka mandi. Sebab, ada juga Lovebird yang tidak suka mandi.

Loading...

Bila Anda memaksa Lovebird mandi air hujan, tentu akan membuatnya tidak nyaman. Berbeda bila Lovebird cenderung suka mandi, pasti dia juga suka hujan-hujanan.

Lokasi Terapi Mandi Air Hujan

Untuk terapi mandi hujan, cari tempat yang gampang dan atasnya langsung langit saja. Jadi, lokasi yang cocok untuk terapi ini adalah teras depan atau belakang. Oh iya, pastikan tempatnya di atas papan atau paving agar cipratan hujan yang terkena tanah tidak mengenai burung.

Tebok sangkar dilepas dulu. Makanan dan minuman dikeluarkan dari sangkar. Kemudian sangkar diletakkan di atas permukaan tanah, bukan digantung. Biarkan burung menikmati hujan sebentar dan lihat reaksinya.

Bila burung sudah tidak nyaman, segera angkat dan angin-anginkan atau hangat di dekat lampu.

Manfaat Lovebird Mandi Air Hujan

  1. Lovebird ngekek panjang.
  2. Burung Lovebird tidak stres.
  3. Lovebird nagen satu titik di tangkringan.
  4. Burung Lovebird lebih anteng.
  5. Lovebird rajin bunyi.

Kesimpulan

Demikian terapi Lovebird mandi air hujan dan cara yang benar. Apakah terapi ini bisa digantikan dengan semprotan sprayer? Tentu saja bisa, tetapi air hujan yang dihadirkan dari Allah mempunyai khasiat lebih baik ketimbang air kran biasa.

Baca juga:

Jadi, mumpung musim hujan, lebih baik Anda menggunakan terapi mandi air hujan saja. Nanti kalau sudah musim kemarau, Anda bisa menggunakan semprotan untuk menciptakan sensasi rintik hujan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!