Tips Menemukan Merpati Hilang (danstrefour.blogspot.com)

10 Tips Menemukan Burung Merpati Hilang dengan Cepat

Burungnya.com – Masih ingat dengan Merpati Kolong yang hilang milik rendy warga Dieng Banjarnegara Jawa Tengah? Saat itu, burung tersebut dicari menggunakan metode media sosial dan viral karena dimuat oleh sejumlah media berita lokal Tanah Air. Bagaimana tidak viral karena sayembara Merpati hilang ini memberikan imbalan hadiah senilai Rp 30 juta bagi yang menemukannya.

Tak heran, dalam beberapa hari kemudian burung Merpati Kolong yang hilang tadi langsung ditemukan. Sekarang bagi pemilik burung Merpati yang tidak memiliki dana besar bagaimana? Apakah mereka harus mengikhlaskan burung tersebut hilang begitu saja?

Tentu tidak bukan, tapi ada sejumlah cara untuk menemukan burung Merpati hilang walau tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Cara-cara ini akan kami bahas sesuai logika dan bisa dipraktekkan langsung. Semoga nantinya saat burung Anda hilang, maka cara ini dapat diterapkan.

1. Bagikan Info Merpati Hilang ke Media Sosial

Banyak media sosial yang bisa digunakan untuk berbagi tips seputar burung Merpati dan share burung hilang. Manfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mencari atau menemukan burung Merpati yang hilang.

Kalau di Facebook, Anda tinggal membagikan info Merpati hilang melalui grup-grup Merpati atau tag salah seorang tokoh ternama pecinta burung Merpati. Sementara, Instagram juga sama, yakni tag akun Instagram dengan follower yang besar, seperti @kicaumania_omkicau atau @burungnyadotcom serta tambahkan hashtag tentang burung Merpati.

Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu. Bahkan semua orang di Indonesia akan mengetahui bahwa burung Anda hilang. Kekuatan media sosial sekarang sangat kuat. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk kejahatan maupun kebaikan. Kalau kebaikan, salah satunya membantu mencarikan burung hilang.

2. Jangan Bilang Merpati Juara atau Berprestasi

Mengapa dilarang mengatakan burung Merpati yang hilang merupakan burung yang juara dan berprestasi? Alasannya karena burung juara akan sulit ketemu. Sebab, orang yang menemukan kemungkinan besar akan merawatnya sendiri. Dia mungkin akan menjadikan burung tersebut sebagai indukan ternak agar melahirkan anakan yang berkualitas.

Selain itu, ada kemungkinan lagi burung Merpati akan dijual lagi dengan harga mahal. Berbeda jika Anda menginfokan bahwa burung yang hilang merupakan burung biasa, pasti akan lebih cepat ketemu karena semua orang tidak tahu prestasinya.

3. Mengandalkan Buser

Setiap lapak Merpati biasanya memiliki seseorang yang bertugas mencari tahu keberadaan Merpati yang hilang. Orang ini sering disebut sebagai buser. Nah, manfaatkan kemampuan atau jasanya untuk mencarikan burung Merpati Anda yang hilang. Berikan juga imbalan yang setimpal agar kinerjanya maksimal.

4. Kenali Karakter Pemain Merpati

Pehobi Merpati mempunyai karakter yang baik dan kurang baik. Anda dapat berteman dengan keduanya agar jangkuan Anda lebih luas dan bisa menemukan informasi burung hilang dari orang-orang baik atau orang-orang yang bermasalah.

5. Banyak Main ke Berbagai Lokasi

Tempat lomba Merpati tentunya tidak hanya satu, Anda harus sering-sering bermain di berbagai tempat. Tujuannya agar Anda bisa menemukan burung Merpati yang hilang dari info yang didapat di setiap tempat lomba. Tanyakan burung hilang di semua tempat yang Anda kunjungi.

6. Foto Burung Merpati

Anda harus mengabadikan foto Merpati yang baru dibeli ataupun yang lama dipelihara. Pastikan Anda memotret ciri khusus di tubuh Merpati tersebut. Hal ini untuk berjaga-jaga saat burung tersebut hilang, maka Anda sudah mempunyai foto khusus untuk mencarinya. Ini juga akan mempermudah burung Anda ditemukan.

7. Hadiah atau Sayembara

Seperti sayembara yang diselenggarakan oleh orang dari Banjarnegara, Anda juga bisa membuat sayembara sendiri agar burung Merpati Anda cepat ketemu. Dia menjanjikan akan memberikan hadiah senilai Rp 30 juta bagi yang menemukan burung Merpati miliknya.

