Undur-undur Makanan Burung Perkutut agar Rajin Bunyi

Burungnya.com – Bagi sebagian masyarakat tentu hewan kecil bernama Undur-undur sudah tak asing di telinga. Hewan ini dulu bersembunyi di tanah atau pasir yang cekung. Sekarang, cukup sulit mendapatkan Undur-undur karena banyak lahan yang ditutup semen atau paving.

Meski begitu, tahukah Anda hewan ini ternyata bisa dijadikan makanan burung Perkutut agar rajin bunyi. Burung Perkutut diketahui menyukai hewan dengan nama lain antlion atau singa semut. Hewan ini masuk anggota family Myrmeleontidae.

Tempat Beli Undur-undur

Sayangnya, saat ini Undur-undur cukup sulit didapat karena habitatnya sudah tidak tersedia. Walau begitu, Anda tak perlu khawatir karena di kawasan Jakarta ada yang menjual Undur-undur, tepatnya di Jalan Yos Sudarso (dekat perempatan lampur merah Polres Jakarta Utara), seperti yang disadur dari Omkicau.com (23/11/2012).

Di kawasan tersebut banyak penjual Undur-undur yang dimasukkan ke dalam nampan berisi gundukan debu atau batu. Pembeli disediakan sendok plastik untuk mengais sendiri Undur-undur, Harga Undur-undur sekitar Rp 1.000 – Rp 1.500 per ekor (tahun 2012).

Kalau sekarang, kami sempat memantau harga Undur-undur di Tokopedia sekitar Rp 600. Minimal pembelian 30 ekor Undur-undur.

Rumah Undur undur di dalam tanah atau pasir yang cekung (biodiversitywarriors.org)
Rumah Undur undur di dalam tanah atau pasir yang cekung (biodiversitywarriors.org)

Manfaat Undur-undur untuk Perkutut

Banyak yang belum tahu, bahwa Undur-undur dapat mengatasi Perkutut yang macet bunyi, membuat suara manggung lebih merdu, dan bisa dijadikan obat-obatan. Di samping itu, ada beberapa khasiat lain Undur-undur untuk burung Perkutut.

1. Mengobati Burung Stres

Undur-undur berkhasiat untuk mengobati stres pada burung Perkutut dan Branjangan. Apabila burung sedang stres, biasanya akan macet bunyi. Kejadian ini bisa berlangsung cepat atau lama sekali. Anda harus segera mengatasinya dengan memberikan Undur-undur.

Cara memberikan Undur-undur pada Perkutut, tumbuk batu bata sampai halus. Campur serbuk batu bata dengan suplemen burung. Kemudian masukkan semuanya pada sangkar burung.

Setelah itu, masukkan 10-15 ekor Undur-undur hidup ke dalam sangkar. Lama-kelamaan Undur-undur akan bersarang pada tumbukan batu bata. Burung Perkutut yang melihatnya akan mengejar dan memakan Undur-undur.

2. Membuat Perkutut Rajin Bunyi

Kung Mania di daerah Cirebon sering sekali memberikan Undur-undur pada burung Perkutut. Kata mereka, Undur-undur bisa menjadikan Perkutut rajin bunyi atau rajin manggung.

Cara pemberiannya, Undur-undur bisa langsung dilolohkan ke paruh burung Perkutut. Ini lebih mudah ketimbang harus menambahkan serbuk batu bata ke dalam sangkar.

Menurut penuturan Suganda, pria paruh baya asal Cirebon, Undur-undur dapat membuat suara Perkutut lebih merdu. Selain itu, stamina Perkutut lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Loading...

3. Kandungan Asam Lemak Omega-3

Tahukah Anda, Undur-undur dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Undur-undur darat dan Undur-undur laut. Kedua hewan ini mengandung asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) tinggi. Bahkan, Undur-undur juga mengandung lemak total 17,22 – 21,56 persen, menurut hasil penelitian mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kandungan EPA dan DHA sekitar 7,75 – 14,48 persen. Tentu kandungan tersebut lebih tinggi dari udang lobster, dan kepiting. Penelitian tentang Undur-undur ini sudah dipresentasikan di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Surakarta. Diketahui pula Undur-undur bisa dikonsumsi langsung dalam bentuk hidup.

Manfaat Undur-undur untuk Kesehatan Manusia

  • Obat stroke.
  • Menurunkan hipertensi.
  • Memperlancar sistem pernapasan atau asma.
  • Mengobati hepatitis.
  • Mengatasi asam urat.
  • Menurunkan kolesterol pada darah.
  • Mengatasi sakit kepala dan migrain.
  • Mencegah tumor atau sel kanker.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Obat herbal pegal linu dan rematik.
  • Mengobati malaria.
  • Mengatasi penyakit tipes.

Cara Mengonsumsi Undur-undur

Ada yang mengatakan, sebaiknya Undur-undur dikonsumsi dalam keadaan hidup dan tidak dicuci. Alasannya, Undur-undur bisa kehilangan khasiatnya apabila dicuci atau dibersihkan.

Untuk pengobatan, Anda dapat mengonsumsi Undur-undur sebanyak 5-7 ekor sebanyak 3 kali sehari. Kalau cuma untuk pencegahan penyakit, Anda bisa memakan 2 ekor Undur-undur sehari sekali.

Oh iya, Undur-undur bisa dimakan langsung atau dikonsumsi menggunakan media pisang dan dimasukkan dalam kapsul kosong.

Kesimpulan

Demikian makanan burung Perkutut agar rajin bunyi dari Undur-undur. Jika Anda masih mendapati Undur-undur di sekitar rumah, berarti Anda masih beruntung. Anda juga bisa memberikan info tentang penjual Undur-undur di daerah tempat tinggal Anda.

Baca juga:

Siapa tahu setelah baca artikel ini banyak sekali yang ingin memberikan Undur-undur pada Perkutut. Sehingga akan terjadi peningkatan pembelian hewan tersebut dan menguntungkan bisnis Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat undur undur untuk perkutut
  • Manfaat batu bata untuk perkutut
  • pakan perkutut agar gacor
  • manfaat undur undur untuk burung
  • kasiat undur 2 buat perkutut
  • undur undur buat perkutut
  • gunanya undur2 untuk burung perkutut
  • manfaat undur undur pada perkutut
  • batu bata untuk perkutut
  • kasiat undur undur buat perkutut lokal bahan dari omyokan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!