12 Tips Burung Rajin Bunyi, Pakan Diambil Sebelum Kenyang

Burungnya.com – Manusia yang banyak makan biasanya akan ngantuk dan malas-malasan. Burung mungkin juga demikian. Kalau makannya terlalu banyak, dia bisa malas bunyi.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda bisa mengambil makanan burung sebelum dia kenyang. Apakah ini bisa dikatakan terapi lapar pada burung?

Sebenarnya ini hampir mirip terapi lapar, tapi burung masih diberi makan layak. Nanti sebelum burung kenyang, makanan dicabut, dia cukup diberi minuman saja.

Tips Burung Rajin Bunyi

  1. Pertama burung diembunkan jam 05.00 pagi.
  2. Setelah itu, biarkan burung melihat matahari terbit dan sedikit menghangatkan tubuhnya.
  3. Jam 07.00 burung dimandikan sebentar.
  4. Lalu, jam 07.15 burung diberi makanan.
  5. Nanti jam 09.00 wadah pakan diambil.
  6. 3 jam kemudian, tepatnya jam 12.00, burung diberi makan lagi.
  7. Tambah beberapa jangkrik agar stamina dan performanya tetap prima.
  8. Sekitar jam 13.00 pakan diambil lagi.
  9. Nanti jam 17.00 pakan burung dimasukkan lagi ke dalam sangkar.
  10. Malam harinya setengah jam sebelum dikerodong, pakan burung diambil. Tujuannya agar burung tidak makan waktu malam.
  11. Waktu pengambilan makan di malam hari bisa dilakukan jam 21.00 – 22.00.
  12. Burung baru diberi makan lagi besoknya setelah mandi.
Tips Burung Kicau Rajin Bunyi Pakan Diambil Sebelum Kenyang (rimbakita.com)
Tips Burung Kicau Rajin Bunyi Pakan Diambil Sebelum Kenyang (rimbakita.com)

Tips Mengatur Birahi Burung

Ada juga cara lain supaya burung rajin bunyi. Cara ini tidak mencabut makanan di dalam sangkar, tapi menggunakan untulan atau burung betina. Jadi sebenarnya yang menyebabkan burung berkicau keras adalah burung lawan jenis.

Misalnya, Anda memiliki burung Murai Batu jantan. Burung ini jarang bunyi lama sekali. Namun, anehnya saat burung dibawa ke teras dan mendengar suara Murai Batu lain, langsung ikut bunyi. Tandanya apa kira-kira?

Loading...

Kemungkinan burung ini memang butuh teman atau burung betina untuk untulan. Sebab, dia merasa sendirian sehingga perlu dicarikan teman. Saran kami Anda bisa membelikan pasangan untuknya atau memperdengarkan suara MP3 Murai Batu betina.

Baca juga:

Ini cukup ampuh membuat burung rajin bunyi karena kita main di tingkat birahi. Biasanya burung jarang bunyi karena birahinya belum naik. Namun, setelah melihat lawan jenis, birahi akan naik drastis. Setelah kedua burung kelihatan cocok, coba pisahkan lagi. Tujuannya agar burung merasa kehilangan burung yang dicantainya.

Setiap burung jarang bunyi, coba dekatkan atau jauhkan burung untulan betina. Nanti burung akan terbiasa dan burung untulannya bisa dijadikan senjata agar burung rajin bunyi setiap hari.

Kesimpulan

Demikian tips burung rajin bunyi dengan cara mengambil pakannya sebelum kenyang. Sayangnya cara ini kurang efektif bila pemilik burung sibuk kerja.

Bagi pekerja mungkin tidak akan bisa menjalankan tips dan terapi tersebut. Sebab, setiap 2-4 jam sekali pakan harus diambil dan dimasukkan lagi ke dalam kandang.

Untuk pengusaha atau orang yang kerjanya di rumah, tentu perawatan seperti ini mudah dilakukan. Namun, pekerja kantoran biasanya akan mengalami kesulitan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung kekenyangan
  • mengambil cepuk pakan burung malam hari

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!