Ternak Burung Puter Rp 200 Ribu Sampai Rp 12 Juta

Burungnya.com – Awalnya iseng beli seekor burung Puter (Streptopelia bitorquata) harga Rp 200.000. Lalu ternak burung Puter sampai harganya menjadi Rp 12.000.000.

Kalau sudah menjadi garis tangan, maka hal tersebut tidak bisa ditolak. Sama seperti kisah seorang pria bernama Bambang Dwi Cahyo yang awalnya cuma iseng beli seekor Puter, kemudian diternak sampai jadi ratusan ekor.

Menariknya, dulu harga Puter yang diberi cuma Rp 200 ribu. Puter jantan ini mempunyai suara kuk geruk kok yang mendayu-dayu.

Anggungan suara Puter sangat menentramkan jiwa. Alhasil, burung diternak oleh Bambang Dwi Cahyo sampai jadi banyak.

Baca juga:

Awal Ternak Burung Puter

Ternak Burung Puter ini terjadi 10 tahun silam. Awalnya, Bambang Dwi Cahyo melakukan perjalanan ke Jogjakarta. Saat melewati pasar burung di Madiun, dia sempat mendengar suara Puter Pelung jantan.

Kemudian dia mencari sumber suaranya. Ternyata ada di sebuah lapak pasar burung Madiun. Tak perlu menunggu lama, Bambang langsung membeli Puter Pelung seharga Rp 200.000.

Burung Puter ini suaranya kok enak. Puter manggung setiap hari dan gacor. Lalu muncul ide untuk ternak burung Puter Pelung.

Ternak Burung Puter
Ternak Burung Puter

Mulai Ternak Burung Puter

Dia langsung beli enam ekor Puter dengan usia 3 bulan di Solo. Harga Puter Rp 300.000 per ekor.

Sayang sekali, Bambang belum mengetahui mana Puter jantan dan betina. Kemudian dia beli lagi tujuh ekor Puter, empat jantan, tiga betina.

Ternyata ternak burung Puter cukup sulit. Pertama ternak masih belum berhasil karena cuma satu pasang yang suaranya bagus.

6 Tahun Ternak Puter

Lanjut ternak Puter Peling sampai enam tahun. Burung-burungnya sudah mencapai 160 ekor. Sebab, setiap indukan menghasilkan dua ekor anakan.

Setelah itu, berkembang dengan indukan trah Puter juara. Dari situ, kualitas hasil ternak Puter menjadi lebih berkualitas.

Harga Burung Puter Pelung

Ternak Burung Puter Pelung
Ternak Burung Puter Pelung

Harga Puter yang sudah manggung gacor mencapai Rp 2 juta – Rp 3 juta. Puter harga jutaan ini sudah masuk lomba dan juara. Harganya masih terus naik dan semakin mahal.

Salah satu burung Puter andalan Bambang namanya Dewa Kelud. Burung ini sudah juara 17 kali di berbagai daerah, seperti Blitar, Jombang, dan Nganjuk.

Harga Puter paling murah di sana antara Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta. Sementara Puter Pelung termahal ada yang sampai Rp 12 juta.

Kalau burung lomba, kemudian puter pelung albino harganya mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Perawatan Burung Puter Istimewa

Setiap hari, makanan puter dikasih milet, beras merah, ketan hitam, dan kacang hijau. Minuman puter adalah air dicampur madu. Jamur puter berupa madu dan sarang walet.

Tidak hanya itu, semua burungnya juga selalu dijaga kebersihan kandangnya. Jadi, Bambang setiap pagi membersihkan sangkar dan mengganti pakan minumnya.

Kesimpulan

Demikian kisah ternak burung Puter yang ternyata tanpa disengaja. Awalnya cuma beli burung Puter pelung harga Rp 200 ribu. Ternyata suaranya enak, kemudian beli burung lagi dan diternak sampai dapat anakan berkualitas.

Sekarang Puter Pelung milik Bambang sudah ratusan jumlah. Bahkan sebagian besar memiliki suara bagus dan ikut kelas lomba. Sehingga wajar bila harga per ekornya mencapai jutaan rupiah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.