Terapi Mandi Tanah Kering dapat Membuat Burung Panjang Umur

Terapi Mandi Tanah Kering dapat Membuat Burung Panjang Umur

Burungnya.com – Biasanya burung menjalani terapi mandi air dingin atau air hangat. Namun, pernahkah Anda mencoba terapi mandi tanah kering untuk burung kesayangan? Dalam dunia burung, istilah mandi tanah kering biasa disebut sebagai mandi pasir.

Banyak kicau mania menjalankan terapi mandi pasir untuk mengatasi burung Kacer yang sedang mbagong. Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata mandi pasir terlalu berisiko karena butiran pasir yang tajam dapat melukai burung.

Oleh karena itu, disarankan mengganti pasir dengan tanah yang halus dan kering, debu, atau serbuk batu bata. Hal ini karena tekstur bahan tersebut terbilang lebih aman untuk tubuh dan bulu burung.

Jenis Burung yang Sering Mandi Pasir

Sebenarnya, semua jenis burung bisa mandi pasir, tapi di antara semuanya yang paling suka, cuma Perkutut, Derkuku, dan Branjangan.

Ketiga burung tersebut sering mandi pasir untuk menjaga kesehatan terutama dari kutu yang menyerang tubuh. Namun, ternyata faktanya terapi mandi tanah juga bisa untuk memperpanjang usia burung.

Burung Mandi Pasir (thespruce.com)
Burung Mandi Pasir (thespruce.com)

Manfaat Terapi Mandi Tanah Kering untuk Burung

Ya, tak banyak tahu bahwa mandi tanah kering dapat membuat burung panjang umur. Apa hubungan tanah dengan umur burung? Ternyata semua ini karena kandungan tanah kering atau pasir tersebut.

Di dalam tanah kering atau pasir terkandung beberapa mineral, seperti kalsium, fosfor, besi, mangan, iodisum, cuprum, zinccum, mangnesium, sodium, dan kalium.

Semua kandungan mineral tersebut mampu membantu proses kimia yang terjadi pada tubuh burung. Seperti yang diketahui bersama, mineral sangat dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan di dalam tubuh, menunjang fungsi syaraf, jantung, dan lain-lain.

Baca juga: Ritual Mandi Malam Lovebird Lomba dan Berbagai Manfaatnya

Mineral juga mirip dengan vitamin yang berfungsi sebagai ko-enzim. Hal ini menjadikan tubuh melakukan berbagai fungsi seperti memproduksi tenaga, perkembangan tubuh, dan penyembuhan terhadap luka.

Burung Panjang Umur Setelah Mandi Tanah Kering

Tak heran, seekor burung Branjangan bisa panjang umur setelah mandi tanah kering dan diberlakukan dengan perawatan standar. Umumnya, burung Branjangan yang diberi tanah untuk mandi akan berusia belasan tahun hingga lebih dari 20 tahun, seperti yang disadur dari Omkicau.com (5/3/2010).

Sama seperti burung Perkutut dan Derkuku juga demikian. Kedua burung ini kalau di alam biasanya mandi di tanah untuk menghilangkan gatal, kemudian mematuk sebagian tanah atau butiran pasir.

Namun, saat dipelihara, burung Perkutut dan Derkuku lebih sering diberi tulang sotong. Meski begitu manfaatnya sama yakni dapat membuat burung panjang umur hingga belasan tahun.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa kandungan mineral untuk burung sangat penting. Kalau burung sampai kekurangan mineral, mereka justru akan mengalami berbagai masalah kesehatan.

Ini yang terjadi jika burung kurang mengonsumsi mineral

  • Sebagian burung mudah mbagong.
  • Burung jadi sering nguda laut atau mbalon dan kurang njambul.
  • Tulang burung menjadi lembek, bengkok, atau abnormal.
  • Burung jadi lumpuh.
  • Anak burung menjadi cacat, paruh meleset, kekurangan darah, dan lemah.
  • Bulu burung mudah patah setelah mabung dan tidak berkilau atau terlihat kusam.

Cara Memandikan Burung dengan Tanah atau Serbuk Batu Bata

  1. Cari tanah yang kering, halus, dan bersih. Kalau sulit menemukannya, Anda dapat menggunakan serbuk batu bata yang sudah disaring.
  2. Wadah keramba burung diberi tanah atau serbuk batu bata. Kemudian masukkan ke dalam sangkar burung.
  3. Sebagian burung akan langsung mandi tanah atau kipu, tapi sebagian lagi mungkin tidak mau ikut mandi.
  4. Tanah atau serbuk bata dapat diganti setiap seminggu sekali. Hal ini untuk menjaga agar tanah dan serbuk bata tetap higienis.

Demikian sekilas info tentang terapi mandi tanah kering untuk menambah umur burung. Hal ini memang belum diteliti secara mendalam tapi mayoritas burung yang mandi tanah atau mandi pasir lebih panjang umur.

Anda bisa mencobanya di rumah karena tidak ada efek samping sama sekali. Jika tidak berhasil, maka coba lagi. Namun, bila burung benar-benar tidak mau mandi tanah maka tidak perlu dipaksakan.

Baca juga: Terapi Lovebird Mandi Kering Untuk Dongkrak Stamina dan Napas Panjang

Biarkan burung mandi atas kemauannya sendiri. Kalau dipaksakan burung malah tertekan dan akhirnya stres. Terapi yang harusnya membuat burung sehat, justru malah membuatnya sakit.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, maka bagikan ke teman-teman yang lain, dan jangan lupa cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Lovbed mandi kering pake pasir

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!