5 Tips Memilih Murai Batu Fighter di Latberan

Burungnya.com – Bagaimana dasar Anda memilih Murai Batu fighter? Kira-kira apa yang Anda lihat terlebih dulu sebelum membeli Murai Batu fighter? Anda yang masih awam, mungkin bingung menjawabnya. Namun, bagi kicau mania yang sudah berpengalaman, cukup lihat burung saja, dia sudah tahu bahwa itu Murai Batu fighter.

Kalau mau mendapatkan Murai Batu mental petarung, ternyata gampang-gampang susah. Jika Anda tidak mau ribet, coba cari Murai Batu tersebut di tempat-tempat lomba atau latberan. Alasannya, di sana sudah kelihatan jelas Murai Batu tipe fighter atau tidak.

Beli burung Murai Batu di rumah pemiliknya juga bisa tapi tidak kelihatan performanya. Apalagi bila burung kelihatan juara di lapangan, sudah pasti dia prestasi dan mempunyai kemampuan di atas rata-rata.

Cara Dasar Memilih Murai Batu Fighter (amiexs.blogspot.com)
Cara Dasar Memilih Murai Batu Fighter (amiexs.blogspot.com)

Lantas, apa yang harus diperhatikan sebelum memilih Murai Batu fighter?

1. Mental Tarung di Lapangan

Lihat mental burung Murai Batu saat berhadapan dengan lawan-lawannya. Apakah burung diam saja atau langsung merespon lawan. Terkadang, cuma mendengar suara lawan saja, burung sudah agresif dan fighter.

Kemudian muncul pertanyaan, mental tarung Murai Batu yang bagus seperti apa? Burung berani dihadapkan pada burung-burung fighter dan suara keras. Murai Batu terlihat memberikan perlawanan dengan ikut berkicau keras. Bahkan, burung menunjukkan gaya bertarung sesuai jenisnya.

2. Irama Lagu

Yang dimaksud irama lagu Murai Batu adalah variasi suara isiannya. Semakin banyak variasi irama lagu, maka burung tersebut semakin bagus.

Namun, untuk masalah irama lagu biasanya bisa dibentuk sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memaster burung dengan suara burung lain. Jadi, misal irama lagu burung tersebut kurang bagus, maka hal tersebut tidak menjadi masalah karena masih bisa diperbaiki.

3. Volume Suara

Beli Murai Batu fighter dengarkan volume suaranya. Usahakan volume burung keras sampai terdengar ke tepi tempat pengunjung. Burung seperti ini akan mudah mendapatkan perhatian dari para juri.

Loading...

Selain itu, Murai Batu suara keras bisa mempengaruhi burung lain supaya jadi takut. Terkadang bila burung Anda berkicau sangat keras, maka burung di sampingnya akan diam seribu bahasa karena minder dan kalah mental.

4. Performa atau Kinerja Burung di Lapangan

Nah, performa atau kinerja burung berkaitan dengan gaya tarung serta burung kerja atau tidak selama penilaian. Burung Murai Batu memiliki gaya tarung yang berbeda-beda. Anda Murai ngeplay, nggembung, mbalon, nagen, teler, dan lain-lain.

Namun, yang bagus gaya Murai nagen ditambah ngeplay atau menggerakkan ekor panjangnya ke atas dan ke bawah. Soalnya, tarian burung Murai Batu seperti ini membuat juri terpikat.

5. Fisik Bagus

Murai Batu dengan fisik yang bagus merupakan pelengkap. Sebenarnya dinilai dari suara, mental, dan performa sudah cukup. Tapi rasanya burung juga harus terlihat sempurna baik dari postur tubuh hingga panjang ekor.

Apalagi jika stamina burung bagus, sehingga walau ekornya panjang tapi burung masih bisa ngeplay dengan kuat. Gaya burung Murai seperti ini sangat indah dan sulit untuk berpaling darinya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian tips dasar memilih Murai Batu fighter di latberan. Ingat, beli burung Murai Batu fighter lebih bagus di latberan atau lapangan lomba karena mudah dipantau dan kelihatan performa aslinya.

Kalau Anda beli Murai Batu di rumah pemiliknya, belum tentu di latberan akan memiliki performa yang sama. Soalnya, banyak juga burung fighter di rumah tapi mlempem di lapangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • 4 dasar memilih Murai Batu fighter

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!