12 Tips Makanan Kucing Tidak Disemutin

Burungnya.com – Bagaimana cara agar makanan kucing tidak disemutin? Pasti banyak cat lovers yang mendapatkan masalah serupa. Makanan kucing yang gurih dan manis disemutin atau dikerubungi semut.

Sebenarnya wajar bila kucing sering mendatangi makanan kucing. Sebab, makanan tersebut memang manis dan gurih. Sehingga semut pasti mengerubungi makanan kucing.

Solusi untuk masalah semut pada makanan kucing bisa dilakukan dengan cara pencegahan di makanan atau cari wadah pakan anti semut.

Baca juga:

Oh iya kebersihan juga menjadi salah satu penyebab semut mendatangi makanan kucing. Sisa remahan makanan kucing menjadi daya tarik semut.

Kalau sisa makanan kucing tidak dibersihkan secara teratur, pasti akan dikerubungi semut. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin membersihkan tempat makan kucing.

Tempat Makan Agar Makanan Kucing Tidak Disemutin
Tempat Makan Agar Makanan Kucing Tidak Disemutin

Penyebab Makanan Kucing Disemutin

Tahukah Anda mengapa makanan kucing sering disemutin atau dikerubungi semut?

1. Wadah Pakan Tidak Ditutup Rapat

Kalau wadah makanan tidak ditutup rapat, tentu saja kucing akan mengetahui dan mengajak teman untuk makan bersama.

Tutup kemasan makanan kucing sangat penting. Anda bisa memasukkan makanan kucing ke toples agar tidak didatangi semut.

2. Sisa Makanan Kucing

Walau Anda sudah membersihkan makanan kucing setiap hari. Namun, kucing terkadang menjatuh makanan di sekitar wadah.

Tentu semut akan datang dan langsung memakan sisa makanan tersebut. Anda di sini harus sigap untuk membersihkannya biar semut tidak datang lagi.

3. Tidak Pasang Penghalang Semut

Selama ini mungkin Anda berpikir makanan kucing ini sudah aman dan tidak bakal dikerubungi semut. Padahal, semut mempunyai berbagai cara untuk mencari makanan.

Jadi, Anda harus memasang penghalang semut, contohnya kapur semut, pembatas makanan dan cairan tertentu.

4. Aroma Makanan Kucing

Ternyata semut suka makanan kucing karena aromanya yang lezat. Selain itu, makanan kucing mengandung taurin, protein, karbohidrat, dan zat perasa.

Semua kandungan tersebut menghasilkan rasa renyah, gurih, dan manis. Sehingga semut akan senang sekali.

Cara Makanan Kucing Tidak Disemutin
Cara Makanan Kucing Tidak Disemutin

Tips Makanan Kucing Tidak Disemutin

1. Mangkuk Makanan Kucing Harus Bersih

Kita tahu bahwa kebersihan sebagaian dari iman. Kebersihan ini juga berlaku pada makanan kucing. Sehingga sisa makanan kucing tidak akan muncul kembali.

Semut juga tidak akan bisa menemukan makanan kucing karena wadah dan sekitarnya sudah bersih.

Yang paling ideal, Anda bisa membersihkan wadah makanan kucing sehari sekali. Namun, karena pemiliknya sibuk, terkadang hal tersebut tidak terlaksana.

2. Area Makan Kucing Dibersihkan

Terkadang kucing mempunyai kebiasaan buruk ketika makan. Misal, dia gemar bawa ikan dan irisan daging ayam keluar mangkuk.

Kemudia kucing memakan makanan tadi di lantai. Akibatnya, sisa makanan justru berjatuhan dan dimakan semut.

Kalau sudah begini luangkan waktu sebentar untuk menyapu area makan kucing. Anda juga bisa mengepel lantai kucing supaya semut tidak datang lagi.

Untuk pencegahan secara alami, Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemok pada air pel. Aroma jeruk lemon tidak hanya dapat menjadikan ruangan beraroma segar, tapi juga membebaskan area dari bakteri.

Semut pasti akan kesulitan untuk mendatangi area tersebut. Selain lemon, Anda juga bisa menggunakan campuran air yang dicampur tetesan cuka.

3. Minyak esensial atau Peppermint

Banyak yang belum tahu bahwa minyak esensial itu bisa dipakai untuk mengusir semut pada mangkuk kucing. Aroma peppermint yang segar dan wangi tidak disukai semut.

Sehingga semut tidak akan mau mendekati makanan kucing. Cara penerapannya, Anda bisa langsung memberikan beberapa tetes minyak peppermint di dalam air pel.

Setelah itu campurkan sedikit cuka. Dengan begitu, makanan kucing tidak disemutin lagi. Tidak hanya semut, bahkan kecoa dan laba-laba juga lari terbirit-birit.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati karena minyak peppermint yang murnia dosis banyak sangat beracun untuk kucing. Oleh karena itu, gunakan minyak ini untuk membersihkan tempat makan kucing saja.

Perlu Anda ketahui bahwa residu minyak peppermint dapat mengakibatkan keracunan jika ditelan kucing. Biasanya kucing yang keracunan akan kehilangan nafsu makan sampai demam.

Jika terlambat ditangani, keracunan minyak peppermint dapat mengakibatkan kematian. Jadi, harap kucing kesayangan Anda segera dibawa ke dokter.

