Skip to content

7 Tips Menitipkan Kucing Saat Mudik Lebaran

Tips Penitipan Kucing

Burungnya.com – Pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat mudik. Oleh sebab itu, mari mempelajari tips menitipkan kucing ketika mudik lebaran.

Jangan sampai kita salah menitipkan hewan peliharaan kita. Sebagai pecinta kucing kita selalu merawat kucing dengan baik.

Namun, kalau di tempat penitipan, kucing mendapatkan perlakuan tidak baik, tentu sebagai pemiliknya akan sangat marah sekali dan menyesal.

Sebelum hal tersebut terjadi, lebih baik perhatikan beberapa hal tentang penitipan kucing atau anjing. Tujuannya agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Tempat Penitipan Kucing

Tempat Penitipan Kucing

Tips Menitipkan Kucing Saat Mudik Lebaran

1. Lokasi Penitipan

Pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi penitipan kucing. Kalau bisa, kucing dititipkan ke sebuah penitipan yang letaknya berdekatan dengan rumah Anda.

Alasannya, biar nanti terjadi apa-apa, saudara atau teman bisa membantu mengecek kondisi kucing Anda.

2. Tempat Penitipan Kucing Terpercaya

Pilih tempat penitipan kucing yang sudah terpercaya. Lihat di Google Maps, biasanya ada review tentang tempat penitipan tersebut.

Dari situ Anda bisa mengetahui apakah tempat penitipan kucing ini benar-benar amanah dan profesional atau tidak.

Pantau juga seluruh media sosial, website, dan nomor telepon.

3. Kucing dan Anjing Pisah

Tips menitipkan kucing selanjutnya harus memastikan bahwa tempat tersebut memisah antara kucing dan anjing. Anda tahu sendiri bahwa anjing dan kucing sejak dulu sulit akur.

Sehingga bila kucing dan anjing dijadikan satu tempat yang sama, tentu bisa berkelahi mereka. Untuk mengantisipasinya, Anda boleh menanyakan apakah tempat kucing dan anjing dipisah atau tidak.

Terlebih suara anjing bisa membuat kucing stres dan gelisah. Kasihan bila selama di penitipan kucing justru merasa tertekan.

Tips Menitipkan Kucing Saat Mudik Lebaran

Tips Menitipkan Kucing Saat Mudik Lebaran

4. Kandang Kucing yang Nyaman

Biasanya selama di penitipan, kucing lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kandang. Jadi, alangkah baiknya Anda memastikan dulu tempat istirahat kucing atau kandangnya nyaman atau tidak.

Indikator nyaman di sini seperti kandang yang bersih, tidak berdesak-desakan, dan cukup besar untuk menampung kucing.

Tanyakan pula apakah ada waktu bermain kucing di luar kandang. Sebab, main itu bagi kucing sangat penting karena bisa menghilangkan stres.

Baca juga: Cara Ganti Makanan Kucing Agar Tidak Diare

5. Makanan Kucing

Bila kucing Anda suka pilih-pilih makanan, lebih baik tanyakan dulu di sana kucing diberi makan apa. Bila merek makanan kucing berbeda, Anda bisa membawa makanan kucing sendiri.

Sebab penggantian makanan kucing secara mendadak juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan kucing.

Baca juga: 15 Makanan Kucing Terbaik Sehat Bergizi Dilengkapi Merek

6. Vaksin Kucing

Selanjutnya pastikan kucing sudah divaksin. Mengapa kucing harus sudah vaksin? Alasannya karena kucing yang dicampur dengan kucing lain bukan tidak mungkin akan terkena penyakit.

Sehingga tujuan dari vaksin untuk menghindari adanya penularan penyakit di dalam suatu lokasi.

Pemberian vaksin jangan terlalu mendadak. Anda bisa memberikan vaksin kucing jauh-jauh hari, minimal tujuh hari sebelumnya.

Baca juga: 7 Harga Vaksin Kucing Sesuai Jenis dan Umur

7. Penitipan Kucing dengan Dokter Hewan

Sebisa mungkin pilih penitipan kucing yang ada dokter hewannya. Jika terjadi masalah atau kucing sakit, kucing bisa segera disembuhkan atau diselamatkan.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips menitipkan kucing saat mudik lebaran. Kita mudik lebaran bisa 3-7 hari. Sehingga butuh waktu lama saat meninggalkan kucing.

Oleh karena itu, tempat penitipan kucing yang sudah profesional dan terpercaya. Banyak kejadian kucing ditelantarkan dan tidak dirawat dengan baik. Jangan sampai kucing Anda merasakan hal serupa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.