Tips Supaya Telur Lovebird Menetas Semua (pets4homes.co.uk)

5 Tips Supaya Telur Lovebird Menetas Semua

Burungnya.com – Kicau mania akan hancur hatinya saat melihat telur-telur Lovebird tidak menetas semua. Apalagi jumlah telur Lovebird banyak tapi tidak ada yang menetas. Lantas, bagaimana cara agar telur burung Lovebird bisa menetas semua?

Sebelumnya, banyak peternak Lovebird yang kebingungan membuat Lovebird cepat bertelur. Setelah Lovebird bertelur, permasalahan lain muncul terkait telur yang tidak menetas.

Anda tidak perlu khawatir, penangkar Lovebird pemula memang sering kali mendapati telur Lovebird tidak menetas semua. Hal tersebut wajar dan bisa dijadikan pengalaman.

Faktor yang menunjang telur bisa menetas semua juga bervariasi. Tidak hanya dari kualitas telur saja, tapi juga kondisi indukan, gizi, makanan, lingkungan, tingkat kebersihan, dan lain-lain.

Waktu Lovebird Bertelur

Biasanya burung Lovebird bertelur tidak sekaligus langsung banyak. Telur pertama dengan telur kedua berjarak 2-3 hari. Proses burung Lovebird bertelur cukup menyakitkan seperti seorang ibu yang sedang melahirkan bayi.

Rata-rata telur Lovebird berjumlah 3-4 butir. Namun, ada juga Lovebird yang bisa bertelur lebih dari itu, yakni 6-7 butir. Banyaknya jumlah telur tidak bisa dipastikan, kemungkinan karena faktor perawatan dan keberuntungan.

Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua (youtube.com)
Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua (youtube.com)

Tips Supaya Telur Lovebird Menetas Semua

Nah, sekarang kami akan membagikan beberapa tips agar telur Lovebird bisa menetas semua. Paling tidak, dari empat telur, ada tiga telur yang menetas. Jadi, harus diusahakan minimal telur menetas 75 persen.

1. Kandang dan Lingkungan Nyaman

Pada saat proses pengeraman, ciptakan suasana kandang dan lingkungan yang nyaman untuk indukan Lovebird. Sebisa mungkin jangan terlalu ramai atau berisik di dekat kandang. Kalau kandang sudah nyaman, Lovebird betina tidak akan keluar masuk glodok.

Dia akan terus mengerami telur-telurnya. Mungkin indukan Lovebird cuma keluar glodok untuk makan dan minum saja, kemudian masuk lagi untuk mengerami telur.

2. Pakan Indukan Lovebird yang Bergizi dan Berkualitas

Indukan burung Lovebird membutuhkan pakan yang bergizi dan berkualitas. Berikan pakan-pakan bergizi sebelum kawin, seperti milet, canary seed, kwaci, jagung, kangkung, bayam, dan toge.

Selain itu, berikan pecahan bata merah dan tulang sotong. Ada lagi yang tak kalah penting yaitu minuman penyubur telur agar tidak invertil. Nama minuman ini egg stimulant yang bisa diberikan 3 hari sekali. Kalau burung sudah bertelur, tidak perlu diberi minuman tersebut.

Loading...

3. Pisahkan Lovebird Jantan dari Betina

Kalau indukan Lovebird betina sedang mengerami telur, sebaiknya Lovebird jantan dipisah dulu ke sangkar lain. Mengapa harus demikian? Alasannya simpel karena Lovebird jantan ingin menyalurkan birahi ke Lovebird betina.

Namun, perlu Anda perhatikan, Lovebird betina jangan sampai terganggu. Lovebird jantan yang birahi tinggi tidak peduli dengan kondisi Lovebird betina yang sedang mengerami telur. Dia bisa langsung menyergap Lovebird betina sehingga mengganggu proses mengerami telur.

4. Makanan Lovebird saat Mengerami Telur

Pakan khusus saat Lovebird mengerami telur justru yang standar saja, yaitu milet putih. Mengapa milet putih? Alasannya milet putih tidak membuat burung birahi. Kalau gizinya dirasa kurang, Anda bisa menambahkan canary seed serta sedikit sayuran.

5. Jaga Kebersihan Kandang

Saat indukan burung sedang mengerami telur, kandangnya harus tetap dibersihkan. Paling tidak bersihkan kotoran di dasar sangkar, ganti pakan minum, dan bersihkan sisa makanan yang jatuh di sekitar area kandang.

Sangkar yang kotor bisa berpotensi menjadi bibit penyakit. Selain itu, burung menjadi tidak nyaman dan sering keluar masuk glodok. Hal tersebut menjadikan proses mengerami telur tidak sempurna.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa tips supaya telur Lovebird menetas semua. Apa yang bisa kita pelajari dari uraian di atas? Tentu saja, perawatan, pakan, jaga lingkungan tetap nyaman, serta jaga kebersihan.

Burung Lovebird membutuhkan tempat yang sunyi, nyaman, dan bersih. Setelah itu, berikan makanan dan minuman yang bergizi agar telur Lovebird menetas semua dan tidak kosong.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara agar telur lovebird bisa menetas
  • telur lovebird menetas
  • telur love bird
  • berapa lama telur lovbird menetas
  • telur lovebird tidak menetas
  • lovebird menetas
  • cara cpat trlor lb netes smua
  • cara agar telur lovebird menetas
  • Cara sukses laber menetas
  • cara merawat love bird supaya telur nya mudah menetas

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!