Cara Ternak Burung Murai Batu di Sangkar Gantung (youtube.com)

Tips Ternak Burung Murai di Sangkar Gantung agar Berhasil

Burungnya.com – Salah satu alasan kicau mania tidak beternak Murai Batu karena kekurangan lahan. Sebab, ternak burung Murai membutuhkan tempat yang luas dan besar. Namun, jangan berkecil hati karena Anda dapat menangkar burung tersebut di sangkar gantung.

Ya, hal ini sudah dibuktikan oleh Altri dari Punokawan BF Kalisari Jakarta Timur. Dia awalnya ingin mendapat trah burung Murai Batu, tetapi tidak ada lahan. Akhirnya dia mencoba ternak burung di kandang gantung dan diletakkan di kamar mandi.

Masalah Ternak Murai di Sangkar Gantung

Sebelum menunjukkan bukti keberhasilan, mari membahas dulu tentang masalah-masalah yang dialami selama beternak Murai di kandang gantung.

  • Telur pertama dibuang indukan.
  • Selanjutnya telur kedua juga dibuang.
  • Nutrisi cangkang telur kurang.
  • Ruangan kamar mandi kurang cahaya panas.
Ternak Murai Batu di Sangkar Kotak Kecil (youtube.com)
Ternak Murai Batu di Sangkar Kotak Kecil (youtube.com)

Proses Penjodohan Murai Batu Jantan dan Betina

Ternyata proses menjodohkan burung Murai Batu jantan dan betina terbilang mudah. Altri hanya melihat burung pejantan begitu gacor dan birahi saat melihat betina. Kemudian burung dimandikan dan akhirnya jodoh.

Tahap-tahap penjodohan burung Murai Batu

  • Burung Murai jantan terlihat gacor.
  • Kalau bisa Murai Batu jantan merupakan burung lomba juara di lapangan.
  • Sedangkan Murai betina merupakan burung dari tangkapan alam atau burung penangkaran.
  • Murai Batu betina tampak siap kawin.
  • Saat disatukan, keduanya saling mengejar.
  • Kedua burung tidak saling bertarung.
  • Burung Murai jantan dan betina disemprot halus.
  • Murai diberi bak mandi di dalam kandang dan dibiarkan mandi sendiri.
  • Setelah mandi bersama, kedua burung akan berjodoh.

Jenis Makanan yang Bagus untuk Ternak Murai Batu

Makanan yang bagus untuk ternak yaitu tulang sotong dihancurkan dan dicampur dengan kroto. Pemberian kroto dan air minum jangan sampai telat. Burung harus diberi makanan yang bergizi agar indukan sehat dan telur kuat.

Untuk jenis makanan yang harus tersedia di kandang bulat biasanya voer. Kalau bisa voer jangan sampai kehabisan dan harus diganti setiap hari, termasuk minumnya.

Sangkar Gantung untuk Ternak Murai

Om Altri menggunakan sangkar gantung yang bulat dan sangkar kotak dari aluminium berukuran 1,5 meter. Lokasi sangkar bulat diletakkan di kamar mandi dan berhasil. Kemudian, Altri mencoba lagi di kandang kotak yang menempel di dinding.

Alhamdulillah ternak Murai di sangkar bulat sukses dan menghasilkan satu telur berkelamin betina. Agar burung lain tidak terganggu, sebaiknya Murai Batu yang lain dikerodong full. Jadi, begitu ada burung yang bunyi, maka burung lomba yang lain tidak akan ikut bunyi karena dikerodong.

Baca juga:

Loading...

Anakan Burung Murai Batu Hasil Ternak Sangkar Gantung

Altri dan Anakan Murai Batu Betina Hasil Ternak Sangkar Gantung (youtube.com)
Altri dan Anakan Murai Batu Betina Hasil Ternak Sangkar Gantung (youtube.com)

Dari hasil ternak di kandang gantung, om Altri berhasil menetaskan Murai Batu betina yang sekarang sudah berusia 4 bulan. Pertama menetas, telur gagal dan dibuang. Kedua netas telurnya juga dibuang. Namun, yang ketiga telurnya berhasil ditetaskan dan mengeluarkan Murai batu betina.

Walau masih burung betina, yang penting Altri bisa membuktikan bahwa ternak burung Murai di sangkar gantung bisa sukses. Anda jangan pesimis dulu dan mulailah mencobanya.

Kesimpulan

Demikian tips ternak burung Murai Batu di sangkar gantung agar berhasil. Kuncinya cukup di indukan Murai, lokasi, dan sinar cahaya. Apabila ketiganya sudah pas, maka ternak Murai akan berhasil.

Om Altri sudah membuktikan dan berhasil. Jadi tunggu apalagi, jika Om Altri bisa tentu Anda juga bisa menangkar burung Murai di kandang gantung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Murai batu burungnya com
  • penangkar juara menjodohkan murai batu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!