12 Tips Membeli Murai Batu Medan Asli Berkualitas

Burungnya.com – Anda pasti sudah tahu bahwa burung Murai Batu Medan di alam liar mungkin tidak ada lagi. Burung tersebut sudah masuk penangkaran dan diternak oleh kicau mania.

Sehingga, bila ada yang jual Murai Batu Medan asli tangkapan hutan, tentu perlu dipertanyakan. Apakah benar itu burung tangkapan alam, atau memang burung yang dianggap Murai Batu Medan (White rumped shama).

Saat ini yang paling aman beli Murai Batu Medan dari penangkaran bersertifikat. Alasannya, mereka pasti sudah mengantongi izin untuk menangkar Murai Batu asal Medan.

Kemudian anakannya sudah pasti Murai Batu Medan asli. Pasalnya indukannya juga Murai Batu Medan. Jadi, gen dan trah pasti mewarisi suara indukan.

Baca juga:

Cara Membeli Murai Batu Medan Asli

Murai Batu Medan yang asli tentu memiliki ciri khas tersendiri. Ciri di tubuhnya ini bisa menjadi kunci bahwa Murai Batu Medan tersebut asli atau tidak. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan untuk membelinya atau mencari Murai yang lain.

Burung Murai Batu Medan berkualitas sudah bisa dilihat dari waktu anakan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan salah membeli. Sebab, keturunan burung berkualitas pasti jelas silsilahnya.

Berikut ciri Murai Batu Medan asli yang berkualitas:

1. Lihat Bagian Kepala

Pertama lihat bagian kepala Murai dulu, biasanya Murai Batu Medan yang asli mempunyai kepala proporsional.

Ukuran kepala tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jadi bentuk kepala memang terlihat garang dengan tubuh mungil dan ekor panjang.

2. Tubuh Murai Batu Medan

Dari tubuh sudah kelihatan bahwa Murai Batu ini pastinya memiliki tubuh kekar dan kuat. Pasalnya, dia bisa mengayunkan ekor sepanjang 35 cm.

Apabila ekor sepanjang itu bisa menyentuh kepala, tentu tubuh Murai ini begitu kuat.

Murai Batu Medan Asli Ring BnR Ekor Panjang
Murai Batu Medan Asli Ring BnR Ekor Panjang

3. Panjang Ekor

Dari panjang ekor, tentu pilih saja yang paling panjang. Rata-rata panjang ekor Murai Batu Medan asli sampai 35 cm.

Itu ekor yang kualitasnya bagus karena sebagian masih di bawah 30 cm. Bila Anda mendapati ekor Murai yang panjang, sebaiknya Anda juga harus memeriksa ulang.

Sebab, banyak juga orang memalsukan ekor Murai Batu dengan cara mengelemnya.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Ekor Murai Batu Palsu, Jangan Sampai Tertipu

4. Motif Ekor Murai Batu Medan

Perlu Anda ketahui, setiap Murai Batu memiliki motif yang berbeda. Untuk Murai Batu Medan, motif ekornya seperti huruf U.

Huruf U di bagian tengahnya seperti terbelah. Jadi, cukup mudah mengenali Murai Batu Medan bila ekornya kelihatan berbentuk U.

5. Strip Ekor Warna Putih

Coba hitung berapa jumlah strip ekor Murai Batu. Rata-rata ekor Murai Batu Medan mempunyai strip warna putih berjumlah empat pasang.

Untuk jenis Murai lain, jumlahnya berbeda. Jadi, ciri khas Murai Batu Medan, salah satunya jumlah strip ekor warna putih.

6. Warna Bulu

Perhatikan bulu Murai Batu. Sebagian besar bulunya didominasi warna hitam mengkilap. Kalau terkena sinar matahari warna bulunya mengkilap atau berkilauan.

Warna bulu yang lain yakni cokelat tua dan hitam keabu-abuan. Letaknya di bagian dada.

7. Kaki Murai Batu

Bagian kaki Murai Batu tentu saja kuat. Keseimbangan burung ini sangat bagus bila kakinya kuat. Terlebih ekornya panjang, kalau kaki tidak kuat, nanti mudah terjatuh.

