Terapi Pijat Lovebird (youtube.com)

5 Terapi Pijat Lovebird agar Tidak Ngeruji atau Ngering

Burungnya.com – Burung Lovebird yang sudah gacor dan ngekek panjang selalu disukai semua orang. Namun, kalau sifatnya masih sering ngeruji dan ngering, tentu nilai tambahnya menjadi berkurang. Oleh karena itu, diperlukan terapi pijat, agar Lovebird tidak ngeruji dan ngering.

Bagaimana cara melakukan terapi pijat pada burung Lovebird? Apakah pijat ini sama seperti melakukan pijat pada manusia? Tentu saja berbeda karena bagian tubuh Lovebird relatif kecil, sehingga harus lebih berhati-hati agar Lovebird tidak keseleo atau cedera.

Lovebird Dimandikan dengan Cara Semprot Air Hangat (youtube.com)
Lovebird Dimandikan dengan Cara Semprot Air Hangat (youtube.com)

Cara Memijat Burung Lovebird

1. Basahi dengan Air Dingin

Burung Lovebird awalnya dibasahi atau disemprot dengan air dingin terlebih dahulu. Setelah itu, burung diangin-anginkan agar bulunya cukup mengering. Usahakan bulu Lovebird masih sedikit basah. Agar terapi semprot selanjutnya berjalan lancar.

2. Semprot Air Hangat Rendaman Daun Pandan

Siapkan dua ikat daun pandan wangi, kemudian direbus. Setelah beberapa menit, air rendaman ditunggu sampai hangat. Ambil airnya dan masukkan ke dalam botol semprot.

3. Dada Lovebird Disemprot Air Daun Pandan

Semprotkan air hangat rendaman daun pandan tadi pada bagian dada Lovebird. Atur posisi sprayer seperti embun agar tidak menyakitkan. Bagian dada dan sayap disemprot sampai basah kuyup.

Lovebird Disemprot Air Hangat Rendaman Daun Pandan Wangi (youtube.com)
Lovebird Disemprot Air Hangat Rendaman Daun Pandan Wangi (youtube.com)

4. Pijat Lovebird Setelah Disemprot

Cara memijat Lovebird cukup dengan merentangkan sayapnya, kemudian dipijat pelan-pelan. Pijat satu persatu sayapnya secara perlahan dari pangkal sayap sampai ujung sayap. Lakukan pemijatan burung Lovebird selama 1 minggu. Setelah dipijat, burung disemprot lagi sampai basah kuyup. Kemudian kembali pijat lagi bagian sayapnya.

Loading...

5. Masukkan Sangkar

Burung yang sudah dipijat dan dimandikan dengan tangan, dimasukkan lagi ke dalam sangkar. Biarkan Lovebird beristirahat sambil dijemur dan diangin-anginkan. Besoknya ulangi pemijatan lagi sampai 7 hari.

Manfaat Pijat Lovebird

  • Tubuh burung Lovebird menjadi rileks.
  • Badan Lovebird tidak kaku.
  • Kebiasaan buruk pada Lovebird hilang.
  • Lovebird tidak ngeruji atau ngering.
  • Burung Lovebird lebih anteng di tangkringan.

Kesimpulan

Demikian beberapa terapi pijat Lovebird agar tidak ngeruji atau ngering. Ingat, lakukan pemijatan secara berhati-hati. Usahakan burung nyaman dan tidak stres. Jika burung menolak dipijat sebaiknya, jangan dipaksakan. Tunggu, sampai burung tenang dulu, kemudian baru dipijat.

Baca juga:

Pemijatan ini merupakan terapi alami sehingga tidak akan ada efek sampingnya. Namun, bila Anda memijat terlalu keras, kemungkinan otot dan tulang Lovebird akan mengalami masalah. Jadi, sesuaikan kekuatan pijatan dengan tubuh kecil Lovebird.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • mangfaat terapi mandi air hangat untuk lovebird
  • manfaat lovebird mandi air hangat
  • Pijat lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!