10 Tipe Kicau Mania di Indonesia

Burungnya.com – Jadi kicau mania mempunyai tingkat bahagia yang tinggi tapi terkadang juga bisa stres. Mengapa demikian? Ini tergantung dari Anda memelihara burung untuk tujuan apa?

Sebab, kicau mania di Indonesia mempunyai beberapa tipe. Nah, setiap tipe kicau mania mempunyai tujuan yang tidak sama dalam memelihara burung.

Kami akan membahas sedikit tipe-tipe kicau mania yang ada di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu yang mungkin sesuai dengan tipe tersebut.

Tipe Kicau Mania di Indonesia

1. Bisnis

Kalau sudah berbicara tentang bisnis pasti pandangannya tentang uang dan uang. Walau kicau mania seperti ini juga suka burung, tapi dia sepertinya lebih jatuh hati dengan uang.

Bisnis burung kicau bisa didapat dari jual burung, pakan, aksesoris, sangkar, vitamin, buka kios burung, sekolah burung, jual kaos burung, bikin gantangan atau event lomba burung, dan lain-lain.

2. Cari Nama

Ada kicau mania yang terjun ke dunia burung untuk cari nama. Nah, cari namanya ini ada yang bersifat politik, ada juga yang murni mencari nama agar terkenal di kalangan pecinta burung.

Agar populer dan dikenal banyak orang, kicau mania harus mampu membawa burung-burungnya keluar sebagai juara lomba.

Banyak sekali event lomba di Indonesia. Anda bisa mengikuti perlombaan dari satu daerah dulu, kemudian provinsi, dan akhirnya ke tingkat nasional.

Nanti kalau burung Anda juara, pasti nama Anda akan semakin dikenal banyak orang. Begitu masuk lapangan lomba, semua orang menatap Anda dengan bangga.

Kemudian, burung yang Anda jual bisa jadi sangat mahal. Sebab, semua orang percaya bahwa burung-burung di tangan Anda merupakan burung spesial dan trah juara.

Tipe Kicau Mania di Indonesia (bird-news.blogspot.com)
Tipe Kicau Mania di Indonesia (bird-news.blogspot.com)

3. Suka Suara Burung

Tidak dapat dipungkiri bahwa suara burung memang indah. Suaranya bisa menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Sebagian besar orang memelihara burung untuk menciptakan suasana rumah yang ramai tapi damai. Burung-burung yang berkicau di rumah akan menambah semarak di dalam rumah dan menciptakan kesan hangat.

Kicau mania yang gemar mendengarkan suara burung biasanya tidak suka ikut lomba. Dia hanya akan menikmati suara burung sendiri bersama keluarga.

4. Ikut-ikutan

Beberapa orang memutuskan menjadi kicau mania karena ikut-ikutan saja. Dia melihat teman atau tetangga yang seperti asyik memelihara burung.

Setiap pagi mandikan burung dan mendengarkan burung berkicau. Ini terlihat seru dan menyenangkan. Apalagi sambil ditemani secangkir kopi dan rokok.

5. Masa Pandemi Virus Corona

Nah, di masa pandemi virus Corona, banyak orang diminta untuk bekerja dari rumah dan sekolah dari rumah. Alhasil banyak orang bosan di rumah karena aktivitasnya semua dilakukan di rumah.

Untuk menghilangkan kebosanan, sebagian dari mereka membeli burung dan merawatnya. Sementara istrinya membeli tanaman yang sedang viral.

Selain burung, para suami terkadang juga membeli ikan atau hewan lainnya. Bahkan, ada juga hobi baru yang bisa meningkatkan kesehatan selama pandemi virus Covid19 yaitu bersepeda.

6. Nganggur

Kehilangan pekerjaan selama pandemi menjadi momok mengerikan. Sebab, banyak orang jadi pengangguran gara-gara Covid19.

Meski begitu, kondisi nganggur ini sebagian sudah muncul sejak lama. Ini dikarenakan sulit mencari kerja atau memang orangnya sendiri yang malas kerja.

Alhasil orang yang nganggur suka mencari kesibukan dengan merawat burung. Suara burung bisa menghilangkan penat dan beban hidup.

