Ternak Lovebird Warna Modal Rp 800 Juta Langsung Sukses

Ternak Lovebird Warna Modal Rp 800 Juta Langsung Sukses

Burungnya.com – Saat ini sepertinya lebih banyak orang memilih ternak Lovebird Warna ketimbang Lovebird kicauan. Hal ini dikarenakan proses ternaknya bisa dibilang lebih mudah. Yang penting modal ternak Lovebird harus besar agar cepat sukses.

Ya, untuk mendapatkan kesuksesan dalam beternak Lovebird, yang dibutuhkan tidak hanya keahlian, melainkan juga modal yang besar. Kalau cuma bermodalkan keahlian tapi tidak memiliki uang untuk membeli burung Lovebird indukan, tentu penangkarannya akan berhenti di tengah jalan.

Baca juga: Usaha Sampingan Ternak Lovebird Lengkap dengan Analisa Perhitungan Biaya

Modal Rp 800 Juta untuk Ternak Lovebird Warna

Salah satu contoh peternak yang mau mengeluarkan modal besar adalah Muhammad Bakti Al Rashid. Bagaimana tidak besar, Om Bakti rela menggelontorkan dana hingga Rp 800 juta untuk beternak Lovebird warna.

Penangkaran Lovebird Warna milik Om Bakti diberi nama BAR BF yang berlokasi di Puri Anjasmoro M2 No.2, Kota Semarang. Benarkah modal untuk membuat penangkaran Lovebird Warna sampai menghabiskan uang Rp 800 juta?

Ternyata benar, karena Om Bakti menyampaikan hal tersebut kepada Omkicau.com (29/3/2019).

Awal Ternak Lovebird Warna

Jadi, awalnya Om Bakti sedang jalan-jalan ke pasar burung. Dia melihat sepasang Lovebird Biola Green yang harganya Rp 10 juta. Om Bakti kaget, ternyata Lovebird Warna harganya mahal. Dari situ, muncul keinginan untuk ternak Lovebird Warna.

Keinginan tersebut sebenarnya sudah menjadi cita-cita Om Bakti sejak kecil. Namun, keinginannya baru direalisasikan pada pertengahan tahun 2017.

Om Bakti langsung berburu indukan Lovebird Warna premium dari berbagai peternak. Tak tanggung-tanggung, Lovebird Warna yang dibeli langsung 10 pasang. Kemudian langsung dibuatkan kandang dan segala perlengkapannya. Kalau ditotal, semua modal untuk membuat peternakan Lovebird Warna sekitar Rp 800 juta.

Baca juga: 7 Cara Paling Ampuh Membuat Lovebird Cepat Bertelur, Banyak Peternak yang Berhasil

“Materi awal berupa 10 pasang Lovebird. Saya kemudian membuat kandang dan beli perlengkapannya. Jika ditotal, modal awal saat itu sekitar 800 juta rupiah,” ujarnya.

Apa Pekerjaan Om Bakti?

Bagaimana cara Om Bakti mendapatkan uang Rp 800 juta? Siapa sangka, ternyata Om Bakti seorang developer, pebisnis berlian, dan batu mulia.

Tak heran, uang Rp 800 juta cukup mudah didapatkan Om Bakti. Mungkin kesulitan dari breeding Lovebird Warna adalah ketelatenan dan kesabaran dalam merawat induk serta anakan Lovebird Warna.

Selain itu, cara mencetak Lovebird Warna untuk menghasilkan anakan Lovebird tertentu yang cukup rumit. Sebab, masalah kawin silang Lovebird bukan cuma asal dikawinkan saja, tapi perlu diketahui garis keturunan, gen, dan indukan sebelumnya.

Sukses Ternak Lovebird Warna

Walau begitu, dalam jangka waktu 2 tahun, Om Bakti sukses membawa BAR BF dikenal masyarakat. Dulu modal 10 pasang Lovebird Warna, sekarang sudah bertambah menjadi 25 pasang.

Loading...
Penangkaran BAR BF Modal Rp 800 Juta (omkicau.com)
Penangkaran BAR BF Modal Rp 800 Juta (omkicau.com)

Beberapa jenis Lovebird Warna yang diternak BAR BF, di antaranya Lovebird Biola Blue, Lovebird Biola Green, Lovebird Parblue (PB), Lovebird Biola Parblue, hingga Pale Fallow.

Cara Mengawinkan dan Pakan Ternak Lovebird

Om Bakti berbagi pengalaman tentang tips menjodohkan Lovebird Warna dan pakan yang diberikan. Caranya mudah, kalau bisa umur calon indukan Lovebird betina lebih tua sedikit dibandingkan Lovebird jantan.

Kemudian, tempatkan keduanya dalam sangkar yang terpisah, tapi sangkarnya berdekatan. Tujuannya agar kedua Lovebird saling mengenal dan lebih akrab.

Setiap pagi, kedua Lovebird dimandikan dalam satu kandang. Lalu, keduanya dipisah lagi sampai Lovebird terlihat menikmatinya.

Baca juga: 6 Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Paling Tepat

Kalau kedua Lovebird sudah berjodoh, bisa dimasukkan ke kandang Battery. Tanda Lovebird sudah berjodoh, ialah kedua Lovebird saling berdekatan, bercumbu, tidur bersama, dan menyuapi pakan ke pasangan.

Pakan Ternak Lovebird Warna

Untuk pakan Lovebird Warna, Om Bakti memberikan milet Benelux dan pakan tambahan berupa kangkung, jagung, kulit sotong, serta egg food merek Unique.

Anakan Lovebird Warna BAR BF (instagram.com)
Anakan Lovebird Warna BAR BF (instagram.com)

Biarkan anakan Lovebird dirawat induknya sampai 3 minggu. Setelah itu, baru diberi makan sendiri dengan cara hand feeding. Pakan lolohan anakan Lovebird yang digunakan Om Bakti ialah Nutribird A21.

Harga Lovebird Warna

Di BAR BF, anakan Lovebird warna dihargai mulai Rp 300 ribu sampai Rp 25 juta. Perbedaan harga Lovebird Warna ini tergantung jenis dan kualitas. Saat ditanya omzet penjualan Lovebird Warna, Om Bakti mengatakan sebulan minimal mendapat Rp 15 juta.

Pemasaran Lovebird Warna sementara ini mengandalkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain-lain. Tak hanya di Semarang saja, peminat Lovebird Warna BAR BF sudah menjangkau beberapa kota, seperti Surabaya, Solo, Madura, hingga Jakarta.

Demikian penangkaran Lovebird Warna yang menghabiskan modal awal Rp 800 juta. Apakah dengan modal yang besar dapat membuat ternak Lovebird lebih cepat sukses? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

  • Kontak: Om Bakti (WA 0821-2050-1953)
  • Facebook: Muhammad Bakti Al Rashid
  • Instagram: @bar.birdfarm
  • Alamat: Puri Anjasmoro M2 No.2, Kota Semarang.
Loading...

Pencarian terkait:

  • kisah mistis burung walet

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!