Anda juga bisa menyiapkan hadiah yang besar apabila burung tersebut memang istimewa. Sertakan ciri-ciri di tubuh burung Merpati yang hilang, kalau bisa info cincin atau ring di kakinya. Walau ring bisa dilepas atau dipotong, biasanya dari info di ring tersebut akan lebih mudah mengetahui siapa pemiliknya.

Orang baik pasti akan mengembalikan burung tersebut setelah mengetahui info pada ring Merpati. Namun, bagi orang yang berniat buruk, ring tersebut akan dipotong untuk menghilangkan jejak.

8. Selalu Menonton Lomba Merpati

Biasanya Merpati yang bagus akan disembunyikan dulu. Namun, suatu saat Merpati tersebut pasti akan diikutkan lomba. Nah, tugas Anda adalah senantiasa melihat lomba di manapun atau di tempat sekitar Anda kehilangan Merpati. Dengan begitu, akan ketahuan burung Anda selama ini disembunyikan oleh siapa.

9. Grup Facebook Khusus Merpati Hilang

Selama ini diketahui ada dua grup Facebook khusus untuk mencari dan menemukan burung Merpati hilang. Nama grup tersebut adalah IMHK (Info Merpati Hilang Kebumen) dan Info Merpati Hilang Jogja. Di sana banyak sekali orang yang sedang menyebar info Merpati hilang dan orang yang menemukan Merpati.

Loading...

10. Info Burung Hilang di Media Cetak

Masyarakat zaman sekarang mungkin sudah banyak yang mempunyai media sosial. Namun, sebagian masyarakat masih setia dengan media cetak. Jadi, Anda harus membuat iklan info Merpati hilang di media cetak lokal agar semua orang di kawasan tersebut mengetahuinya. Selain itu, jangan sungkan untuk menempel foto Merpati hilang di dinding-dinding bangunan yang ramai dilewati warga.

Alat GPS Berbentuk Ring Burung Merpati (youtube.com)
Alat GPS Berbentuk Ring Burung Merpati (youtube.com)

Agar Burung Merpati Tidak Hilang

1. Berikan Alat GPS

Alat pelacak GPS sekarang sudah ada yang berbentuk ring atau cincin. Sehingga alat tersebut dapat dipasangkan di kaki Merpati. Burung Merpati mahal atau berprestasi harus mengenakan alat canggih seperti ini agar saat hilang dapat ditemukan dengan mudah.

2. Hindari Melepas Merpati di Cuaca Buruk

Saat cuaca mendung atau mau turun hujan, pasti langit menjadi gelap gulita. Pandangan burung Merpati akan sangat terbatas. Apalagi suara gelegar petir bisa membuat burung stres dan ketakutan. Akhirnya burung hilang karena lupa jalan pulang.

3. Merpati Jangan Dilepas Terlalu Jauh

Latihan Merpati harus bertahap dan bertambah setiap sesinya. Namun, jangan menambah jarak terbang Merpati begitu cepat. Pastikan dulu Merpati benar-benar menghafal jalan pulang, sebelum dilepas pada jarak yang lebih jauh.

4. Burung Harus Sehat saat Terbang

Anda harus memastikan burung Merpati sehat saat terbang. Pasalnya, burung yang sakit akan mudah kelelahan, bahkan menabrak benda-benda yang tinggi. Terkadang burung akan istirahat di suatu tempat sampai lupa arah pulang.

5. Terlalu Lama Dikurung di Kandang

Burung Merpati harus senantiasa dilatih terbang. Jangan mengurung burung terus menerus di kandang. Nanti tenaganya justru akan drop karena kurang olahraga. Walau asupan pakan bagus, tanpa olahraga terbang maka hasilnya kurang memuaskan.

6. Tumbuhnya Bulu

Merpati yang sedang tumbuh bulu, terutama di bagian bulu primer, sekunder, dan bulu halus di ketiak pasti akan membuat burung tidak nyaman atau kesakitan. Anda harus memperhatikan hal tersebut sebelum melepas burung terbang. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan burung hilang.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips menemukan burung Merpati hilang dengan cepat. Cara-cara tersebut bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya, tapi ada juga yang menggunakan biaya. Cobalah satu-persatu sampai burung Anda ditemukan.

Bagi pemilik burung yang sudah sangat sayang dengan Merpati, tentunya mengeluarkan biaya untuk hadiah sayembara atau biaya untuk sang penemu tidak masalah. Terlebih uang tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan seekor burung Merpati yang hilang.

Baca juga:

Kalau perlu buat gebrakan dengan sayembara Rp 30 juta seperti yang dilakukan orang Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan begitu, pasti info tersebut akan viral dan cepat ketemu. Namun, pastikan sayembara untuk Merpati hilang harus bisa menarik perhatian masyarakat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung merpati hilang dan kembali

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!