10 Tips Memilih Burung Perkutut Bangkok yang Bagus

Burungnya.com – Kung mania pastinya sudah memiliki pilihan tersendiri antara Perkutut Lokal atau Perkutut Bangkok. Jika Anda lebih tertarik dengan Perkutut Bangkok, sudah pasti Anda menyukai suara burung Perkutut. Sebab, Perkutut Bangkok mempunyai kelebihan di bagian suara.

Untuk pecinta suara Perkutut, sudah pasti pilihan Anda akan jatuh pada burung Perkutut Bangkok. Suara burung ini besar, tebal, dan ngebass. Selain itu, suara kung burung ini lebih panjang dan dlosor. Diketahui Perkutut Bangkok tidak berkaitan dengan hal-hal gaib, sehingga lebih aman dipelihara.

Sedangkan Perkutut Lokal sebagian besar tangkapan hutan atau penarikan benda-benda pusaka. Burung ini sangat erat kaitannya dengan hal gaib atau mistis. Terkadang ada burung Perkutut Lokal yang membawa keberuntungan, tapi ada juga yang membawa kesengsaraan.

Namun, fokus pembahasan kami hanya Perkutut Bangkok saja. Burung ini berasal dari penangkaran dan biasanya dipelihara untuk dinikmati suaranya. Selain itu, Perkutut Bangkok juga sering diikutkan lomba.

Ilustrasi Perkutut Bangkok yang Bagus dari Suara dan Fisik (wikipedia.org)
Ilustrasi Perkutut Bangkok yang Bagus dari Suara dan Fisik (wikipedia.org)

Tips Memilih Perkutut Bangkok yang Bagus

Nah, bagaimana memilih Perkutut Bangkok yang bagus? Sebenarnya seekor burung yang bagus paling mudah dipilih dari bagian suaranya dulu. Anda harus mendengar suara Perkutut Bangkok seperti apa. Setelah itu, baru ke bagian fisik, karakter, gaya, hingga tingkah laku.

1. Suara Depan

Pertama, dengarkan suara depan Perkutut Bangkok. Pastikan suara depannya sudah panjang, narik, dan bersih. Apabila Anda menemukan suara depan terdengar pendek, maka lewati saja dan ganti yang lain.

Meski begitu, semua ini juga tergantung dari usianya. Biasanya Perkutut Bangkok bakalan atau masih muda memiliki suara depan yang pendek. Kalaupun bisa panjang, tapi suaranya cuma terdengar sesekali saja.

2. Suara Tengah

Setelah mendengarkan suara depan, sekarang dengarkan suara tengah Perkutut Bangkok. Apa yang harus dipilih dari suara tengah? Perlu Anda ketahui, suara tengah yang bagus terdengar renggang, tekanan jelas, dan menentramkan jiwa.

Terkadang, ada suara tengah Perkutut yang rapat dan mengambang, berarti Perkutut tersebut kurang bagus. Kalau suara tengah fokusnya pada penekanan dan berjeda.

3. Suara Ujung

Pada akhir suara ujung Perkutut Bangkok yang bagus akan terdengar mengalun, panjang, dan bulat. Jadi, suara kung terdengar mengalun merdu dan panjang.

Kalau suara ujung pendek dan langsung berhenti di akhir (kuk), berarti burung tersebut kurang bagus. Apalagi kalau suara burung tadi noklak (klaak), sebaiknya tidak perlu dibeli.

Loading...

4. Kepala Perkutut Bangkok

Bagian kepala Perkutut Bangkok berbentuk lonjong seperti buah pinang muda. Ukuran kepala besar dengan leher panjang. Nah, leher yang panjang ini konon katanya bisa membuat suara kung jadi panjang.

5. Mata

Perkutut ini memiliki lingkar kaca mata yang besar dan tebal. Meski begitu, warna kaca matanya pucat. Untuk pupil matanya atau titik hitam di bagian mata berukuran besar dengan sorot mata yang tajam.

6. Paruh

Bagian paruh sangat tebal tapi tidak terlalu panjang. Lalu, bagian hidung lebih menonjol ke depan. Lubang hidung ditutupi bulu halus berukuran kecil.

7. Leher Perkutut Bangkok

Sudah sempat dibahas sebelumnya kalau leher Perkutut Bangkok lebih panjang. Sekilas ukuran leher lebih panjang lurus ke depan. Lalu bagian pangkal leher atau bawah leher tampak besar dan menggembung.

8. Tubuh

Burung Perkutut Bangkok yang bagus memiliki tubuh atletis. Artinya ukuran badan besar tapi tidak gemuk. Bagian dada relatif bidang dengan punggung agak sedikit membungkuk.

9. Kaki Perkutut Bangkok

Untuk Perkutut lomba, pilih kaki yang warnanya hitam agak kemerahan atau merah keunguan. Bagian telapak kakinya sedikit warna putih. Kemudian kakinya panjang dan kuat mencengkeram. Di samping itu, rata-rata kaki Perkutut Bangkok mengenakan ring penangkaran.

10. Ekor

Ukuran tubuh Perkutut Bangkok besar dan atletis, tapi bagian ekornya pendek. Ciri khas burung yang bagus bagian ujung ekor tumpul atau dalam istilah Jawa, papak.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian tips memilih burung Perkutut Bangkok yang bagus dari sisi suara dan fisik. Anda harus fokus ke suara dulu, baru bagian fisik. Sebab, Perkutut Bangkok yang menjadi nilai jual adalah suaranya.

Bentuk fisik Perkutut ini bisa dinomorduakan. Namun, yang utama tetap kualitas suara. Mulai dari suara depan yang panjang, bagian tengah ketukan jelas, dan suara ujung yang mengalun merdu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • memilih perkutut bangkok bagus
  • perkutut kuk yang baik
  • Suara perkutut Bangkok Panjang

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!