Terapi Tangkringan Kawat Membuat Kenari Nagen Satu Titik

Terapi Tangkringan Kawat Membuat Kenari Nagen Satu Titik

Burungnya.com – Banyak perawatan untuk membuat Kenari Nagen di satu titik. Memang apa kelebihan burung Kenari gacor di 1 titik? Kenari yang nagen di tangkringan satu titik akan mendapat poin lebih besar saat lomba. Pasalnya, penampilannya mudah dinilai juri dan tidak terbang kelabakan ke sana dan ke mari.

Burung Kenari yang diam di satu titik tangkringan pastinya memiliki energi lebih besar. Sehingga, suara kicauan burung Kenari lebih power full dan performanya bagus. Berbeda dengan Kenari yang tidak bisa diam, tentu akan mudah lelah dan jarang bunyi di lomba.

Kenari Nagen Satu Titik

Nah, pertanyaannya sekarang bagaimana cara membuat Kenari nagen di satu titik? Cukup banyak cara menjadikan Kenari nagen di satu titik, di antaranya sebagai berikut:

1. Tangkringan Dibasahi dengan Air Biasa atau Air Hangat

Sebelum naik gantangan, tangkringan Kenari dapat disemprot air biasa atau air hangat. Jadi, 10-15 menit sebelum lomba, tangkringan dibasahi dulu menggunakan semprotan atau kain basah. Apabila di dalam sangkar terdapat lebih dari satu tangkringan, maka basahi salah satu tangkringan saja. Jangan semua tangkringan dibasahi karena hasilnya tidak akan maksimal.

2. Basahi Kelamin Burung

Agar birahi burung Kenari tidak terlalu tinggi, Anda dapat membasahi bagian kelamin burung. Setelah dibasahi, burung akan merasa lebih nyaman dan birahi stabil. Selain itu, burung tidak akan ngeruji dan nebok di dasar sangkar. Burung justru akan nagen di satu titik.

3. Burung Ditrek dengan Beberapa Burung Lain

Burung Kenari dapat ditrek dengan beberapa burung lain. Namun, cara ngetreknya harus berdampingan rapat. Jadi, burung Kenari diletakkan di tengah selama 15-20 menit sebelum lomba. Efeknya, birahi burung lebih stabil dan burung cenderung mau bunyi di satu titik saja.

Itu tadi tips sederhana untuk membuat burung Kenari nagen di satu titik. Ada lagi cara yang lebih simpel supaya burung mau berkicau di satu titik. Bagaimana caranya?

Terapi Tangkringan Kawat

Cara yang terbilang mujarab adalah terapi tangkringan kawat. Maksudhnya bukan tangkringan burung diganti kawat, tetapi tangkringan diberi lilitan kawat agar burung tidak bergerak ke samping kanan dan kiri.

Terapi ini diperkenalkan oleh Antonio Putra dari Mitra BF Jombang. Dia dapat membuat Kenari nagen satu titik selama seminggu menggunakan tangkringan kawat.

Dari 25 ekor Kenari miliknya, hampir 90 persen selalu nagen di satu titik. Semua burung peliharaannya mendapatkan terapi pangkringan kawat. Untuk membuat tenggeran kawat, ternyata biayanya sangat murah.

Kenari Nagen Satu TItik dengan Terapi Tangkringan Kawat (Youtube.com)
Kenari Nagen Satu TItik dengan Terapi Tangkringan Kawat (Youtube.com)

Alat dan Bahan:

Loading...
  • Kawat biasa atau kawat tembaga
  • Tangkringan, Tenggeran, atau Pangkringan

Cara Membuat Tangkringan Kawat:

  1. Siapkan tangkringan yang biasa dipakai burung Kenari dalam sangkar.
  2. Bagian samping kanan dan kiri diberi lilitan kawat sepanjang 10 cm.
  3. Jadi, samping kanan 10 cm dan samping kiri tangkringan juga 10 cm.
  4. Terapi kawat ini dapat dilakukan selama 1 minggu.
  5. Seminggu kemudian lilitan kawat dilepas dan lihat hasilnya.
  6. Burung Kenari yang baru dibeli dapat langsung diberi terapi tersebut.
  7. Dengan begitu, Kenari tidak akan geser kanan atau kiri, burung akan fokus nagen di satu titik.

Sebagai info tambahan, Anda dapat menggunakan kawat biasa atau kawat tembaga. Namun, lebih baik kawat tembaga karena lentur dan tidak mudah berkarat, mudah ditekuk, dan aman untuk burung. Sayangnya, kawat tembaga harganya lebih mahal sedikit ketimbang kawat biasa.

Perhatikan pula bagian lilitan, usahakan menempel rapi di tangkringan. Jangan sampai ada lilitan yang renggang agar kaki burung tidak bisa tersangkut.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips membuat Kenari nagen satu titik dengan terapi tangkringan kawat. Anda bisa mencobanya di semua jenis Kenari. Modalnya tidak terlalu banyak, yaitu cuma gulungan kawat saja.

Baca juga:

Oh iya hampir lupa, untuk lilitan kawat tidak harus 10 cm. Anda dapat menyesuaikan lebarnya sesuai dengan keinginan. Namun, jangan terlalu lebar lilitannya agar burung Kenari nyaman bertengger di tangkringan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • terapi kenari main 1 tangkringan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!