Selain kuat, perhatikan warna kakinya. Kaki Murai Batu Medan biasanya merah gelap untuk yang masih muda. Sementara burung yang sudah tua, lebih gelap dan bersisik. Lekukan sisiknya seperti buah belimbing.

Murai Batu Medan Asli Penangkaran
Murai Batu Medan Asli Penangkaran

8. Postur Badan

Dibandingkan dengan jenis Murai Batu lainnya, Murai Medan bisa dibilang badannya besar.

Ini wajar karena tubuhnya harus kuat dan besar untuk menompang ekornya yang panjang. Selain itu, karakter Murai Batu Medan memang terlihat garang dan perkasa.

9. Suara Murai Medan

Murai Batu Medan memiliki suara gacor, ngerol, jernih, dan nyaring. Volume suara keras dan tembus. Suara isian Murai ini bervariasi dan tentunya dia pintar mengikuti suara burung lainnya.

10. Karakter di Lapangan

Murai asli Medan mempunyai karakter garang dan fighter. Emosinya saat di lapangan bisa meledak-ledak. Tentunya ini bila pengaturan birahinya sudah tepat.

Jadi, dalam hal ini Anda harus bisa membuat burung semi birahi, tapi tidak sampai over birahi. Dengan begitu, penampilan burung bisa ganas di lomba.

11. Gaya Tarung Ular Cobra

Pernah melihat ular cobra? Nah, burung ini bisa memiliki gaya tarung seperti ular cobra. Kepalanya akan meliak-liuk layaknya ular cobra yang mengamuk.

Nah, diimbangi dengan bagian ekor yang sering naik turun. Biasanya ekor ini digerakkan cetek-cetek saat dia sedang marah atau sedang memikat pasangan.

Baca juga: 3 Gaya Bertarung Murai Batu yang Unik dan Cara Melatihnya

12. Beli Murai Batu Medan di Penangkaran Ternama

Agar Anda tidak tertipu belilah Murai Batu Medan di penangkaran ternama. Tidak masalah harganya lebih mahal, tapi kualitas terjamin.

Di samping itu, keturunan jelas karena ada cincin dan sertifikatnya. Nanti bila Anda ingin menjualnya lagi, maka pembeli akan lebih percaya bila berasal dari penangkaran besar.

Bandingkan bila Anda beli burung Murai dari seseorang. Dia mengatakan burung tersebut Murai Batu Medan asli 100 persen. Namun, tidak disertai dengan sertifikat dan cincin.

Ciri-ciri Murai Medan (fanskicau.com)
Ciri-ciri Murai Medan (fanskicau.com)

Nanti saat mau dibeli orang, pasti orangnya akan berpikir berkali-kali, apakah ini asli Medan atau tidak. Daripada mengambil risiko Anda kena tipu burung palsu, lebih baik cari di tempat yang terpercaya.

Misal beli Murai Batu Medan harga Rp 10 juta, beda harga mungkin Rp 5 juta, tapi hati lebih tenang. Daripada Anda beli burung murah harga Rp 4 juta, tapi ternyata palsu.

Uang Anda terbuang percuma karena burung tidak berkualitas dan palsu. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Saran kami datangi langsung penangkarannya. Sehingga Anda bisa mengetahui kondisi tubuh, habitatnya seperti apa, lingkungan, makanan, sangkar, tempat latihan, dan lain-lain.

Kalau beli online, mungkin di video bagus, tapi saat datang ternyata itu bukan burung yang sama seperti di video.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips membeli Murai Batu Medan asli 100 persen. Saat ini mungkin sudah tidak ada Murai Batu medan tangkapan hutan. Sehingga Anda perlu curiga bila ada yang menawari burung semacam itu.

Penangkaran besar jarang sekali menawarkan burung lewat WA, Facebook, atau DM messenger. Sehingga bila ada yang menawarkan burung lewat pesan WA pribadi, Anda perlu curiga juga.

Kami lebih menyarankan Anda datang ke tempat penangkaran Murai Batu Medan ternama. Tidak perlu datang langsung ke Medan. Sebab, di kota lain juga banyak yang ternak Murai Batu Medan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.