Skip to content

5 Tips Pengembunan Burung yang Benar

Tips Pengembunan Burung

Burungnya.com – Apakah burung Anda kurang gacor? Coba sekarang ikuti tips pengembunan burung di pagi hari. Diharapkan nantinya burung yang kurang gacor akan semakin gacor.

Burung sejatinya butuh kesegaran di pagi hari. Salah satu cara untuk membuatnya kembali bugar adalah mandi.

Namun, karena pagi itu kadang banyak orang yang sibuk menyiapkan segala sesuatu sebelum kerja, akhirnya proses memandikan burung menjadi terlewatkan.

Oleh karena itu, kita harus bisa membuat tubuh burung segar dengan cara pengembunan.

Dalam tips pengembunan burung tidak boleh sembarangan. Apakah Anda masih asal mengeluarkan burung untuk diembunkan?

Untuk mengembunkan burung yang paling benar adalah setelah solat Subuh. Kalau Anda terlalu siang sekitar jam 06.00, itu namanya sudah bukan pengembunan, tapi penjemuran.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Tips Pengembunan Burung

Tips Pengembunan Burung Murai Batu

Tips Pengembunan Burung Murai Batu

Maka dari itu, kami bagikan tips pengembunan burung yang benar. Tujuannya biar Anda mengetahui bagaimana cara mengembunkan burung di pagi hari agar cepat gacor.

1. Burung Saat Malam

Perlu Anda ketahui, setiap malam burung harus dimasukkan ke dalam rumah. Nantinya, burung di dalam rumah mau dikerodong atau tidak, itu terserah ya.

Yang penting burung harus dimasukkan dalam rumah saat malam hari. Ini untuk menghindari burung kedinginan dan diserang predator di malam hari.

Selain itu, agar burung tidak makan serangga malam secara sembarangan.

2. Waktu Pengembunan

Nah, kapan waktu pengembunan burung yang benar? Dalam hal ini pengembunan dilakukan setelah Anda solat Subuh.

Biasanya solat Subuh dilakukan jam 04.00 kurang. Jadi, waktu pengembunan bisa dilakukan jam 04.15.

Ini penting karena di jam-jam tersebut udara masih bersih dan segar. Langit masih hitam gelap dan belum ada cahaya matahari sama sekali.

3. Lokasi Pengembunan

Di mana lokasi pengembunan yang benar? Anda bisa menggantung burung di teras rumah. Lokasinya terserah, mau di belakang rumah atau di samping rumah juga boleh.

Yang penting burung dikeluarkan dari rumah. Jangan meletakkan burung di bawah pohon, takutnya nanti dimakan hewan predator, seperti ular atau kucing.

4. Apakah Burung Dimandikan?

Saat pengembunan, apakah burung perlu dimandikan? Jawabannya tidak perlu, udara pagi sudah dingin. Nanti kalau burung dimandikan lagi, dia akan kedinginan.

Sebaiknya pemandian burung dilakukan setelah terbit matahari. Biasanya jam 05.30 matahari sudah kelihatan.

Nah, di situlah Anda bisa mulai memandikan burung dengan cara semprot sprayer atau mandi sendiri di keramba.

Baca juga: 12 Manfaat Mandi Rutin pada Burung dan Frekuensi Mandi yang Benar

5. Penjemuran Burung

Apakah burung perlu dijemur? Sudah pasti penjemuran itu wajib bagi burung kicau. Burung akan bahagia bila tubuhnya terkena matahari pagi.

Tak heran, kebanyakan burung akan langsung gacor begitu selesai pengembunan dan penjemuran.

Lakukan secara rutin proses pengembunan dan penjemuran burung. Nanti burung dalam waktu 1 bulan akan kelihatan perubahannya.

Usia Burung Agar Cepat Gacor

Cara Mengembunkan Burung Murai Batu

Cara Mengembunkan Burung Murai Batu

Burung yang mudah gacor setelah menjalani tips pengembunan burung yaitu setelah mabung kedua. Usianya tidak terlalu bermasalah ya.

Rata-rata usia burung 1-2 tahun sudah mulai gacor. Jadi, waktu-waktu emas seperti ini manfaatkan untuk melatih burung agar cepat gacor.

Ya, mabung pertama burung biasanya pergantian bulu muda ke bulu dewasa. Selanjutnya mabung kedua, membuat burung seluruhnya berganti ke bulu dewasa.

Dengan begitu, tingkat kepercayaan burung meningkat. Mental burung bertambah bagus dan tubuhnya menjadi lebih nyaman.

Nanti setelah mabung ketiga dan empat, performa burung menjadi lebih matang lagi. Tentunya ini diimbangi dengan perawatan yang baik ya.

Rutin Ganti Bersihkan Kandang

Oh iya, walau terkesan sepele, tapi membersihkan kandang setiap hari adalah hal penting.

Soalnya, burung performanya menjadi bagus bila kondisi kandang bersih. Suasana kandang yang bersih akan menjadikan mood burung bagus.

Selain itu, saat membersihkan kandang, ganti minuman burung sekalian. Ini penting, karena kotoran burung bisa saja masuk ke dalam wadah minum.

Baca juga: 3 Cara Merawat Sangkar Burung dari Kayu, Bambu, dan Besi

Minuman yang bersih membuat burung sehat. Bayangkan bila burung meminum kotorannya sendiri, tentu tidak enak sekali dan menjadi bibit penyakit.

Untuk makanan bisa diisi kembali kalau sudah mulai habis. Namun, porsi makanan yang baik adalah sepertiga dari wadah makanan. Artinya sedikit saja porsinya biar tidak tumpah dan burung tidak kegemukan.

Kesimpulan

Demikian tips pengembunan burung yang benar. Itu yang kami jalani saat mengembunkan burung dan terbukti burung rajin bunyi serta gacor.

Pengembunan yang baik memang saat matahari belum kelihatan sama sekali. Proses sejuknya embun yang berganti kehangatan saat matahari terbit sangat disukai burung.

Ini menjadikan burung lebih sehat dan tidak stres. Otomatis burung akan rajin bunyi dan gacor. Silakan dicoba sendiri di rumah biar tahu khasiatnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.