Lovebird Mandi Air Hujan (hilmy01blog.wordpress.com)

Terapi Mandi Air Hujan agar Lovebird Nagen di Tangkringan

Burungnya.com – Burung Lovebird akan mendapat nilai lebih apabila bisa nagen di tangkringan. Artinya burung bisa ngekek panjang tapi diam di satu titik tangkringan. Cara membuat Lovebird nagen bisa dibilang gampang-gampang susah. Nah, mumpung sekarang musim hujan, tidak ada salahnya mencoba terapi mandi air hujan agar Lovebird nagen di tangkringan.

Tahukah Anda, mandi hujan sangat disukai para burung, termasuk Lovebird. Saat turun hujan, biasanya burung-burung akan rajin berkicau. Mungkin mereka terlalu senang hujan membuat udara menjadi segar dan dingin.

Air hujan yang turun langsung dari langit mengandung isotonik oksigen murni. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan manusia dan burung Lovebird. Bahkan, banyak ahli terapi sering menampung air hujan untuk dijadikan obat-obatan.

Hubungan Hujan dan Lovebird Nagen di Tangkringan

Apa yang membuat Lovebird bisa nagen di tangkringan? Dipercaya faktor yang mempengaruhi hal tersebut karena tetes air hujan. Ya, hujan rintik-rintik mampu membuat burung nagen dan tancep di pangkringan. Kaki Lovebird akan mencengkeram kuat tangkringan dan tidak dilepas lagi.

Mungkin sebagian burung Lovebird awalnya gelisah karena belum terbiasa. Setelah beberapa kali percobaan, tentunya burung akan tambah senang main hujan-hujanan.

Perawatan burung Lovebird di musim hujan (hiveminer.com)
Perawatan burung Lovebird di musim hujan (hiveminer.com)

Cara Lovebird Mandi Air Hujan

Bagaimana cara membuat Lovebird melakukan terapi mandi air hujan? Mudah saja, letakkan burung di teras yang tidak tertutup atap sama sekali. Biarkan air hujan langsung membasahi tubuhnya. Terapi ini dilakukan saat hujan gerimis sehingga tidak menyakiti tubuh Lovebird.

Kalau saat hujan deras, sebaiknya burung segera dimasukkan karena berbahaya. Durasi mandi air hujan, dapat dilakukan sekitar 10-15 menit. Tidak perlu terlalu lama nanti burung Lovebird malah kedinginan. Setelah mandi hujan, Lovebird dibilas bersih dengan air.

Hujan untuk terapi Lovebird sebaiknya hujan yang terjadi pada pagi hari sampai jam 10.00 siang. Bagi para pekerja tentu akan sulit menjalankan terapi tersebut. Namun, Anda dapat meminta anggota keluarga yang lain untuk mengeluarkan burung Lovebird sebentar saat turun hujan.

Burung Lovebird jangan mandi air hujan pada siang hari, sore hari, dan malam hari. Sebab, kandungan air hujan tersebut sudah tercemar dan tercampur dengan asap-asap kendaraan serta polusi udara. Jadi, lebih baik mandikan burung pagi hari.

Loading...

Kapan mandi air hujan dapat diterapkan? Seperti yang sudah kami jelaskan, mandi air hujan lebih baik pagi hari. Selain itu, terapinya dapat dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan mandikan Lovebird dengan air hujan setiap hari karena membuat tubuhnya jatuh sakit.

Lovebird Mandi Hujan (pinterest.com)
Lovebird Mandi Hujan (pinterest.com)

Kesimpulan

Jadi apa yang bisa kita simpulkan dari terapi mandi air hujan untuk Lovebird nagen? Pertama, burung Lovebird harus sehat, durasi pemandian tidak terlalu lama, dilakukan pagi hari, pilih hujan gerimis, dan kalau bisa lokasinya yang jauh dari perkotaan agar air hujannya bersih.

Baca juga:

Lakukan terapi ini seminggu sekali atau dua minggu sekali sampai burung Lovebird nagen di tangkringan. Apabila burung belum nagen atau tancep, lakukan terapi lagi di minggu berikutnya. Selama musim hujan masih panjang, Anda dapat melakukan terapi mandi air hujan hingga beberapa kali sampai burung nagen.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!