Wanita cantik dan burung (MediaBNR)
Wanita cantik dan burung (MediaBNR.com)

7. Lihat Juri dan SPG Cantik

Ada juga kicau mania yang suka burung gara-gara hobi melihat kecantikan SPG cantik di lomba burung dan juri wanita. Biasanya di lomba burung atau event lomba burung besar akan dibantu oleh beberapa SPG cantik.

Ini yang menarik perhatian kaum adam dan para pengunjung. Lumayan di lapangan lomba burung tidak juara, tapi bisa cuci mata. Kicau mania tidak selalu soal burung, tapi juga memanjakan mata.

8. Setting Burung Lomba

Oh iya, setting burung lomba atau perawatan burung lomba juga menarik dan menantang. Kalau kicau mania tidak kuat, dia bisa stres dan terkadang sampai menyakiti burung peliharaannya sendiri.

Loading...

Namun, pelihara burung dan setting burung dari awal beli ombyokan sampai juara lomba rasanya seperti memiliki kepuasan tersendiri. Ada rasa puas dan bangga yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Alasannya karena burung yang semula tidak berkicau jadi gacor setelah Anda rawat. Kemudian, burung tersebut menang berbagai lomba sampai membawa Anda ke puncak kesuksesan. Itulah definisi kicau mania yang suka berjuang.

Sebab, ada juga kicau mania yang banyak uang terus beli burung juara. Walau sama-sama juara lomba, tapi tingkat kepuasannya tidak sebanding dengan burung yang dirawat sendiri dari nol.

Tipe Kicau Mania Wanita Cantik (youtube.com)
Tipe Kicau Mania Wanita Cantik (youtube.com)

9. Kicau Mania Wanita atau Nona Kicau

Selain pria ada juga kicau mania wanita atau nona kicau yang mulai banyak bermunculan di dunia burung. Mereka menyukai burung karena terlihat berbeda di mata pria. Wanita-wanita seperti ini lebih disukai kicau mania pria karena memiliki hobi yang sama.

Apabila dia memiliki akun Instagram, pasti follower atau pengikutnya akan banyak sekali. Sebab, jarang ada wanita yang mau memelihara burung, terutama membersihkan kotoran burung. Jadi, kalau ada wanita yang merawat burung setulus hati, dia pasti istimewa dan spesial.

10. Hobi Burung

Kalau hobi burung sebenarnya bisa muncul sejak masih kecil. Mungkin sejak kecil kicau mania sudah menyukai burung atau diperkenalkan burung oleh keluarganya.

Sehingga saat dewasa dia menjadi suka dengan burung. Kalau sudah hobi burung, dia bisa melingkupi semua aspek, termasuk bisnis burung, ikut lomba burung, main sama burung, kerja yang berhubungan dengan burung, usaha jual beli burung, dan lain sebagainya.

Intinya kicau mania yang suka burung karena hobi akan merawat burung karena cinta. Jadi, dari cinta itulah tercipta usaha, bisnis, dan kekayaan.

Tipe Kicau Mania di Indonesia karena Hobi (burungnews.com)
Tipe Kicau Mania di Indonesia karena Hobi (burungnews.com)

Kicau mania seperti ini akan merawat burung sepenuh hati, mulai dari pagi sampai malam. Walau pulang kerja sekalipun, dia tidak kenal lelah dalam merawat burung.

Justru saat mendengar suara burung dan melihat burung beratraksi, penat serta lelahnya hilang seketika. Suatu ketika, saat burung ditawar mau dibeli seseorang, kicau mania seperti ini akan menolaknya. Sebab, burung sudah dianggap keluarga sendiri dan tidak dijual.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa tipe kicau mania di Indonesia dilihat dari tujuannya. Anda sendiri termasuk kicau mania karena bisnis ikut-ikut atau memang hobi?

Saran kami cintai dulu burungnya, nanti usaha dan bisnis akan ikut lancar juga. Hati menjadi bahagia dan tenang karena usaha dilatarbelakangi hobi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Kicau mania Indonesia menyingkatnya burung Cinta

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!