Oh iya, minyak peppermint ini dapat menempel di bulu dan kaki kucing kalian. Sehingga ada kemungkinan kucing tetap memakan atau menjilat minyak tersebut.

Jadi pastikan lantai atau wadah kering dulu, baru boleh disentuh oleh kucing.

4. Dikelilingi Air

Nah, seperti metode orang zaman dulu. Wadah makanan atau kaki meja dikelilingi atau dimasukkan dalam wadah berisi air. Dengan begitu, semut tidak akan berani mendekat.

Ternyata hal tersebut masih berlaku di dunia kucing. Yang Anda perlukan cuma wadah datar kemudian diisi air. Lalu wadah pakan kucing diletakkan di atasnya.

Kalau bisa permukaan air yang terlihat jangan terlalu lebar. Takutnya nanti justru dikira tempat minum. Lalu kucing minum dari situ memainkan airnya.

Setelah itu, sudah pasti lingkungan sekitar basah semua dan makanan kucing juga kemasukan air.

Tips Agar Makanan Kucing Tidak Didatangi Semut
Tips Agar Makanan Kucing Tidak Didatangi Semut

5. Tempat Makanan Kucing Anti Semut

Tahukah kalian bahwa ada tempat makanan kucing anti semut. Jadi, tempat makan ini seperti mangkuk makan biasa.

Namun, di bagian tepiannya terdapat celah sedikit untuk diisi air. Tujuannya sama yaitu agar makanan kucing tidak disemutin.

Ada juga wadah makanan kucing yang berbentuk tiang. Jadi nanti bagian penyangganya bisa dilapisi gel khusus bahan food grade yang tidak disukai kucing.

6. Vaseline

Tempat makan kucing bisa diolesi vaseline agar makanan kucing tidak disemutin. Di dalam vaseline terdapat kandungan petroleum jelly dengan tekstur berminyak dan lengket.

Bagian yang diolesi vaseline lebih baik dasarnya saja. Sebab, kalau bagian atas atau samping takutnya justru akan dijilati kucing.

Oh iya, untuk makanan kucing yang sudah diolesi vaseline sebaiknya harus rajin-rajin dibersihkan. Sebab, vaseline bisa menyedot kotoran, jadi wadah pakan lebih mudah kotor.

7. Wadah Pakan Kedap Udara

Supaya semut tidak masuk ke makanan kucing kering, lebih baik pilih wadah pakan yang kedap udara dan tertutup.

Dengan begitu, makanan kucing akan awet dan tidak disemutin. Untuk makanan basah, Anda cukup menyimpannya di wadah tertutup lalu masukkan lagi ke dalam kulkas.

Semut tidak akan berani masuk ke dalam kulkas karena dingin. Selain itu, celah untuk keluar masuk ke dalam kulkas tidak ada kalau tidak dibuka.

8. Tepung Terigu

Banyak yang belum tahu kalau tepung terigu ternyata bisa untuk mengusir semut. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan tepung terigu ke dalam makanan kucing?

Anda bisa menaburkan tepung terigu langsung ke atas semut. Niscaya semut tidak akan kembali untuk mengerubungi makanan kucing.

Tips Makanan Kucing Tidak Disemutin
Tips Makanan Kucing Tidak Disemutin

9. Jebakan Semut

Anda bisa membuat jebakan semut dengan ragi aktif, madu, dan gula. Caranya gimana?

Siapkan 1/3 madu asli dan gula pasir 6 sendok makan. Setelah itu tambahkan bubuk ragi aktif.

Ini dikatakan jebakan karena semut bakal terpikat dengan aroma madu dan gula. Namun, begitu semut menelan bubuk ragi aktif, dia akan mati.

10. Pindah Tempat Makan Kucing

Begitu terlihat ada semut, segera pindahkan tempat makan semut ke area lain yang aman. Anda tentunya tahu lokasi mana yang tidak akan dijangkau semut.

Pindahkan tempat makan kucing ke area yang aman sehingga semut tidak akan datang lagi. Namun, perhatikan lokasinya harus tetap bisa dijangkau oleh kucing.

11. Semut Disemprot Sunlight

Sabun cuci piring sunlight ternyata ampuh membunuh semut. Kami sudah membuktikan sendiri bahwa semut langsung mati begitu disemprot sabun cuci piring sunlight.

Sabun ini tidak terlalu berbahaya untuk kucing. Sehingga tunggu dulu sampai cairan sabun mengering, baru kucing boleh mendekat.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sunlight
Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sunlight

12. Kapur Semut

Semut akan ketakutan begitu melihat kapur anti semut. Buat lingkaran yang tepat di sekeliling wadah pakan kucing.

Jangan sampai garis kapurnya melebihi wadah nanti kucing jadi ingin menjilatnya. Kalau bisa kapurnya tidak kelihatan dan wadahnya tidak digeser. Jadi, garis kapurnya tidak hilang.

Kesimpulan

Demikian tips makanan kucing tidak disemutin atau tidak didatangi semut. Makanan kucing memang gurih dan enak, sehingga semut akan datang memakannya.

Anda di sini harus mencoba beberapa cara yang kami berikan, supaya makanan kucing tidak disemutin lagi. Kasihan kucingnya kalau sampai digigit semut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.